Pengertian Media Pembelajaran Menurut Para Ahli dan Contohnya

  • 2 min read
  • Mei 30, 2019

Media Pembelajaran – Pendidikan menjadi salah satu bidang yang memiliki fungsi penting untuk menciptakan generasi yang berkualitas. Fase ini dimulai dari pembelajaran. Agar bisa mencapai hal yang diinginkan peran aktif pengajar memang dibutuhkan, namun media pembelajaran juga harus diperhatikan pemakaiannya. Meskipun hanya sebagai alat, kalau tidak bisa digunakan secara maksimal. Maka tujuan utama sebagai pemberi informasi tidak akan tercipta.

Secara umum pengertian media adalah alat yang digunakan untuk menyalurkan informasi dari sumber ke penerima. Dalam hal ini dapat ditarik kesimpulan bahwa pengertian media pembelajaran sebagai sarana untuk memberikan informasi dalam bentuk pengetahuan yang berasal dari mana saja. Di era globalisasi saat ini peran aktif siswa sangat dibutuhkan agar bisa mencari ilmu sebanyak-banyaknya tanpa banyak bergantung dari guru. Adapun definisinya menurut beberapa ahli adalah.

Pengertian Media Pembelajaran Menurut Para Ahli :

  1. Kati Hari Sukasih berpendapat bahwa pengertian media dalam pembelajaran adalah alat dan bentuk lainnya yang digunakan untuk mencapai tujuan pengajaran. Sebagai contoh sebuah media film yang mengandung pesan agar siswa berbuat baik kepada teman, belajar rajin, dan juga disiplin.
  2. Herry mengartikan media pembelajaran sebagai sarana yang bisa digunakan oleh guru dalam KBM. Ada 3 contoh media pembelajaran yang sering dipakai. Yaitu visual, audio, dan audio visual. Tentunya tidak semua harus digunakan. Sesuaikan dengan kondisi dan keadaan kelas. Untuk alat bantu yang bersifat audio, sebaiknya dilakukan di laboratorium agar lebih tersampaikan informasinya.
  3. Heinich and Molenda memberikan pendapat mengenai media pembelajaran adalah penyalur informasi yang terdiri dari 6 unsur yang saling terikat satu sama lain. Keenam media tersebut adalah audio, visual, proyeksi gerak, teks, manusia, dan miniatur. Masing-masing memiliki fungsi yang secara umum untuk menciptakan suasana belajar yang efektif.

Jika ketiga ahli diatas lebih menekankan pengertian media pembelajaran sebagai alat. Lain halnya dengan Hamalik yang mengartikannya tidak hanya sebagai sarana, tetapi juga metode dan teknik yang digunakan guru agar tercipta interaksi dan komunikasi yang baik didalam pengajaran. Contohnya dengan memberikan sebuah video yang berkaitan dengan pelajaran. Siswa diwajibkan untuk berdiskusi dengan temannya atau bisa bertanya kepada pengajar jika mengalami kesulitan. Hasilnya akan didiskusikan bersama sehingga pengalaman yang diberikan lebih bermakna.

Peran teknologi memang sangat penting dalam bidang pendidikan saat ini. Wildbur schraman mendefinisikan media adalah teknologi yang dimanfaatkan untuk menyampaikan pesan secara tepat. Jika digunakan dalam ilmu pendidikan maka fungsinya adalah menyampaikan bahan ajar yang salah satu caranya dengan memanfaatkan teknologi seperti internet untuk mengakses beberapa sumber yang ada.

Kreativitas pengajar sangat dibutuhkan agar bisa menciptakan sarana dan media pembelajaran yang menarik. Di beberapa sekolahan bahkan peran guru hanya sebagai pendamping karena keaktifan siswa lah yang dinilai. Sumber bisa didapatkan dari mana saja, baik yang sudah ditentukan ataupun tidak. Jika menilik dari pengertian media pembelajaran menurut para ahli yang disebutkan diatas. Jelaslah bahwa sarana mengajar tidak hanya berbentuk alat fisik saja melainkan juga dalam jenis yang lain. Penggabungan audio dan visual diyakini sebagai cara tercepat untuk menyampaikan informasi kepada penerimanya.

Beberapa pendapat mengenai definisi dan jenis media pembelajaran diatas semoga bisa merangsang kreativitas pengajar agar bisa meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Cara konvensional memang sudah terbukti mampu memberikan hasil positif namun hanya bagi beberapa siswa saja. Karena itu diperlukan metode alternatif yang bisa merangsang minat semua murid untuk belajar. Sekian informasi mengenai pengertian media pembelajaran beserta contoh media pembelajaran yang bisa kami sajikan. Semoga bermanfaat!

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *