Pengertian Informasi Beserta Contoh Siklus Informasi

  • 2 min read
  • Jun 27, 2019

Pengertian Informasi – Semakin canggihnya teknologi menjadikan kehidupan lebih mudah. Jika digunakan dengan bijak maka bisa sangat bermanfaat untuk berbagai bidang, tak terkecuali untuk mendapatkan informasi dari beberapa sumber. Banyak yang menyatakan bahwa istilah ini hampir sama dengan pengetahuan yang didapatkan melalui proses. Namun, adapula yang berpendapat merupakan sekumpulan data. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai definisi pastinya, akan dijelaskan lebih lanjut dibawah ini.

Pengertian Informasi Menurut Para Ahli :

  • Secara umum, definisi informasi adalah sebuah kabar, ide, dan konsep. Namun jika Anda perhatikan lebih teliti, istilah ini sangat dekat dengan dunia teknologi. Kemajuan teknologilah yang mempercepat penyebaran. Adapula yang mengatakannya sebagai pengetahuan akan hasil belajar. Beberapa ahli memiliki pendapatnya masing-masing yang bisa Anda jadikan bahan pertimbangan.
  • Azhar Susanto memberikan pengertian informasi sebagai hasil pengolahan data. Dalam bukunya, dia menyebutkan bahwa proses tersebut akan memberikan hasil yang sangat bermanfaat bagi beberapa bidang terutama akuntansi. Keuangan menjadi salah satu bidang yang dia geluti dan dia menerapkan proses tersebut agar dihasilkan output data yang dinginkan. Proses menjadi tahapan penting dalam bidang ekonomi akuntansi.
  • Pengertian informasi menurut para ahli salah satunya dikemukakan oleh George H. Bodnar. Menurutnya informasi adalah data yang berhasilkan akan diolah sehingga dihasilkan sebuah tujuan yang dinginkan. Data yang didapatkan harus akurat agar hasilnya sesuai. Karena itulah proses pengumpulannya tidak bisa disepelekan. Karena jika hanya mengejar kuantitas saja, maka kualitas yang dihasilkan bisa jadi malah kurang. Jika input tidak memiliki mutu yang bagus, maka output pun tidak bisa akurat hasilnya.
  • Tata Sutabri memiliki pendapat yang sama. Hanya saja informasi yang didapatkan diklasifikasikan terlebih dahulu yang akan digunakan untuk mengambil sebuah keputusan. Jadi tindakan yang akan diambil sangat bergantung pada data yang sudah dianalisa tersebut. Sehingga akan memudahkan Anda dalam mengambil sebuah rencana yang akan memberikan manfaat bagi bidang kehidupan. Lagi-lagi proses analisa harus diperhatikan dengan benar agar tidak salah mengambil tindakan.

Beberapa ahli juga mendefinisikan informasi sebagai hasil pengolahan data. Jadi jelas terdapat 2 definisi berbeda pada dua istilah ini. Perbedaan data dan informasi terletak pada tahapannya. Dimana data diperoleh terlebih dahulu. Semakin banyak yang didapatkan maka output yang didapatkan pun akan bertambah jumlahnya. Klasifikasi diperlukan bergantung pada hasil yang diinginkan. Namun, ada yang beranggapan bahwa tahapan ini sangat penting untuk keakuratan data.

Contoh Siklus Informasi

Siklus informasi yang singkat adalah dari data yang dikumpulkan akan diproses yang hasilnya berupa ouput yang mempengaruhi keputusan tindakan yang akan dilakukan. Atau bisa juga melalui siklus data yang diproses menghasilkan input data yang akan digunakan untuk menghasilkan sebuah tindakan. Jadi jelaslah untuk bisa mendapatkan hasil yang bagus, maka sumbernya harus tepercaya.

Kesimpulan dari pengertian informasi menurut para ahli memberikan hasil bahwa pengetahuan yang didapatkan oleh Anda selaku penerima melalui sebuah proses yang cukup penting. Apalagi di zaman teknologi saat ini, penting bagi Anda mengetahui bahwa informasi adalah hal yang bisa dimanfaatkan atau sebaliknya akan bisa memberikan kerugian jika terbukti tidak benar keakuratannya. Pintar-pintarlah dalam menyaring berita dari beberapa sumber.

Memahami pengertian informasi menurut beberapa ahli dan juga siklus informasi, jelaslah bahwa Anda harus berhati-hati dalam mempercayai berita dari luar. Meskipun lebih banyak manfaatnya, namun jika Anda tidak menggunakan dengan bijak, malah justru akan mendatangkan banyak kerugian. Itulah pentingnya anda mengetahui arti informasi adalah apa yang anda terima yang sifatnya belum berupa fakta.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *