Pengertian Motivasi Beserta 5 Teori Motivasi Belajar

  • 2 min read
  • Mei 27, 2019

Pengertian Motivasi Belajar – Untuk mencapai kesuksesan selain diperlukan kerja keras juga butuh motivasi agar bisa konsisten. Pengertian motivasi secara umum adalah wujud perubahan perilaku untuk melakukan kegiatan agar dapat mewujudkan sebuah tujuan. Hal ini terjadi dalam berbagai bidang seperti pekerjaan, pendidikan dan lain-lain. Fungsi dari tindakan ini adalah sebagai pendorong dan penggerak ke arah positif. Sifatnya akan membuat seseorang tetap bersemangat dan tidak mudah menyerah.

Sumber motivasi dibedakan menjadi 2, yaitu dari dalam diri sendiri dan pengaruh lingkungan atau orang lain. Sangat sulit menyemangati diri sendiri, jika tidak konsisten akan menyerah di tengah jalan. Ada banyak jenis teori motivasi yang ada saat ini. Masing-masing ahli memberikan pendapat dan penjelasan berdasarkan kriteria kebutuhan manusia. Adapun kelima teori tersebut adalah:

1. Teori Kebutuhan
Teori maslow berpendapat bahwa manusia pada dasarnya memiliki 5 tingkatan kebutuhan yaitu berupa fisik, sosial, rasa aman, penghargaan, dan aktualisasi diri. Kelimanya akan tetap muncul lagi meskipun sudah terpenuhi. Misalnya kebutuhan akan fisik. Jika hari ini sudah dipenuhi, di lain hari akan ada lagi dengan kuantitas yang berbeda.

2. Teori Kebutuhan Prestasi
McClelland memberi pengertian motivasi sebagai keinginan untuk mencapai sebuah penghargaan terutama yang bersumber dari kekuatan individu. Ada 3 jenis kebutuhan yang ingin dipenuhi yaitu pencapaian, afiliasi, dan kekuasaan. Setiap orang pastinya memiliki keinginan untuk mendapatkan sesuatu yang lebih dibandingkan yang lain. Inilah yang mendorong untuk melakukan sesuatu agar bisa menggapai prestasi yang sifatnya non fisik.

3. Teori ERG
Banyak hal yang menyebabkan munculnya motivasi, beberapa diantaranya adalah kebutuhan untuk mencapai potensi diri agar lebih maksimal. Kondisi ini akan membuat seseorang bisa memenuhi keinginan lainnya. Dalam teori ini kebutuhan manusia terbagi menjadi 3 yaitu eksistensi, hubungan, dan pertumbuhan. Jika tidak bisa dipenuhi secepatnya, maka kuantitasnya akan semakin besar. Keterbatasan yang dimiliki menjadikan manusia mengubah fokus keinginan ke tujuan lainnya jika tidak mampu memenuhi ketiganya.

4. Teori Harapan
Banyak pengertian motivasi menurut para ahli, salah satunya yang dikemukakan oleh Victor Vroom. Menurutnya motivasi muncul karena dorongan untuk mencapai hasil yang diharapkan. Ada 3 konsep dalam teori ini, yaitu harapan, isntrumentally, dan valensi. Skema kerjanya adalah dimulai dari dorongan untuk melakukan usaha yang akan menghasilkan sebuah kinerja agar dapat mencapai hasil yang diharapkan. Nilai yang didapatkan bisa positif atau negatif bergantung pada prosesnya.

5. Teori Dua Faktor
Herzberg mengklasifikasi motivasi adalah proses yang menghasilkan kepuasan dan ketidakpuasan. Keduanya memberikan dorongan kepada seseorang untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Faktor kepuasan seperti pengakuan prestasi dan hasil, sementara ketidakpuasan lebih kepada besarnya gaji dan suasana lingkungan kerja. Pekerja yang tidak puas akan pendapatan yang diperoleh akan terdorong bekerja lebih maksimal supaya ada peningkatan upah yang akan diterima.

Jika pada bidang kerja, ketercapaian yang diinginkan lebih pada gaji dan prestasi. Lain halnya pada pengertian motivasi belajar yang prosesnya akan menghasilkan tujuan belajar yang bersifat kognitif, afektif, dan psikomotorik. Jadi tidak hanya nilai saja, perilaku dan interaksi siswa dalam keseharian juga menjadi faktor keinginan yang dicapai oleh masing-masing individu. Guru menjadi sumber pendorong yang paling besar perannya dalam proses ini.

Teori dan pengertian motivasi yang ada saat ini bisa dijadikan pedoman untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Fakta membuktikan bahwa dorongan terbesar akibat pengaruh dari luar. Sementara yang berasal dari diri sendiri butuh konsistensi yang tinggi supaya bisa memperoleh hasil dari motivasi belajar yang maksimal.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *