3 Format Penulisan Tanggal dalam Bahasa Inggris yang Benar

  • 2 min read
  • Okt 05, 2021
Penulisan Tanggal dalam Bahasa Inggris

Penulisan tanggal dalam bahasa Inggris pada dasarnya berbeda dengan penulisan tanggal dalam bahasa Indonesia. Dalam bahasa Inggris terdapat beberapa versi yang berbeda untuk menulis tanggal, baik tanggal lahir ataupun tanggal kalender biasa. Terdapat aturan khusus dalam cara menulis tanggal dalam bahasa Inggris yang benar.

Aturan penulisan tanggal yang benar di dalam bahasa Inggris dibedakan berdasarkan kesopanan, formalitas, dan pilihan masing-masing. Namun untuk pengetahuan, tentunya Anda perlu mengetahui jenis-jenis dan variasi dalam penulisan tanggal di dalam bahasa Inggris.

Format Penulisan Tanggal Dalam Bahasa Inggris

Aturan penulisan tanggal dalam bahasa Inggris ini biasanya banyak muncul dalam pelajaran struktur dalam bahasa Inggris. Maka dari itu sangat penting untuk mengetahuinya agar tidak salah menuliskan tanggal atau memilih jawaban dalam soal-soal tentang aturan tanggal. Penulisan tanggal dalam bahasa Inggris harus dilakukan dengan benar terutama di dalam surat-surat resmi. Berikut adalah beberapa jenis pilihan untuk menuliskan tanggal dalam bahasa Inggris yang baik dan benar:

Format formal

Penulisan tanggal dalam bahasa Inggris dengan format formal biasanya digunakan dalam surat-surat dan dokumen resmi seperti surat formal, surat undangan pernikahan, surat lamaran pekerjaan, dan surat remi lainnya. Untuk English British dan American memang ada sedikit perbedaan dalam menulis tanggal dalam bahasa Inggris.

Untuk English British, cara penulisan tanggal dalam bahasa Inggris format formal yang benar adalah dengan urutan day- month- year. Contohnya: the third of October, 2018. Selain melihat urutannya , perhatikan pula penggunaan prepositionnya yaitu “of” dan perhatikan pula letak tanda bacanya. Untuk penulisan tanggal formal ini Anda juga wajib mengetahui ordinal number seperti “first, second, third,..” dan seterusnya.

Sedangkan dalam English American, urutan cara penulisan tanggal dalam bahasa Inggris format formal yang benar adalah month – day – year. Contohnya: October the third, 2018. Dalam penulisan American English tidak ada penggunaan preposition “of”, dan artikel “the” digunakan di tengah penulisan.

Formal semi formal

Dalam penulisan tanggal surat, ataupun penulisan tanggal lahir dalam bahasa Inggris untuk semi formal terdapat perbedaan dengan yang formal. Penggunaan tanggal semi formal biasanya digunakan dalam situasi yang tidak terlalu formal tapi untuk menunjukan rasa hormat. Untuk penulisan dalam English British terdapat dua pilihan penulisan. yang pertama adalah dengan menggunakan ordinal number yaitu “ 15th December 2018”. Pilihan kedua adalah dengan cardinal number yaitu “ 15 September 2014”.

format penulisan tanggal dalam bahasa ingris

Sedangkan untuk cara penulisan tanggal dalam bahasa Inggris American yang menggunakan ordinal number adalah “ June 22nd, 2018” dan contoh penulisan tanggal dengan menggunakan cardinal number adalah “June 22, 2018”. Perbedaan dengan English British adalah dalam penggunaan tanda baca komanya. Karena untuk penulisan tanggal dalam bahasa Inggris British semi formal tidak ada tanda baca koma.

Format tidak formal

Untuk format tidak formal, penulisannya sangat mudah. Untuk English British urutan penulisan tanggalnya adalah day-month-year, contohnya: 15/05/18. Sedangkan untuk American English urutan tanggalnya adalah month-day-year, contohnya: 05/15/18.

Saat Anda akan menuliskan surat resmi bahasa Inggris yang ditujukan untuk lembaga atau pihak lainnya tentunya hal yang sangat penting untuk diperhatikan adalah cara penulisan tanggal dalam bahasa Inggris yang benar. Karena hal tersebut adalah hal yang sangat dasar dan wajib benar jika akan menuliskan surat-surat penting dalam versi bahasa Inggris. Sedangkan untuk penulisan tidak formal Anda hanya perlu mengingat urutannya saja tanpa memperhatikan menggunakan ordinal atau cardinal numbernya.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *