Pengertian Kewirausahaan/ Wirausaha Menurut Para Ahli dan Cirinya

  • 2 min read
  • Mei 26, 2019

Pengertian Kewirausahaan – Setiap orang tentunya memiliki peluang dan kesempatan yang sama dalam kegiatan wirausaha. Berwirausaha memang terlihat mudah, namun untuk membangun suatu usaha yang sukses dan berhasil, diperlukan beberapa metode yang tepat. Selain itu, terdapat ciri-ciri seorang wirausaha yang akan sukses dalam memimpin bisnisnya. Sebelum membahas ciri-ciri wirausaha yang membangun bisinis sukses, sangat penting untuk memahami materi kewirausahaan dengan baik terlebih dahulu.

Dengan demikian ketika akan terjun langsung untuk memulai suatu usaha, Anda sudah tidak kebingungan lagi dalam menyikapi berbagai masalah yang akan timbul selama menjalankan suatu usaha. Lalu apa itu kewirausahaan? Berikut penjelasan lengkapnya mengenai arti dan definisi kewirausahaan menurut pakar.

Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli

Kewirausaahaan adalah sikap mental yang memiliki kreativitas, aktif, bercipta daya untuk membuat sesuatu yang unik dan baru dan dapat bermanfaat bagi banyak orang. Orang yang selalu memiliki kemampuan dalam memanage suatu usaha kecil ataupun besar dengan baik, maka ia memiliki jiwa kewirausahaan yang tinggi.

Terdapat beberapa pengertian kewirausahaan menurut para ahli yang dapat dijadikan sebagai sumber acuan. Terdapat perbedaan antara istilah kewirausahaan dan wirausaha meskipun kedua istilah tersebut sebetulnya memiliki definisi yang hampir sama. Berikut penjelasan lengkapnya menurut pendapat para ahli.

Menurut Robbin & Coulter kewirausahaan adalah proses mencari peluang dan menciptakan sesuatu yang baru dan inovatif secara terencana dan terorganisisir. Usaha yang diciptakan memiliki tujuan untuk memenuhi kebutuhan banyak orang. Untuk itu pebisnis awal tidak akan memikirkan mengenai sumber daya terlebih dahulu, selama pada tahap awal ia bisa mengerjakannya sendiri.

Kewirausahaan juga dapat memiliki pengertian penerapan berbagai hal yang memiliki inovasi dan kreatifitas yang baru pada segala permasalahan yang sering dijumpai pada aktivitas sehari-hari. Seorang pengusaha akan memanfaatkan permasalahan tersebut untuk menciptakan peluang berbisnis dan mencoba memecahkan masalah yang ada. Demikian pendapat tersebut merupakan pengertian kewirausahaan dari Thomas W Zimmerer.

Sedangkan pengertian wirausaha adalah individu atau personal yang memiliki keinginan untuk mengelola dan mengatur urusan-urusan yang dapat menghasilkan berbagai keuntungan baik berupa finansial ataupun tidak. Definisi tersebut dikemukakan oleh Arif F. Hadipranata, yang juga menyampaikan bahwa seorang yang memiliki jiwa wirausaha, akan selalu memiliki keberanian dalam mengambil berbagai resiko yang mungkin muncul selama menjalankan bisnis.

Ciri Ciri Kewirausahaan

Beberapa ciri-ciri seorang wirausaha di antaranya adalah merupakan seorang yang percaya diri, selalu berorientasi pada tugas dan hasil, memiliki rasa keberanian dalam mengambil resiko, memiliki jiwa kepimimpinan yang baik, dan selalu berorientasi ke masa depan. Apabila seseorang memiliki semua ciri-ciri tersebut, maka ketika ia merintis sebuah usaha, ia akan dapat menjalankan dan mengolah usahanya dengan baik.

Bagi Anda yang merasa belum memiliki semua ciri-ciri tersebut namun ingin dapat berbisnis dengan baik, ada banyak berbagai seminar dan pelatihan entrepreneurship yang dapat dihadiri sebagai bekal Anda untuk menjalankan bisnis.

Ciri-ciri wirausaha tersebut sesuai dengan pendapat dari Kathleen yang juga menyebutkan bahwa wirausaha adalah seseorang yang dapat menjalankan dan mengatur suatu urusan dengan baik, serta berani mengambil semua resiko yang ada. Dengan demikian sudah jelas bahwa seorang wirausaha yang akan sukses adalah yang berani, percaya diri, selalu kreatif dalam mencari solusi dan jalan keluar dari permasalahan yang ada, serta tidak mudah putus asa.

Demikian beberapa pengertian kewirausahaan menurut pendapat para ahli yang dapat dijadikan sebagai sumber bacaan bagi Anda yang sedang akan menjalankan suatu usaha. Karena tanpa ilmu yang tepat, suatu usaha juga tidak dapat berjalan dengan baik.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *