Pengertian Negara, Dasar Negara, dan Warga Negara Menurut Para Ahli

  • 2 min read
  • Jun 28, 2019

Pengertian Negara – Kesadaran hidup bernegara yang baik muncul dari kepahaman mengenai pengertian Negara, warga Negara dan dasar Negara. Dengan pemahaman yang baik, seorang warna Negara akan menjalankan hak dan kewajibannya dengan patuh tanpa harus dilakukan pemaksaan. Untuk itu, mari kita pelajari beberapa makna dan pemahaman termasuk pengertian dasar Negara.

Pengertian Negara adalah sekumpulan atau sekelompok orang yang menempati wilayah tertentu dan dipimpin oleh organisasi pemerintahan yang sah. Negara memiliki system pemerintahan yang bersifat mengatur seluruh orang yang ada di dalamnya. Sebuah Negara dikatakan sah jika memiliki rakyat sebagai warna Negara, memiliki wilayah dan pemerintahan yang berdaulat. Pemerintahan yang berdaulat diangkat dan ditunjuk oleh warga Negara melalui proses resmi.

Definisi Negara, Dasar Negara dan Warga Negara

Pengertian Negara menurut para ahli adalah suatu organisasi manusia yang berada di bawah suatu pemerintahan yang sama. Hal ini berarti bahwa orang-orang tersebut tunduk terhadap pemerintahan yang sah dan berdaulat. Makna diatas menunjukkan bahwa pengertian dasar Negara adalah sekelompok orang yang secara sah diakui oleh pemerintahan yang berdaulat wajib mengikuti system yang berlaku dengan hak dan kewajiban yang mengikuti.

Pengertian Negara menurut para ahli lainnya mengungkapkan bahwa Negara memiliki tujuan yang jelas dan terarah yaitu hidup bersama dan mencapai kesejahteraan bersama. Pengertian Negara disini menunjukkan bahwa pada dasarnya, Negara adalah wadah dimana orang yang tinggal di suatu wilayah bisa hidup dengan aman, nyaman dan tentram dalam suatu aturan yang disepakati bersama. Suatu tempat dengan kondisi lingkungan yang kondusif untuk warga negaranya tumbuh dan berkembang.

Pengertian Negara Hukum

Pengertian Negara hukum adalah bahwa suatu Negara dilandaskan pada dasar hukum atau aturan yang mengikat untuk ditaati. Hukum disini berlaku untuk semua orang tanpa memandang ras, agama, suku ataupun budaya. Setiap warga Negara terikat pada hukum yang berlaku di Negara tersebut. Jadi secara umum, pengertian dasar Negara lebih mengacu kepada organisasi yang berlandaskan hukum untuk bisa ditaati bersama.

Pengertian Negara hukum lebih kepada penerapan hukum atau aturan yang berlaku di Negara tersebut. tanpa adanya hukum, suatu pemerintahan akan kacau balau. Berbagai pihak dengan kepentingan dan keinginan yang berbeda akan saling bersaing dan bermusuhan hingga dapat menimbulkan perpecahan. Maka inilah pentingnya hukum dan aturan yang tegas agar bisa diterapkan.

Pemahaman dan pengertian Negara yang dipahami dengan baik oleh warganya akan menumbuhkan kecintaan dan nasionalisme yang tinggi. Pengertian warna Negara yang baik terhadap negaranya mampu menghasilkan jiwa patriotic yang tinggi, kesadaran akan cinta terhadap bangsa dan negaranya. Dengan rasa cinta yang tinggi, maka warga Negara akan otomatis memenuhi kewajibannya terhadap Negara. Terlebih lagi jika Negara tersebut mampu memberikan hak-hak warga Negara secara sama rata dan tidak pandang bulu.

Pengertian Warga Negara

Pengertian warga Negara adalah semua orang atau penduduk yang mendiami atau tinggal di suatu Negara dan diakui secara sah oleh Negara tersebut. Warga Negara memiliki hak dan kewajiban terhadap Negaranya. Semua orang yang secara hukum terikat pada sebuah Negara, harus memenuhi kewajibannya dan mendapatkan haknya walaupun ia tidak secara permanen menetap di Negara tersebut atau tinggal sementara di Negara lain.

Itulah tadi beberapa pengertian Negara yang bisa diulas dengan singkat. Pada kesimpulannya, Negara merupakan sekumpulan orang yang berdiam di suatu wilayah dan diatur oleh organisasi pemerintahan yang berdaulat dan berfungsi menjalankan hukum dan aturan untuk mengatur kehidupan bersama.