Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli Lengkap

Pengertian Sejarah – Sejarah mungkin bagian dari masa lalu. Meski demikian, sejarah memiliki makna penting karena mempengaruhi kehidupan yang ada saat ini. Tidak heran jika belajar sejarah adalah hal yang amat penting. Tak hanya tentang pengertian sejarah, tapi juga pelajaran yang bisa diambil dari perjuangan masa lalu sehingga bisa menjadi pembenahan untuk saat ini.

Banyak yang bertanya-tanya, apa pengertian sejarah sebenarnya. Pengertian sejarah secara umum yakni peristiwa yang sudah terjadi di masa lalu. Sebetulnya sejarah memiliki makna yang sangat luas dimana memiliki unsur dan juga ciri tertentu. Ruang lingkup dari sejarah mulai dari sejarah sebagai ilmu, sejarah sebagai peristiwa, sejarah sebagai kisah dan juga sejarah sebagai seni.

Pengertian sejarah menurut para ahli pada dasarnya memiliki konsep yang mirip dengan pengertian sejarah pada umumnya. Meski demikian, para ahli memiliki pandangan masing-masing dalam melihat makna sejarah, yaitu.

Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli :

  • Muhammad Yamin
    Pengertian teks cerita sejarah menurut Muh Yamin yakni ilmu pengetahuan yang susunannya atas hasil dari penyelidikan berbagai peristiwa dan bisa dibuktikan dengan kenyataan.
  • Moh Hatta
    Selanjutnya Moh Hatta juga memiliki definisi sendiri dari sejarah. Beliau menjelaskan jika sejarah adalah dalam wujud terkait masa lampau. Sejarah juga termasuk pemahaman di masa lampau yang mengandung ragam dinamika.
  • Moh Ali
    Moh Ali mendefinisikan sejarah sebagai keseluruhan perubahan dan juga kejadian yang benar terjadi adanya. Sejarah sendiri merupakan ilmu yang menyelidiki perubahan yang terjadi di waktu lampau.
  • Rohiati Wiriatmaja
    Pengertian sejarah menurut para ahli yakni dari Rohiati Wiriatmaja menjelaskan jika sejarah adalah sebuah disiplin ilmu yang bisa menjanjikan moral, kebijaksanaan, etika, nilai kultur dan juga spiritual.
  • Nugroho Notosusanto
    Nugroho Notosusanto memaknai sejarah sebagai peristiwa yang ada sangkutannya dengan manusia sebagai makhluk yang bermasyarakat dan terjadi di masa lalu.

Tak hanya pengertian sejarah menurut para ahli di Indonesia saja. Anda juga harus tahu pandangan para ahli dunia terkait makna sejarah, diantaranya.

Pengertian Sejarah Menurut Tokoh Dunia :

  • Aristoteles
    Sejarah adalah sistem yang meneliti kejadian sejak awal dan tersusun dalam sebuah kronologi. Sejarah memiliki catatan, record serta bukti konkrit yang bisa menjelaskannya.
  • Herodotus
    Pengertian sejarah menurut Herodotus dimaknai sebagai kajian untuk bisa menceritakan perputaran jatuh bangun tokoh peradaban dan masyarakat. Perlu Anda tahu jika Herodotus dikenal menjadi Father of History.
  • Benedetto Croce
    Pengertian sejarah dari Benedetto Croce yakni rekaman kreasi pada jiwa manusia dalam semua bidang. Bidang ini termasuk teoritikal dan juga praktikal. Sedangkan untuk kreasi spiritual hanya terjadi dan lahir di hati dan pikiran budayawan, manusia jenius, pemburu agama dan pemikir.
  • J.V. Bryce
    J.V Bryce mendefinisikan sejarah sebagai catatan dari pemikiran, perkataan hingga perbuatan manusia.
  • W.H Walsh
    W.H Walsh menyatakan jika sejarah lebih menitikberatkan di pencatatan yang penting dan berarti saja. Hal ini meliputi tindakan serta pengalaman manusia pada masa lampau yang memiliki makna penting.

Itulah pengertian sejarah menurut para ahli terkenal. Pada dasarnya konsep dari pengertian para ahli ini sama yakni menitikberatkan pada kejadian masa lampau yang nyata terjadi. Seperti juga pengertian sejarah peradaban islam yang banyak dipelajari di sekolah yaitu ilmu yang mempelajari perkembangan serta kemajuan kebudayaan Islam dalam perspektif sejarah.

Itulah sedikit ulasan terkait pengertian sejarah baik arti sejarah secara umum dan berdasar para ahli. Meski sejarah adalah bagian dari masa lalu, tapi dengan mempelajarinya maka kita pun akan bisa mengambil banyak pelajaran dan hikmahnya.

Gambar Gravatar
arenabelajar.com merupakan perpustakaan online yang mengulas ragam ilmu pengetahuan untuk media pembelajaran siswa siswa berprestasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *