Pengertian Masyarakat (Madani dan Multikultural) + Pemberdayaanya

  • 2 min read
  • Mei 31, 2019

Pengertian Masyarakat – Dalam percakapan atau kehidupan sehari-hari, Anda pasti sering menggunakan kata masyarakat untuk menggambarkan sekumpulan orang di wilayah tertentu. Definisi ini tidak sepenuhnya salah namun juga tidak terlalu tepat. Lalu apa sih pengertian masyarakat sebenarnya? Nah untuk anda yang sedang mempelajari materi mengenai definisi masyarakat maupun jenis jenis masyarakat dan cara pemberdayaan masyarakat, Berikut ini adalah penjelasannya.

Pengertian Masyarakat Menurut Para Ahli

Beberapa ahli memberikan definisi yang berbeda tentang apa itu masyarakat. Salah satu pengertian masyarakat menurut para ahli misalnya dari M.J. Heskovits yang mendefinisikan masyarakat adalah sebuah kelompok individu yang mengorganisasikan atau mengatur dan mengikuti satu cara hidup tertentu. Seorang ahli lain memberikan pengertian masyarakat adalah sekelompok orang yang hidup secara bersama dan menghasilkan suatu kebudayaan.

Jika berbicara tentang masyarakat, hal yang selalu berkaitan adalah tentang masyarakat madani. Masih banyak orang salah mengartikan antara masyarakat madani dan masyarakat majemuk atau multikultural. Untuk itu mengetahui pengertian masyarakat madani juga penting untuk membedakan keduanya.

Masyarakat madani adalah masyarakat beradab dan maju dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi serta menjunjung tinggi nilai kemanusiaan. Ada beberapa karakteristik yang menandakan sebuah kelompok dikatakan sebagai masyarakat madani.

Karakteristik Masyarakat Madani

  1. Menjunjung Tinggi Nilai yang Berlaku

Berdasarkan pengertian masyarakat madani yang sudah dijelaskan sebelumnya, karakteristik yang harus dimiliki masyarakat madani adalah menjunjung tinggi nilai. Meskipun maju dalam bidang teknologi dan ilmu pengetahuan masyarakat madani tetap tunduk dan patuh pada nilai yang dianutnya, baik nilai religi, norma maupun hukum.

  1. Mengedepankan Persamaan Derajat

Meskipun maju dalam peradaban, masyarakat bisa dikatakan madani apabila kelompok masyarakat tersebut memenuhi karakter satu ini, mengedepankan persamaan derajat. Jadi tidak ada perbedaan status, baik perempuan ataupun laki-laki. Selain itu masyarakat madani juga menjunjung tinggi transparansi tanpa ada hal yang ditutupi. Ini juga yang menjadi karakter masyarakat madani dan termasuk di dalam pengertian masyarakat madani itu sendiri.

  1. Kebebasan Ruang Publik

Dalam pengertian masyarakat madani disebutkan bahwa masyarakat madani adalah masyarakat yang maju dan menjunjung tinggi nilai kemanusiaan. Tidak hanya itu saja, yang disebut sebagai masyarakat madani juga harus memiliki ruang publik yang bebas. Yang dimaksud bebas adalah masyarakat bisa memilih apa yang dikehendaki berhubungan dengan hak dan kewajiban. Masyarakat ini juga memiliki akses penuh dalam bidang politik, mengemukakan pendapat serta berserikat atau dan kebebasan lain berkaitan dengan ruang publik.

Masyarakat Madani dan Masyarakat Multikultural

Berdasarkan pengertian masyarakat madani dan karakteristiknya, masyarakat ini adalah masyarakat yang maju dan beradab. Sedangkan masyarakat multikultural tentu berbeda. Berdasarkan istilah multikultural, bisa disimpulkan pengertian masyarakat multikultural adalah masyarakat yang mengakui adanya perbedaan namun tetap menjunjung tinggi persamaan derajat antara satu sama lainnya dalam satu ideologi.

Adanya persamaan derajat inilah yang membedakan antara masyarakat multikultural dengan masyarakat majemuk. Selain itu masyarakat multikulitural juga memiliki karakteristik seperti halnya pada masyarakat madani. Tidak semua kelompok individu bisa dikategorikan sebagai masyarakat madani maupun masyarakat multikutural. Perlu adanya pemberdayaan masyarakat yang bisa menuntun masyarakat agar bisa memenuhi karakteristik agar bisa menjadi masyarakat madani ataupun masyarakat multikulitural.

Tidak hanya sekedar mengetahui apa itu pengertian pemberdayaan masyarakat saja, namun juga turun berperan aktif untuk mewujudkannya. Dengan mengetahui informasi tentang pengertian masyarakat seperti masyarakat madani dan masyarakat multikultural seperti yang sudah dijelaskan di atas, akan mendorong kelompok individu ini untuk terus berkembang. Apalagi di Indonesia yang terdiri dari beragam suku dan budaya, memahami perbedaan keduanya diharapkan bisa menumbuhkan rasa toleransi antar sesamanya.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *