Pengertian Sistem Operasi Komputer dan Fungsinya

  • 2 min read
  • Mei 27, 2019

Sistem Operasi – Teknologi menjadi salah satu ilmu yang harus Anda kuasai saat ini. Karena dengan mempelajari bidang ini, Anda bisa mengetahui banyak manfaat yang bisa mempermudah pekerjaan. Salah satu istilah yang sering Anda dengar adalah sistem operasi atau lebih dikenal dengan OS. Sistem ini erat kaitannya dengan teknologi gadget dan juga komputer. Jika ingin mengetahui lebih banyak mengenai pengertian dan fungsi OS. Berikut akan dibahas secara lebih terperinci.

Definisi Sistem Operasi :

Pengertian sistem operasi adalah salah satu perangkat yang memastikan kerja perangkat keras bisa berjalan sebagaimana mestinya sekaligus menjalankan fungsi software. Peran sistem ini sangatlah penting untuk menjembatani kerja dari hardware ke perangkat lunak. Tanpa adanya OS, maka aplikasi yang ada di gadget dan komputer tidak bisa dijalankan karena prosesnya terhenti pada tahap awal. Karena itulah penting bagi Anda untuk mempelajari fungsi sistem operasi, antara lain.

sistem operasi

Fungsi Sistem Operasi :

1. Mengatur kinerja perangkat keras dan lunak
Software tidak akan bisa bekerja jika tidak ada sistem yang menghubungkannya dengan perangkat keras. Inilah fungsi dari sistem operasi. Hardware seperti CPU, memori. RAM, dan hardisk akan mendukung kerja dari aplikasi jika terdapat OS yang mengatur kedua perangkat tersebut.

2. Menjalankan sistem dasar
Seperti yang sudah disebutkan diatas bahwa sistem operasi adalah pengatur kinerja dari awal maka jika OS tidak berfungsi bisa dipastikan semua program tidak akan berjalan dan hanya mesin luarlah saja yang bekerja. Jika terjadi kerusakan, maka akan fatal akibatnya karena operasi dari awal tidak bisa dijalankan.

3. Sebagai Interface
Tampilan yang ada di gadget dan monitor merupakan hasil kerja dari sistem operasi komputer. Dengan kata lain, sistem ini memudahkan aplikasi dalam menjalankan programnya serta memberikan tampilan yang menarik. Semua data dan bahasa diterjemahkan oleh OS sehingga tercipta tampilan grafik, angka, dan gambar yang apik. Kinerjanya memudahkan Anda dalam memahami program tanpa harus kesulitan menerjemahkan bahasa pemrograman terlebih dahulu.

4. Tempat bagi Aplikasi
Aplikasi yang ada di gadget atau komputer berada di operasi sistem itu sendiri. Inilah yang menjadikan perangkat lunak bisa bekerja. Atau lebih mudahnya diibaratkan OS sebagai lantai tempat meletakkan beberapa program yang hanya bisa berjalan jika sistem operasi bekerja. Selain memastikan proses berjalan dengan baik juga mengatur kerja aplikasi agar tidak membebani perangkat keras.

5. Mengatur kerja perangkat komputer
Dalam satu sistem komputer atau gadget terdapat puluhan program yang berjalan. Jika tidak diatur maka kerjanya akan berat dan tidak beraturan sesuai dengan pengertian sistem operasi yang telah disebutkan diatas. Karena itulah OS mengatur semua fungsi agar bisa berjalan berurutan sehingga perangkat tidak rusak. Jika terjadi error itu disebabkan karena sistem terlalu bekerja keras sehingga mengakibatkan down.

Selain kelima fungsi sistem operasi yang disebutkan diatas, OS juga memiliki peran dalam mengendalikan user. Pengguna memang memiliki akses mengoperasikan semua program yang ada. Namun, jika tidak dilakukan pengawasan dan pengendalian maka akan terjadi kerusakan yang mengakibatkan terhambatnya proses. Karena itulah ada beberapa program yang tidak bisa diakses oleh user dan berada di bawah pengawasan OS.

Mempelajari fungsi dan pengertian sistem operasi bisa memberikan Anda sedikit gambaran mengenai kinerja sistem. Ini sangat penting agar Anda bisa menggunakan komputer dan gadget sebagaimana mestinya sehingga tidak terjadi kerusakan yang tidak diinginkan. Jika anda ingin mendapatkan kecanggihan OS saat ini, Anda bisa upgrade ke versi yang lebih tinggi. Sekian informasi mengenai pengertian sistem operasi beserta fungsi sistem operasi yang bisa kami ulas. Semoga manfaat!

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *