Pengertian Sistem Menurut Para Ahli dan Contohnya

  • 2 min read
  • Mei 29, 2019

Pengertian Sistem – Persaingan dunia kerja sudah sangat padat saat ini. Jika Anda tidak memiliki banyak pengetahuan, maka akan sulit memenangkan sebuah pekerjaan. Anda harus pintar dalam mengatur segala macam kelebihan yang Anda miliki. Sistem manajemen diri haruslah maksimal agar tujuan yang Anda inginkan bisa tercapai dengan mudah. Jika ingin lebih mengetahui tentang apa itu sistem, berikut akan dijabarkan lebih terperinci.

Memahami pengertian sistem tentunya bukan hal yang asing lagi bagi Anda. Pengertiaannya pun disesuaikan dengan bidang. Jadi Anda akan mendapatkan pengertian sistem dengan banyak definisi menurut beberapa pakar. Namun pada intinya, definisi sistem tersebut menekankan pada elemen yang bersatu untuk mencapai tujuan tertentu. Jenis komponennya sangat beragam bergantung dimana istilah tersebut dipakai.

Pengertian Sistem Menurut Para Ahli :

  • Sistem adalah sekumpulan interaksi antara unsur yang berada dalam kondisi yang sama. Misalnya dalam bidang produksi dimana semua elemen saling bekerjasama agar bisa menghasilkan barang berkualitas dengan jumlah yang cukup banyak. Elemen yang ada disini banyak macamnya, berupa karyawan, mesin produksi, dan juga manejemen kerja. Jika tidak bisa bekerja dengan baik, maka tujuan tidak akan dicapai dengan sempurna. (Ludwig von Bertallanffy)
  • Lain halnya dengan Prajudi yang berpendapat bahwa pengertian sistem lebih menitikberatkan pada prosedur yang sudah direncanakan dengan mengikuti pola-pola tertentu. Dalam hal ini pola dibuat agar bisa menggerakkan suatu fungsi agar bisa bekerja dengan baik. Tanpa perencanaan yang matang, maka hasil kerja tidak akan maksimal.
  • W.J.S. Poerwadarminta juga sependapat mengenai pengertian sistem menurut para ahli diatas. Hanya saja Poerwadarminta lebih memperkenalkan istilah ini pada alat-alat yang digunakan untuk mencapai tujuan tertentu. Tentunya ini tidak salah, karena definisi dari istilah ini sangat bergantung pada bidang. Jika dipakai pada alat, maka sistem berkaitan dengan sekumpulan elemen yang ada di peralatan tersebut yang berfungsi sebagai penggerak agar bekerja dengan baik.

Definisi sistem pun bisa dibedakan menjadi beberapa bagian merunut pada klasifikasinya. Ada yang bersifat abstrak, fisik, alamiah, buatan, spesifik dan non spesifik, tertutup, terbuka, sederhana, dan kompleks. Jika hasil kerja tidak melibatkan pihak luar sama sekali dan berdikari pada usaha sendiri, maka disebut dengan close system. Sementara untuk usaha yang bergantung dengan lingkungan luar untuk mencapai tujuan tertentu, ini dinamakan dengan open system.

Hal-hal yang bersifat alami yang terjadi pada tubuh manusia juga disebut dengan sistem. Semua organ yang ada di badan Anda bekerjasama agar bisa bekerja dengan maksimal. contoh sistem reproduksi. Jika ada beberapa bagian yang tidak berfungsi secara normal, maka kinerjanya akan terkendala bahkan bisa menyebabkan kelainan. Jika sudah begini salah satu jalan untuk mengembalikan fungsinya adalah dengan cara pengobatan.

Kinerja komputer pun dipengaruhi oleh sebuah system. Dimana hal ini dimulai dari input data, analisa, proses, dan hasil akhir berupa output. Tentu saja hasil yang dicapai bisa sesuai dengan keinginan jika masing-masing komponen bisa bekerja dengan baik. Jika terjadi error maka proses hanya akan sampai pada tahap tertentu saja dan tidak akan menghasilkan output yang diinginkan.

Dari beberapa definisi, jenis, dan pengertian sistem yang disebutkan diatas, bisa disimpulkan bahwa istilah ini sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari. Bahkan Anda sering menyebutkannya di berbagai bidang. Tak perlu bingung dengan beberapa pengertian sistem yang ditemukan. Karena secara umum definisinya mengacu pada beberapa elemen yang bekerja sama untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.