Pengertian Pemasaran dan Marketing, Konsep, Strategi dan Tugasnya

  • 2 min read
  • Mei 29, 2019

Marketing atau Pemasaran – Dalam menjalankan bisnis, kegiatan pemasaran adalah hal penting yang harus dilakukan. Tanpa adanya kegiatan ini, maka usaha perusahaan untuk mendapatkan laba dari bisnis yang dijalani sangatlah sulit. Apalagi seperti yang diketahui bahwa banyak sekali perusahaan atau kegiatan bisnis yang menjual atau memproduksi suatu barang atau jasa yang sejenis. Agar bisa bersaing dengan para kompetitor, tentu saja perusahaan harus melakukan berbagai upaya untuk bisa menarik perhatian konsumen. Untuk lebih jelasnya, di bawah ini akan dibahas tentang pengertian pemasaran, konsep, strategi dan tugasnya.

Pengertian Marketing / Pemasaran Menurut Para Ahli :

Tujuan kegiatan marketing adalah untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan konsumen. Dari tujuan tersebut, terlihat jelas bahwa kegiatan ini tidak hanya fokus untuk menghasilkan produk. Ada banyak ahli yang berpendapat tentang Marketing. Salah satunya adalah Kotler yang berpendapat bahwa kegiatan memasarkan barang atau jasa adalah suatu proses sosial sekaligus manajerial yang dilakukan oleh manusia untuk bisa mendapatkan apa yang diinginkan dan dibutuhkan dengan memberikan penawaran, penciptaan serta penukaran barang atau produk yang bernilai untuk pihak lain.

William J. Stanton juga mengemukakan pendapatnya bahwa pemasaran adalah sistem total dari semua kegiatan bisnis yang lebih fokus dalam merencanakan, mempromosikan, mendistribusikan produk dan menentukan harganya untuk memuaskan keinginan konsumen ataupun konsumen potensial.

Dalam aktivitas Marketing, ada konsep strategi yang harus dipahami dengan baik. Tanpa adanya konsep strategi tersebut, maka besar kemungkinannya jika Anda akan gagal mendapatkan perhatian dari konsumen atau pelanggan. Apa saja konsep pemasaran? Inilah beberapa diantaranya.

Konsep Pemasaran / Marketing :

1. Market Positioning
Market Positioning sangatlah penting agar Anda bisa mengembangkan bisnis dengan baik. Konsep dari strategi ini adalah memilih pasar yang spesifik dengan produk yang ditawarkan agar peluang penjualan lebih besar.

2. Segmentasi Pasar
Tidak dipungkiri bahwa setiap pasar memiliki pembeli yang modelnya bervariasi. Hal ini tentu saja karena kebiasaan dan kebutuhan masing-masing pembeli yang berbeda. Dilain sisi, perusahaan tidak bisa memenuhi kebutuhan para pembeli dengan rata. Oleh sebab itu, pihak perusahaan harus membagi pasar yang awalnya heterogen menjadi homogen sesuai dengan target pasar Anda.

3. Marketing Mix Strategy
Konsep strategi pemasaran lebih fokus dengan variabel-variabel yang sekiranya memberikan pengaruh pada tanggapan konsumen dan pembelian produk.

4. Timing Strategy
Penentuan waktu penjualan adalah hal yang sangat penting dalam strategi marketing. Timing Strategi juga diterapkan oleh perusahaan untuk menentukan waktu kapan pendistribusian barang dan kegiatan promosi dilakukan.

Strategi Marketing pada dasarnya adalah suatu proses atau langkah agar bisa mencapai tujuan dari perusahaan itu sendiri. Tujuan perusahaan tentu saja mendapatkan keuntungan atau laba. Dari pengertian marketing, bisa disimpulkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui keinginan konsumen lalu menyediakannya. Kegiatan ini bisa dimulai dari menjelaskan deskripsi produk, pengiklanan produk, pengiriman produk, dan komunikasi kepada para konsumen terkait dengan produk atau barang yang ditawarkan.

Tugas marketing sebenarnya sudah sangat jelas. Dimana mereka berperan untuk merencanakan produk yang akan dipasarkan, mengamati pasar, menetapkan harga, dan mengetahui kebutuhan pasar, dan mempromosikan produk agar bisa banyak konsumen yang tertarik lalu membelinya. Tujuan utama dari tugas bidang marketing dan pemasaran adalah memasarkan produk atau jasa agar bisa laku di pasaran. Oleh karena itu, pihak marketing harus bisa merencanakan kegiatan promosi dengan baik dan tepat sasaran. Dengan begitu, kegiatan pemasaran akan dianggap berhasil dan bisa meningkatkan keuntungan perusahaan.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *