Pengertian Internet dan Intranet Beserta Dampaknya

  • 2 min read
  • Mei 27, 2019

Pengertian Internet – Seperti yang kita ketahui bersama, Internet menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan di era teknologi saat ini. Beberapa dari Anda pastinya sudah tidak asing lagi dengan istilah ini. Namun banyak pula yang tidak mengetahui apa pengertian internet sebenarnya. Selain internet, ada juga intranet yang pastinya hanya diketahui oleh beberapa orang saja. Jika Anda penasaran, dalam ulasan ini akan dibahas mengenai pengertian internet dan perbedaan internet dan intranet tersebut.

Perbedaan Internet dan Intranet

  • Intranet tentunya masih sangat awam di telinga Anda. Namun bagi beberapa orang yang bekerja di perusahaan cukup besar, fungsi jaringan ini sangatlah penting. Jika internet adalah sebuah jaringan yang menghubungkan semua jaringan komputer di seluruh dunia. Maka pengertian dari intranet adalah bentuk khusus dari internet.
  • Dalam hal ini hanya pihak tertentu saja yang bisa mengaksesnya tentunya diperlukan kode khusus untuk pengamanan.
  • Perbedaan lainnya terletak pada fungsinya. Jika dilihat dari pengertian internet dan intranet yang disebutkan tadi, maka bisa disimpulkan bahwa fungsi internet adalah sebagai media komunikasi antar semua orang di seluruh dunia.
  • Sementara intranet hanya khusus untuk beberapa orang dalam kelompok saja. Ini dimaksudkan agar rahasia internal bisa disimpan secara aman.

Setelah Anda mengetahui perbedaan, fungsi dan pengertian internet menurut para ahli serta intranet, kini saatnya Anda mengetahui dampak positif dan negatif dari kedua jaringan tersebut. Sebagian dari Anda hanya mengetahui keuntungan saja, sedangkan kekurangannya malah Anda abaikan. Padahal ini sangatlah penting bagi keberlangsungan generasi penerus kita.

Dampak Positif dan Negatif Internet

Salah satu dampak positif internet adalah sebagai media untuk mendapatkan informasi dari segala bidang. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan jaringan internet sebagai alat komunikasi bisnis terutama dalam bidang perdagangan. Anda tentu sudah merasakannya, dimana banyak pihak yang memanfaatkan jaringan tersebut untuk media promosi gratis.

Dengan memahami pengertian internet dan intranet, maka Anda bisa menyimpulkan bahwa jaringan intranet memiliki fungsi untuk mempercepat komunikasi antar anggota yang mana bisa dilakukan secara cepat, mudah, dan aman. Produktivitas kinerja karyawan pun bakalan semakin meningkat karena info disebarkan dengan benar. Dengan begitu maka pekerja bisa mengetahui tugas yang diberikan secara pasti. Inilah yang disebut dengan pengertian internet of things.

Sayangnya banyak dampak negatif yang diberikan oleh kedua jaringan tersebut. Jika merunut pada pengertian jaringan internet, bisa dikatakan bahwa jaringan ini memberi kebebasan bagi Anda untuk mendapatkan info sebanyak-banyaknya tanpa menggunakan filter. Konten yang seharusnya hanya bisa diakses oleh golongan tertentu justru bisa tersebar dengan bebas. Banyak pula yang menggunakan jaringan ini untuk menyebarkan info hoax yang mengakibatkan banyak kerugian.

Intranet pun memiliki dampak negatif bagi penggunanya. Salah satu yang sering terjadi adalah penumpukan data yang bisa mengakibatkan jumlah memori komputer berkurang. Info yang harusnya diperuntukkan untuk karyawan bidang tertentu saja, malah tersebar ke semua pekerja. Ini juga bisa berakibat terjadinya miss komunikasi yang berdampak pada campur aduknya tugas. Tentunya dibutuhkan kebijakan dari perusahaan agar bisa membentuk jaringan intranet lagi yang lebih khusus.

Setelah Anda mengetahui pengertian internet adalah dan intranet adalah, perbedaan, fungsi, dampak positif serta negatif kedua jaringan tersebut, diharapkan bisa memberikan sedikit info mengenai dunia teknologi saat ini. Tidak perlu takut dengan dampak negatif yang ditimbulkan karena sekarang sudah ada UU yang bisa mengatasinya.

Pergunakan jaringan intranet dan internet dengan bijak sesuai dengan keperluan Anda agar tidak menimbulkan kerugian bagi pihak lain. Sekian informasi mengenai pengertian Internet dan intranet beserta dampak negatif positifnya, semoga bermanfaat!

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *