Konsolidasi Adalah? Pengertian Konsolidasi, Jenis dan Contohnya

  • 2 min read
  • Mei 26, 2019

Definisi Konsolidasi – Istilah konsolidasi sepertinya masih cukup asing di telinga mayoritas orang. Secara garis besar konsolidasi adalah dua usaha yang bergabung dengan sebuah tujuan yang sama. Konsolidasi berkaitan dengan usaha dan organisasi yang ingin cepat berkembang sehingga memilih menjalin kerjasama dengan tujuan awal yang hampir sama. Untuk kamu yang penasaran apa itu konsolidasi, berikut ini akan dijelaskan pengertian konsolidasi beserta dengan contohnya.

Pengertian Konsolidasi Menurut Para Ahli

Secara rinci arti konsolidasi merupakan penggabungan dua usaha atau lebih dengan membubarkan usaha yang lama kemudian membuat usaha baru, tentu saja dengan visi dan misi yang sama. Konsolidasi dibuat untuk mendapatkan kualitas kinerja, kualitas hasil, dan perkembangan usaha agar lebih maju dan berkembang.

Konsolidasi biasanya dilakukan karena organisasi atau perusahaan sebelumnya memiliki masalah sehingga menghambat perkembangan perusahaan. Masalahnya bisa terjadi karena kesehatan, modal, menejemen yang lemah, atau juga pemasaran yang tidak baik. Konsolidasi adalah solusi yang diharapkan bisa membantu permasalahan yang dihadapi sebuah perusahaan.

Contoh Macam Macam Konsolidasi

Sebenarnya konsolidasi memiliki pengertian yang berbeda tergantung dengan jenisnya, tapi intinya tetap sama. Untuk itu berikut ini adalah jenis – jenis konsolidasi yang harus kamu ketahui :

  1. Konsolidasi Tanah

Konsolidasi ini terjadi jika ada dua tanah atau lebih yang dimiliki oleh beberapa pihak tetapi ingin disatukan dengan tujuan tertentu. Konsolidasi tanah berkaitan dengan kepemilikan tanah yang akan ditertibkan, ditata, serta diatur kembali. Tujuan dari konsolidasi adalah untuk menata, menertibkan, atau mengatur kepemilikan tanah.

Biasanya dilakukan oleh pemerintah dengan warga jika ada pelebaran jalan atau pembangunan fasilitas umum. Menerapkan konsolidasi tidak bisa dilakukan dengan sembarang, tentu ada pengawasan serta menejemen yang harus sesuai dengan peraturan sehingga tidak ada yang dirugikan.

  1. Konsolidasi Sosial

Konsolidasi ini banyak ditemukan di kehidupan sehari-hari karena konsolidasi sosial kebanyakan untuk menyatukan hubungan dalam masyarakat. Contohnya adalah penyatuan organisasi sekolah atau karang taruna dari dua lingkungan yang berbeda. Tujuan melakukan konsolidasi adalah untuk memenuhi tujuan yang tidak bisa dilakukan jika berdiri sendiri serta menguatkan nilai solidaritas antar anggota.

  1. Konsolidasi Bisnis

Apa itu konsolidasi bisnis? Konsolidasi jenis ini mungkin yang paling banyak kita temui. Konsolidasi bisnis adalah penyatuan dua atau lebih perusahaan yang dilakukan oleh pihak baik di dalam maupun di luar perusahaan.

Dalam bidang bisnis arti konsolidasi tidak hanya penyatuan secara fisik saja, tapi semua hal yang berkaitan dengan perusahaan. Yang membedakan perusahaan konsolidasi dengan perusahaan biasa adalah adanya laporan keuangan konsolidasi.

Contoh Konsolidasi

Untuk lebih jelasnya ada beberapa contoh konsolidasi yang perlu kamu ketahui untuk bisa memahami maksudnya. Berikut ini beberapa contoh dari konsolidasi:

  1. Bank Mandiri yang merupakan perusahaan konsolidasi penyatuan dari beberapa bank lain diantaranya adalah bank bumi daya, bank dagang negara, bank ekspor impor Indonesia, dan bank pembangunan Indonesia. Laporan keuangan konsolidasi dari bank ini dipegang oleh bank mandiri sebagai induk perusahaan.
  2. Contoh konsolidasi selanjutnya adalah seperti ikatan mahasiswa daerah. Ikatan mahasiswa daerah adalah ikatan yang dibentuk oleh mahasiswa yang berasal dari sebuah daerah yang sama di kota perantauan yang sama. Misalnya adalah ikatan mahasiswa Pacitan yang sedang berkuliah di Malang.

Itulah  pengertian konsolidasi beserta contohnya yang harus kamu ketahui. Berdasarkan pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa konsolidasi adalah solusi untuk menyatukan dua atau beberapa pemikiran yang sama agar lebih berkembang.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *