Implementasi Adalah ? 10 Pengertian Implementasi Menurut Para Ahli

  • 2 min read
  • Mei 31, 2019

Pengertian Implementasi – Tentunya kata ini sering kali terdengar di telinga Anda. Terlebih bagi Anda yang pernah mengambil kuliah tentang metode penelitian, maka sudah sempat menyinggung kata tersebut. Dalam metode penelitian, istilah ini merupakan salah satu aspek yang lumrah ditemukan pada penelitian jenjang pendidikan Strata-II (S2). Setiap Mahasiswa S2 akan diberikan tanggung jawab untuk menyelesaikan sebuah tugas akhir berupa Tesis. Di dalam tugas akhir ini istilah tadi sering digunakan. Akan tetapi istilah satu ini juga sering dipakai oleh banyak pihak. Lalu apa itu Implementasi ? untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa pengertiannya menurut para ahli.

Definisi Implementasi Menurut Para Ahli

Secara gamblang, Implementasi adalah penerapan dari sebuah hasil penelitian. Penerapan ini sering ditemukan pada tugas akhir Mahasiswa Strata-II. Hasil dari penelitian dari setiap Mahasiswa S2 harus memiliki aspek penerapan jelas bagi kehidupan sosialnya. Namun tentu saja, penerapan ini tidak hanya terbatas pada kehidupan Mahasiswa saja, namun juga dapat berlaku secara umum. Terkait dengan hal ini, Usman (2002) menjelaskan bahwa sebuah penerapan harus dilakukan secara terencana. Dengan kata lain dalam pengaplikasiannya, penerapan bukan sekadar bentuk kegiatan semata, namun harus memiliki tujuan yang jelas.

Di samping Usman, Winarno juga menuturkan tentang Implementasi atau penerapan. Winarno beranggapan bahwa penerapan sebagai tindakan yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan yang sebelumnya telah ditetapkan. Kemudian Harsono (2006) menjelaskan pula bahwa maksud dari penerapan ini adalah sebuah kebijakan yang harus bertransformasi menjadi tindakan dalam pelaksanaannya. Kebijakan tersebut harus dilakukan agar dapat menyempurnakan suatu program yang telah ditetapkan.

Selanjutnya, Sabatier dan Mazmanian bahwa aspek penerapan yang dimaksud merupakan pelaksanaan dari sebuah kebijakan. Pelaksanaan tersebut dapat berupa perintah atau pun sebuah keputusan. Kemudian pada pendapat lain mereka juga mengatakan bahwa Implementasi adalah sebuah fenomena yang terjadi setelah adanya kebijakan yang telah ditetapkan sebelumnya. Degan kata lain, kebijakan harus terlebih dahulu ditetapkan, baru kemudian timbulnya penerapan.

Senada dengan pendapat di atas, Prof. Tachjan (2006) juga mengatakan bahwa sebuah penerapan merupakan kegiatan yang dilakukan setelah adanya kebijakan. Abdul Wahab (1997) menegaskan pula bahwa kegiatan tersebut dapat saja dilakukan oleh pemerintah, perorangan, secara kelompok, maupun pihak-pihak lainnya. Ada pun tujuan dari penerapan tersebut ialah untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.

Kemudian arti Iplementasi juga coba disampaikan oleh Friedrich. Beliau menjelaskan bahwa Implementasi adalah suatu tindakan yang dilakukan untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu. Biasanya tujuan-tujuan tersebut dapat diusulkan secara individu, kelompok, maupun oleh pemerintah terkait suatu persoalan. Sama dengan pendapat Friedich, V. Meter dan V. Horn juga mengatakan bahwa tindakannya yang dilakukan tersebut memiliki tujuan yang sesuai dengan suatu kebijakan atau keputusan.

Berdasarkan beberapa pendapat di atas, maka dapat disimpulkan bahwa Pengertian Implementasi adalah sebuah tindakan yang dilakukan oleh seseorang atau pun sekelompok orang berdasarkan atas kebijakan yang telah ditetapkan sebelumnya. Tindakan tersebut juga dilakukan atas dasar perencanaan yang jelas, serta memiliki tujuan yang jelas pula. Sebagai contoh, sebuah kebijakan untuk melakukan Ujian Nasional menggunakan Komputer yang tela dicetuskan oleh Pemerintah.

Tentunya kebijakan ini harus dilakukan oleh setiap sekolah yang tujuannya untuk meminimalisir kecurangan pada saat ujian berlangsung.Demikianlah beberapa informasi terkait pendapat ahli tentang Implementasi ini. Semoga informasi tadi dapat memperluas khazanah pengetahuan Anda. Dan jangan lupa juga untuk membaca ulasan mengenai pengertian manajemen.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *