Perbedaan Sistem Peredaran Darah Besar dan Kecil beserta Gambarnya

  • 2 min read
  • Nov 09, 2021

Peredaran Darah Besar dan Kecil – Manusia merupakan makhluk yang diciptakan dengan sempurna. Hal ini bisa dilihat dengan seluruh organ tubuh yang teratur dimana ini berbeda dengan yang dimiliki oleh hewan. Hal ini juga terjadi di sistem peredaran darah yang ada pada tubuh manusia dimana lebih rumit. Pada manusia ada peredaran darah besar dan kecil dimana dibagi oleh ahli biologi di bidang kesehatan modern.

Sebelum mengerti lebih lanjut tentang peredaran darah besar dan kecil yang ada pada manusia, Anda harus tahu lebih dulu tentang sistem peredaran darah. Jadi, sistem peredaran darah yang ada di manusia yakni suatu sistem kompleks yang ada di dalam organ tubuh manusia. Sifatnya adalah untuk menyebarkan nutrisi serta oksigen dan juga zat lain dari jantung menuju ke seluruh tubuh dan kemudian kembali lagi ke jantung.

Selain untuk penyaluran oksigen dan juga nutrisi, peredaran darah ini juga mengangkut hormon penting untuk tubuh. Distribusi panas pada tubuh dan sel kekebalan imunitas pun juga seluruhnya dialirkan oleh darah pada sistem yang kompleks seperti ini. Dalam hal peredaran darah besar dan kecil ini, ada beberapa organ yang juga turut andil diantaranya.

Sistem Peredaran Darah

  • Darah – Dalam hal peredaran darah besar dan kecil tentu darah memegang peranan yang utama. Fungsinya sangat vital di tubuh manusia yakni untuk gerakkan oksigen, nutrisi hingga zat lainnya. Pergerakan ini adalah dari jantung menuju ke seluruh tubuh manusia. Darah terdiri dari beberapa sel darah dimana satu sama lainnya sangat berguna. Ada 3 jenis sel darah pada manusia yakni sel darah merah, sel darah putih dan juga keping darah.
  • Pembuluh darah – organ yang satu ini merupakan bagian tubuh dimana berfungsi untuk alirkan darah masuk ke jantung dan kemudian mengalirkan darah untuk keluar dari jantung. Dalam sistem peredaran darah kecil dan besar, cara kerja keduanya pun berbeda karena masing-masingnya memiliki bagian pembuluh darahnya sendiri.
  • Jantung – organ yang satu ini adalah yang paling krusial untuk metabolisme tubuh dan juga peredaran darah kecil dan besar. Tugasnya adalah untuk memompa darah menuju seluruh tubuh. Untuk awal pada sistem sirkulasi darah sendiri mulai dari organ yang satu ini.

Setelah mengetahui berbagai macam organ yang berperan pada peredaran darah kecil dan besar, maka kini dilanjutkan dengan mengetahui perbedaan peredaran darah besar dan kecil berikut ini.

Perbedaan Peredaran Darah Besar dan Kecil

  • Sistem peredaran darah besar yaitu bagian peredaran darah pada manusia yang juga biasa disebut dengan peredaran darah rangkap. Lantaran ada kecil dan juga besar, maka biasa dikenal dengan ganda dimana hanya ada pada manusia. Berbeda dengan yang ada pada hewan dimana hanya ada peredaran darah tunggal saja. Peredaran darah besar yakni mengalirnya darah yang angkut oksigen dan juga sari makanan dari jantung menuju ke seluruh tubuh dan kemudian kembali lagi ke jantung.
  • Sistem peredaran darah kecil yaitu sistem peredaran darah yang alirannya tidak ke seluruh tubuh, melainkan hanya sampai pada paru-paru saja.

Meski pada manusia memang ada dua sistem peredaran darah yakni sistem peredaran darah besar dan kecil, tapi keduanya terjadi bersamaan. Jadi peredaran darah kecil dan besar ini bukan terjadi secara bergantian, tapi simultan. Dengan penjelasan tersebut, maka kini Anda kian bisa memahami seperti apa organ dalam tubuh bekerja secara menakjubkan.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *