Konstitusi Adalah ? Pengertian dan Fungsi Konstitusi di Indonesia

  • 2 min read
  • Mei 27, 2019

Pengertian Konstitusi – Dalam penyelenggaraan suatu negara, ada yang disebut dengan konstitusi yang mengikat dan mengatur jalannya pemerintahan dari negara tersebut. Seperti di Indonesia misalnya yang menganut konstitusi berdasarkan UUSD 1945. Lalu apa sebenarnya konstitusi itu dan untuk apa konstitusi itu dibuat? Berikut adalah penjelasan tentang pengertian konstitusi dan fungsinya dalam suatu negara.

Pengertian Konstitusi Menurut Para Ahli

konstitusi adalah suatu kerangka masyarakat dalam bentuk politik atau negara yang diatur melalui hukum. Konstitusi adalah unsur paling penting dalam penyelenggaraan negara. Tanpa adanya konstitusi, negara tidak akan berjalan dengan baik karena kesewenang-wenangan yang dilakukan oleh pemerintah atau penguasanya.

Karena itulah adanya konstitusi untuk membatasi kesewenang-wenangan tersebut. Konstitusi ini juga akan membantu dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pelanggaran hukum dan hak asasi manusia. Dengan begitu peran konstitusi dalam suatu negara tidak bisa diabaikan.

Untuk mengenal apa itu konstitusi harus dimulai dari mengetahui pengertian dari konstitusi itu sendiri. Istilah konstitusi berasal dari bahasa Inggris dari kata constitution yang memiliki makna hukum dasar. Beberapa ahli juga mengemukakan pengertian konstitusi menurut pandangannya masing-masing. Beberapa pengertian konstitusi menurut para ahli misalnya yang dikemukakan oleh James Byce.

Tidak hanya mengetahui tentang pengertian konstitusi, Anda juga harus mengetahui tentang fungsi konstitusi dalam sebuah negara. Apa sih fungsi dari konstitusi itu? Di bawah ini adalah penjelasannya.

Fungsi Konstitusi di Indonesia

  1. Membatasi Kekuasaan Pemerintah

Fungsi pertama dari konstitusi adalah untuk membatasi kekuasaan pemerintah. Maksudnya adalah dengan adanya konstitusi ini adalah untuk membatasi kekuasaan dari pemerintah. Dengan adanya konstitusi, tindak kesewenang-wenangan yang dilakukan pemerintah bisa dihindari. Dengan begitu, hak-hak warga negara bisa tetap terjaga dan dilindungi.

  1. Sumber Hukum Tertinggi

Konstitusi berfungsi untuk membatasi kekuasaan pemerintah, ini artinya konstitusi memiliki peran yang lebih tinggi dari penguasa. Maka dari itu, konstitusi adalah sumber hukum tertinggi yang dianut oleh suatu negara. Di Indonesia, sumber hukum tertinggi yang digunakan sebagai dasar hukum adalah UUD 1945, maka konstitusi Indonesia adalah UUD 1945.

  1. Melindungi Hak Warga Negara

Sebagai sebuah hukum dasar yang memiliki peran tertinggi dalam penyelenggaraan suatu negara, konstitusi juga berfungsi untuk memelihara dan melindungi hak-hak warga negaranya. Fungsi ini masih berkaitan dengan fungsi pertama yang membatasi kekuasaan pemerintah sehingga tidak timbul kesewenang-wenangan.

Kesewenang-wenangan inilah yang akan merenggut hak-hak dari setiap warga negara. Oleh karena itulah hak-hak warga negara dijamin di dalam konstitusi.

  1. Pertanda Lahirnya Suatu Negara

Fungsi paling dasar dari konstitusi adalah sebagai tanda lahirnya sebuah negara. Hal ini jugalah yang terjadi saat pembentukan negara Indonesia. Merdeka di tahun 1945, Indonesia menandainya dengan digunakannya konstitusi UUD 1945 sebagai dasar hukum yang digunakan sekaligus menadai berdirinya negara Indonesia, meskipun sebelumnya Indonesia sudah pernah menggunakan beberapa macam konstitusi lainnya.

Negara dan konstitusi adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Konstitusi menggambarkan sistem ketatanegaraan di suatu negara secara keseluruhan berupa kumpulan peraturan yang dibuat untuk mengatur, memerintah atau membentuk negara. Peraturan-peraturan ini tertulis dan ada juga yang tidak tertulis.

Konstitusi juga memiliki fungsi dan peran penting dalam penyelenggaraan negara seperti yang sudah dijelaskan di atas. Fungsi konstitusi ini juga menjadi dasar Miriam Budiarjo dalam merumuskan pengertian konstitusi.

Dalam pendapatnya, konstitusi di dalamnya memuat tentang organisasi negara, prosedur penyelesaian masalah yang berkaitan dengan hukum, hak asasi manusia dan cara perubahan dari konstitusi tersebut. Sekian informasi mengenai pengertian konstitusi dan juga fungsinya. Semoga bermanfaat!