Pengertian Pendidikan dan Contoh Artikel Tentang Pendidikan Nasional

Pengertian Pendidikan – Jika kita lihat arti di KBBI, pendidikan adalah proses untuk mengubah tata laku dan sikap seseorang maupun kelompok dengan upaya pelatihan dan pengajaran. Dar segi etimologi, istilah ini diambil dari bahasa inggris yakni education. Sekedar informasi, Educatum tersusun dari dua kata yakni “E” serta “Duco”. Duco artinya adalah sesuatu yang tengah mengalami proses perkembangan. Sementara E adalah perkembangan yang terjadi dari dalam.

Dari dua kata diatas bisa disimpulkan bahwa pada dasarnya pendidikan adalah proses yang dilakukan manusia untuk mengembangkan dirinya sebaik mungkin dari dalam. Cara untuk memperoleh pembelajaran dibagi menjadi dua yakni pendidikan non formal dan formal.

Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli :

Mengetahui apa saja pengertian pendidikan menurut para ahli tentunya akan memudahkan Anda untuk memahami istilah ini dengan baik. Salah satu ahli yang mengemukakan pendapatnya tentang hal ini adalah Ki Hajar Dewantara. Beliau menjelaskan bahwa pengertian pendidikan adalah sebuah tuntutan hidup anak-anak dengan segala kodratnya untuk mendapatkan kebahagiaan dan keselamatan setinggi-tingginya.

Yang dimaksud dengan tuntutan adalah kodrat anak-anak untuk mendapatkan pengajaran yang baik dan berkualitas. Salah seorang reformer terkenal di dunia yaitu John Dewey juga mengemukakan pendapatnya bahwa pendidikan merupakan kehidupan, bukan persiapan dalam kehidupan.

Pengertian pendidikan yang dikemukakan Crow dan Crow (1992) adalah sebuah proses yang diisi dengan berbagai macam kegiatan berdasarkan kehidupan sosial, kebudayaan, kelembagaan sosial dan kebiasaan-kebiasaan dari setiap generasi.

Dari beberapa definisi pendidikan yang dijelaskan, bisa disimpulkan bahwa pada dasarnya pendidikan berfungsi untuk memberikan pengajaran dengan membentuk karakter peserta didik agar bermanfaat bagi dirinya sendiri, orang terdekat dan orang-orang di sekitarnya. Sementara pendidikan nasional lebih fokus untuk membentuk karakter generasi bangsa menggunakan ilmu pengetahuan agar kecerdasan dan kreativitasnya semakin meningkat sejak dini.

Sementara itu, yang dimaksud dengan pendidikan nasional adalah proses untuk meningkatkan kreativitas, kepercayaan diri, keterampilan, pengetahuan dan ketaqwaan seseorang kepada Tuhannya. Tujuan pendidikan nasional adalah untuk membentuk generasi bangsa agar lebih berkarakter. Caranya adalah dengan menambah ilmu pengetahuan, keterampilan serta kreativitasnya.

Kedekatan generasi bangsa dengan Tuhannya juga menjadi salah satu cara untuk mencapai tujuan pendidikan. Tujuan ini bisa diawasi sejak seseorang atau anak memulai Pendidikan
sampai akhir. Di Indonesia, sistem yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut adalah pemberian materi atau pelajaran tertentu. Kemudian di akhir materi, kemampuan siswa akan diuji dengan suatu penilaian. Penilaian ini sangat penting untuk mengetahui dan mengawasi kemampuan, pemahaman dan kemajuan dari peserta didik.

Contoh konkretnya adalah Ujian Nasional atau UN. Seperti yang dilihat bahwa artikel tentang pendidikan tentang UN selalu hangat untuk dibahas. Pasalnya keberadaan UN sendiri menimbulkan pro dan kontra di kalangan masyarakat.

Tujuan Pendidikan :

Tujuan pendidikan pada dasarnya adalah belajar untuk melakukan sesuatu, belajar mengetahui, belajar hidup bersama dan belajar untuk menjadi sesuatu. Ada banyak jenis Pendidikan nasional, diantaranya adalah akademik, umum, kejuruan, profesi, keagamaan, vokasi, dan lain sebagainya. Artikel pendidikan yang banyak dirilis beberapa waktu belakangan ini juga menyoroti tingkah laku oknum siswa yang dianggap kurang bermoral sebagai seorang pelajar.

Hal ini tentunya memberikan dampak yang buruk untuk masa depan siswa ke depan. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika pemerintah saat ini lebih fokus untuk meningkatkan karakter bangsa yang lebih profesional, terampil, kreatif dan taat kepada Tuhannya. Demikianlah ulasan mengenai pengertian pendidikan dan tujuannya, semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
arenabelajar.com merupakan perpustakaan online yang mengulas ragam ilmu pengetahuan untuk media pembelajaran siswa siswa berprestasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *