Persekusi Adalah? Berikut Arti Apa Itu Persekusi dan Contoh Kasusnya

  • 2 min read
  • Nov 09, 2021

Persekusi Adalah – Apakah Anda pernah mendengar istilah persekusi? Mungkin banyak yang masih belum tahu dan bertanya-tanya apa itu persekusi. Secara umum persekusi adalah tindakan tidak terpuji yang sering terjadi di sekitar kita. Perkelahian, perselisihan antar warga, pertikaian yang terjadi pada sebuah genk termasuk ke dalam tindakan ini. Lebih jelasnya berikut ini akan dibahas mengenai arti persekusi beserta dengan contoh kasusnya.

Pengertian Persekusi Menurut Para Ahli

Tindakan persekusi tidak hanya dilakukan oleh kelompok saja, tapi bisa juga dilakukan oleh perseorangan. Pengertian persekusi sebenarnya memiliki makna yang cukup luas. Arti persekusi adalah semua tindakan tidak terpuji yang dilakukan baik oleh individu maupun kelompok untuk balas dendam yang menimbulkan korban. Para ahli juga memiliki pendapat yang berbeda mengenai arti persekusi. Berikut ini adalah pengertian persekusi menurut beberapa ahli:

Persekusi menurut Damar Juniarto

Dammar Juniarto merupakan anggota dari Koalisi Anti Persekusi dari Safenet. Beliau menyebutkan bahwa arti persekusi adalah tindakan memburu suatu golongan tertentu atau individu.

Persekusi menurut Masyur Effendi dan Taufani Sukmana Evandri

Persekusi artinya adalah tindakan perampasan dengan paksa dan kejam terhadap hak-hak dengan merusak identitas kelompok. Tindakan tersebut melanggar hukum internasional yang ada.

Persekusi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia

Sedangkan menurut KBBI, persekusi adalah tindakan sewenang-wenang yang dilakukan terhadap suatu kelompok atau individu yang menyakiti dan merugikan korban.

Contoh Kasus Persekusi di Masyarakat

Contoh persekusi sebenarnya sangat dekat dengan kita, dan mudah ditemukan di lingkungan masyarakat. Berikut ini adalah beberapa contoh kasus persekusi yang pernah ada di Indonesia :

Persekusi PMA karena postingan di media sosial

Persekusi adalah tindakan yang bisa muncul darimana saja bahkan media sosial sekalipun. PMA merupakan inisial dari seorang pengguna akun medial sosial yang menjadi korban tindakan persekusi. Tindakan tersebut dipicu karena postingan PMA yang dinilai menghina salah satu ormas beserta pimpinannya. Beredar video yang memperlihatkan PMA yang dikerumuni oleh orang-orang yang mengaku simpatisan ormas terkait. PMA yang berumur 15 tahun tersebut diinterogasi mengenai maksud dari postingannya tersebut.

Persekusi yang terjadi kepada RN dan MA

RN dan MA adalah sepasang kekasih yang mengalami persekusi oleh warga Kelurahan Sukamulya, Cikupa Tangerang. Kedua anak tersebut ditelanjangi dan diarak oleh warga karena dituduh berbuat tindakan yang tidak bermoral di dalam kontrakan. Dari kasus ini persekusi adalah tindakan main hakim yang dilakukan oleh warga.

Mencuri uang 15.000 dipenjara selama 1,3 tahun

Contoh persekusi selanjutnya adalah kisah seorang anak yang mencuri uang sebesar Rp 15.000. S merupakan anak yang sudah 5 tahun tidak melanjutkan sekolah karena tidak mampu, S putus sekolah ketika berada di kelas 5.

Karena pengangguran dan tidak ada pemasukan, S kemudian berniat mencuri uang teman sekelasnya. S yang akan mencuri uang milik temannya ketahuan sebelum berhasil mencuri, karena takut S kemudian menghantam kaki korban sebanyak tiga kali dengan batu.

Korban menjerit kesakitan membuat mereka di datangi warga, dan kemudian melakukan pengeroyokan kepada S. S lalu dilaporkan ke pihak yang berwajib dan dijatuhi hukuman 1,3 tahun penjara. Persekusi artinya memang tidak adil pada salah satu pihak.

Itulah informasi mengenai arti persekusi dan beberapa contoh kasus persekusi yang pernah terjadi di Indonesia. Setelah membaca penjelasan di atas apakah Anda sudah paham apa itu persekusi?. Persekusi adalah tindakan yang jelas salah, Indonesia adalah negara hukum yang memiliki aturan hukum yang wajib dipatuhi oleh seluruh warganya.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *