Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli dan Fungsinya

  • 2 min read
  • Jul 31, 2019

Pengertian Manajemen – Manajemen memiliki banyak definisi yang pada intinya mengacu pada pengelolaan. Tentu saja disesuaikan dengan bidang yang dituju. Jadi jika Anda merunut pada beberapa ahli, akan banyak pengertian manajemen menurut para ahli yang didapatkan. Masing-masing memiliki pendapat sendiri yang mengandung kebenaran. Anda bisa memilih teori mana yang sesuai dengan perkiraan Anda. Semakin banyak definisi ahli yang Anda ketahui, maka semakin banyak perbendaharaan ilmu yang Anda dapatkan.

Mengenal fungsi utama manajemen. Sebelum Anda mempelajari lebih lanjut mengenai pengertian manajemen menurut para ahli, penting rasanya untuk mengetahui manfaat manajemen. Beberapa dari Anda banyak yang mengira bahwa ilmu ini hanya berkaitan dengan ekonomi saja, padahal tidak. Banyak fungsi manajemen yang bisa Anda aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Fungsi Manajemen Secara Umum :

1. Organisasi
Fungsi ini sangat penting agar pekerjaan bisa dijalankan sesuai dengan tujuan yang direncanakan. Manajemen tidak hanya diterapkan pada sumber daya manusia saja, tetapi juga alat dan tugas yang telah disusun. Perlu pengorganisasian agar pekerja yang memiliki tugas sama dikelompokkan menjadi satu agar bisa bekerja secara maksimal. Fungsi manajemen banyak diterapkan di beberapa tempat kerja baik skala besar ataupun kecil.

2. Perencanaan
Ini menjadi bagian yang paling penting dalam sebuah pekerjaan. Agar eksekusi bisa berjalan dengan lancar, perlu diadakan perencanaan agar semuanya bisa berjalan sesuai dengan yang diinginkan. Manajemen alat pun menjadi semakin mudah karena pekerja sudah mengetahui rencana dari awal dan bila ada yang kurang sesuai, bisa segera dilakukan revisi.

3. Pengarahan
Setelah semua rencana disusun sesuai keinginan, maka fungsi selanjutnya dari manajemen adalah pengarahan. Semua pekerja diarahkan sesuai dengan tugas masing-masing sehingga pekerjaan bisa cepat terlaksana. Motivasi juga dibutuhkan untuk meningkatkan kinerja agar hasilnya semakin bagus. Pengarahan harus dibarengi dengan bimbingan agar karyawan paham betul dengan tugas yang diberikan.

4. Pengawasan
Fungsi manajemen selanjutnya adalah mengawasi sekaligus melakukan perbaikan jika hasilnya tidak sesuai dengan keinginan. Disinilah manajemen sangat diperlukan. Jika prosesnya tidak berjalan dengan baik, bisa jadi ada yang salah dengan manajemen yang dilakukan. Karena itulah perlu dilakukan evaluasi agar peristiwa tersebut tidak terulang lagi.

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli :

Banyak ahli yang memberikan pendapatnya mengenai pengertian manajemen. Salah satunya adalah Lawrence A. Appley. Menurut pakar tersebut, manajemen didefinisikan sebagai proses unik yang mencakup ke-4 fungsi diatas yang dilakukan untuk mencapai tujuan yang telah direncanakan guna mendukung pemanfaatan sumber daya manusia. Tahapan inilah yang bisa mengantarkan Anda pada kesuksesan dalam pekerjaan.

Definisi manajemen berasal dari James A.F.Stoner yang lebih menitikberatkan manajemen pada Sumber Daya Manusia. Jadi semua fungsi yang telah disebutkan diatas bertujuan untuk mencapai tujuan final dengan mengorganisasi pekerja yang ada di dalamnya. Jadi peran karyawan sangat besar dalam upaya kesuksesan sebuah manajemen.

Berbeda halnya menurut Hilman. Dia mendefinisikan manajemen dalam suatu pengertian yang sangat sederhana. Dimana fungsi bidang ini sangat dipengaruhi oleh sumber daya manusia yang bertugas mencapai tujuan yang sudah ditentukan. Hilman juga menyebutkan bahwa SDM yang memiliki keterampilanlah yang sangat menentukan keberhasilan dalam mencapai hasil maksimal.

Dari beberapa pengertian manajemen yang sudah disebutkan diatas beserta dengan keempat fungsi utama, diharapkan Anda bisa mendapatkan sebuah cara agar bisa mengaplikasikan fungsi manajemen secara maksimal. Jika Anda bisa menggunakannya, maka dijamin semua pekerjaan yang sudah Anda rencanakan akan berjalan dengan lancar dan sesuai dengan tujuan yang diinginkan.