Pengertian Komunikasi, Fungsi, Model dan Jenisnya

  • 2 min read
  • Mei 26, 2019

Pengertian Komunikasi – Dalam bersosialisasi dan bermasyarakat, tentunya sangat aneh jika Anda tidak saling berbicara atau berkomunikasi dengan orang lain. Komunikasi dilakukan untuk memberikan informasi kepada lawan bicara. Tanpa adanya aktivitas ini, maka sangat sulit untuk manusia saling mengenal satu sama lain dan hidup bersosialisasi. Bahkan jika kita hubungkan antara komunikasi dengan religi, semua agama pun mengatur tata cara berkomunikasi yang baik dan benar kepada sesama manusia. Untuk itu ada baiknya kita mempelajari tentang ilmu komunikasi. Lalu apa itu komunikasi ?

Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli :

Menurut T. Hani Handoko (1986) komunikasi adalah suatu proses pemindahan informasi atau pengertian berbentuk gagasan kepada orang lain dari seseorang. Perpindahan pengertian ini tidak hanya melibatkan kata-kata, tapi juga intonasi, ekspresi wajah, dan lain sebagainya agar proses pertukaran informasi tersebut berhasil.

Soewarno Handaya Ningrat (1980) juga memberikan pemahamannya bahwa pengertian komunikasi adalah hubungan atau interaksi yang dilakukan oleh sesama manusia agar bisa saling pengertian.

Sukanto Reksodiprojo (1986) juga mengemukakan pendapatnya bahwa komunikasi adalah suatu upaya yang dilakukan untuk bisa menginterprestasikan pendapat sesuai dengan yang dikehendaki kepada orang lain dan sebaliknya dengan harapan dapat memperoleh titik kesamaan untuk saling mengerti satu sama lain.

Tujuan Komunikasi :

Tujuan dari Komunikasi adalah agar bisa memahami keinginan orang lain, menjelaskan informasi atau pesan sejelas dan serinci mungkin, agar bisa dipahami dan diterima oleh orang lain serta menggerakkan orang lain agar mau melakukan sesuatu sesuai dengan keinginan. Agar lebih jelas, di bawah ini adalah fungsi komunikasi yang harus Anda ketahui.

Fungsi Komunikasi :

1. Sebagai Motivasi

Penjelasan yang dilakukan oleh para motivator dapat memberikan motivasi kepada pendengar atau lawan bicaranya. Misalnya saja teman Anda sedang sedih karena tidak berhasil masuk perguruan tinggi yang diinginkan. Dengan mengkomunikasikan bahwa teman Anda tersebut masih memiliki kesempatan di lain waktu, maka ia akan termotivasi untuk lebih bersemangat. Disinilah fungsi dari berkomunikasi.

2. Sebagai Kendali

Fungsi lainnya adalah untuk mengendalikan perilaku anggota atau orang lain. Dengan berkomunikasi, maka Anda bisa memberikan arahan kepada orang lain agar mengikuti keinginan atau harapan Anda.

3. Sebagai Informasi

Fungsi lainnya adalah sebagai cara untuk memberikan informasi pada kelompok atau individu. Hal ini tentunya dapat membantu orang lain untuk mengambil keputusan sesuai dengan informasi yang diperoleh.

Setelah memahami pengertian komunikasi, tujuan dan fungsinya, tentu saja Anda juga harus memahami jenis-jenisnya dengan baik. Jenis komunikasi jika dilihat dari penyampaiannya bisa dibedakan menjadi dua yakni tertulis dan lisan.

Jenis Komunikasi :

1. Tertulis

Komunikasi tertulis maksudnya adalah berkomunikasi melalui media surat. Tapi di zaman modern sekarang ini, peran surat sudah digantikan dengan media chat seperti BBM dan whatsaap. Tulisan dalam naskah, spanduk, koran, majalah, leaflet dan lain sebagainya juga termasuk dalam jenis komunikasi tertulis.

2. Lisan

Definisi komunikasi lisan adalah komunikasi verbal yang dilakukan baik secara langsung atau tidak langsung. Langsung misalnya saja saat wawancara, rapat, mengobrol dan lain sebagainya. Sedangkan tidak langsung contohnya adalah orang yang berkomunikasi via telepon.

Dalam kegiatan bisnis, komunikasi sangatlah dibutuhkan. Pengertian komunikasi bisnis tentu dikaitkan dengan aktivitas dalam berbisnis. Dimana Komunikasi ini melibatkan konsumen, produsen, dan distributor. Tanpa adanya pembicaraan terlebih dahulu, tentunya produsen dan distributor akan kesulitan mengetahui permintaan atau kebutuhan konsumen.

Dalam proses komunikasi, ada beberapa unsur yang harus dipenuhi yakni komunikator sebagai pemberi pesan atau informasi, pesan (informasi), komunikan sebagai penerima pesan dan media komunikasi. Setelah dilakukan pembicaraan, barulah ada umpan balik atau Feedback berupa respon dari penerima pesan kepada pemberi pesan. Kini, Anda sudah memahami pengertian komunikasi, fungsi komunikasi , model komunikasi dan jenis-jenis komunikasi bukan? Sekian ulasan kali ini, semoga dapat menambah pengetahuan Anda.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *