Pengertian Hukum ,Tujuan Hukum di Indonesia dan Unsurnya

  • 2 min read
  • Mei 29, 2019

Pengertian Hukum – Setiap negara tentunya akan memiliki hukum yang berlaku untuk mengatur warga negaranya, termasuk di Indonesia. Pengertian hukum secara umum adalah sistem atau aturan yang dibuat oleh manusia untuk mengatur atau mengontrol semua tingkah lakunya di dalam negara yang ditempatinya. Yang berhak menaati hukum adalah semua warga negaranya, sedangkan yang dapat menjalankan hukum yang berlaku diserahkan pada pihak-pihak yang berwenang.

Hukum yang ada pada setiap negara yang ada di dunia tentunya akan berbeda-beda. Setiap negara berhak menentukan hukum yang berlaku sesuai dengan kesepakatan warga negaranya. Menurut Plato hukum adalah peraturan yang tersusun dengan baik dan bersifat mengikat untuk mengatur masyarakat. Sedangkan menurut Aristoteles, pengertian hukum yaitu tidak hanya kumpulan aturan yang dapat mengikat dan berlaku pada masyarakat saja, tapi juga berlaku pada hakim.

Hal tersebut berarti bahwa hukum tidak diperuntukan dan ditaati oleh masyarakat saja, tapi juga wajib dipatuhi oleh pejabat negara seperti presiden, menteri, dan lain sebagainya. Dengan demikian hukum dapat dikatakan adil.

Hukum adalah peraturan-peraturan hidup yang diciptakan oleh manusia untuk menentukan tingkah laku manusia. Aturan ini bersifat memaksa dan semua masyarakat dalam suatu warga negara harus mematuhinya. Bila ada yang ketahuan melanggar, maka akan diberikan sangsi berupa hukuman. Definisi hukum tersebut berasal dari pendapat ahli yang dikemukakan oleh Soerojo Wignjodiporeo.

Sedangkan menurut Immanuel Kant, pengertian hukum yaitu keseluruhan aturan yang dapat menjaga kehendak bebas dari orang lain. Dengan demikian setiap orang harus menghargai hak dan kebebasan orang lainnya selama hal tersebut tidak merugikan.

Hukum di Indonesia terbagi menjadi dua jenis, yaitu hukum pidana dan hukum perdata. Kedua jenis hukum tersebut memiliki pengertian dan fungsi yang berbeda-beda. Pengertian hukum pidana adalah aturan yang mengatur kepentingan masyarakat dengan negara. Dimana masyarakat akan dihukum apabila melakukan berbagai tindakan yang dapat merugikan dan membahayakan negara.

Sedangkan pengertian hukum perdata adalah aturan yang mengatur hubungan antar individu dengan individu lainnya. Hukum ini tidak melibatkan negara. Hanya orang yang merugikan orang lainnya saja yang dihukum. Setiap warga negara berhak mengajukan hukum perdata pada pihak yang berwajib bila merasa dirinya merasa dirugikan atas tindakan orang lain.

Setiap hukum yang berlaku tentunya memiliki tujuan. Tujuan hukum adalah untuk memiliki sifat yang universal dalam tatanan lingkungan kehidupan masyarakat, yaitu menciptakan ketertiban, kedamaian, ketentraman, kebahagiaan, serta kesejahteraan. Selain itu, dengan hukum setiap permasalahan dapat diselesaikan dengan adil melalui pengadilan dengan menjalankan ketentuan hukum yang berlaku.

Dengan demikian hukum dapat mencegah masyarakat untuk berperilaku secara sewenang-wenang terhadap masyarakat lainnya.
Selain tujuan, terdapat pula unsur-unsur hukum. Hukum yang berlaku dalam suatu negara haruslah memiliki unsur-unsur yang berlaku agar legalitasnya dapat diakui oleh semua warga negara. Unsur-unsur yang harus terdapat dalam sebuah hukum di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Peraturan-peraturannya mengenai tingkah laku dalam pergaulan
  • Peraturan yang berlaku bersifat memaksa
  • Peraturan diadakan oleh lembaga-lembaga dan badan-badan resmi suatu negara
  • Sanksi terhadap pelanggaran harus tegas

Sebuah hukum dapat dikatakan baik bila sudah memenuhi semua kriteria-kriteria tersebut. Apabila hukum negara sudah memenuhi unsur-unsur dan tujuannya, maka dapat dikatakan sebagai hukum yang adil. Demikian beberapa pengertian hukum menurut para ahli beserta unsur dan tujuannya. Semoga bermanfaat!

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *