Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli, Dampak, dan Pengaruhnya

  • 2 min read
  • Mei 26, 2019

Pengertian Globalisasi – Kata Globalisasi mungkin sudah tidak asing di telinga kita, tentunya istilah satu ini sudah begitu akrab di telinga Anda. Sebab saat ini Anda telah berada di dalamnya, begitu pula dengan orang-orang yang ada di sekitar Anda. Secara harfiah globalisasi adalah zaman yang membentuk sebuah sistem dengan melibatkan masyarakat dari seluruh penjuru dunia.

Sehingga sistem memungkinkan terjadi pola interaksi dari masyarakat sebuah negara dengan masyarakat dari negara-negara lain. Agar dapat lebih memahami dengan jelas terkait zaman global ini, berikut beberapa informasi berharga mengenai beberapa pengertian globalisasi menurut para ahli yang dapat Anda pelajari.

Secara etimologi, Globalisasi berasal dari bahasa inggris yaitu global yang berarti universal dan liztion yang berarti proses. Sehingga arti globalisasi adalah sebuah proses yang terjadi secara universal (global). Proses tersebut terjadi dengan tidak adanya batasan-batasan negara atau dengan kata lain proses tersebut terjadi secara mendunia. Sementara itu beberapa ahli juga menuturkan pendapatnya terkait proses mendunia ini.

Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli

  • Menurut Friedman, pengertian globalisasi adalah sebuah dimensi yang secara teknologi dapat menyatukan masyarakat dari segala penjuru dunia. Kemudian secara ideologi, dimensi ini dapat memicu timbulnya istilah “pasar bebas”. Contoh globalisasi yang mengakibatkan pasar bebas ini adalah jual-beli barang secara online oleh masyarakat dari berbagai negara di dunia.
  • Kemudian L. Nyeman menjelaskan bahwa pengertian globalisasi adalah sebuah proses pertumbuhan yang berlangsung dengan cepat. Proses ini terjadi akibat adanya hubungan dan ketergantungan dari negara-negara yang ada di dunia, terutama dalam hal keuangan maupun perdagangan. Lalu Scholte menambahkan bawah di samping ketergantungan tersebut, setiap negara akan berusaha mempertahankan identitasnya dalam mengikuti proses yang terjadi.

Berdasarkan beberapa pendapat di atas, dapat disimpulkan bahwa pengertian globalisasi menurut para ahli adalah sebuah dimensi yang berlangsung dengan cepat dan melibatkan seluruh negara-negara di dunia. Dimensi tersebut memungkinkan terjadinya interaksi tanpa batas. Selain itu, pada interaksi yang terjadi setiap negara akan tetap mempertahankan identitasnya masing-masing.

Dimensi sebagai mana dimaksudkan di atas telah menimbulkan beberapa pengaruh bagi negara-negara yang terlibat di dalamnya. Pengaruh tersebut ada yang terjadi dalam aspek politik, ekonomi, budaya, sosial, dan juga aspek ekologi. Misalnya dalam aspek ekonomi, pengaruh globalisasi telah menimbulkan terjadinya pasar bebas. Pasar bebas yang dimaksud adalah sebuah keadaan perdagangan barang dari suatu negara ke negara lain dapat dilakukan secara “bebas”.

Dampak Positif dan Negatif Globalisasi

Di samping itu, globalisasi memiliki dampak tersendiri bagi kehidupan manusia. Dampak globalisasi tersebut adanya bersifat positif dan ada pula yang negatif. Positifnya, masyarakat dapat berkomunikasi secara “bebas” dengan warga negara lain. Misalnya menghubungi anggota keluarga yang tinggal di negara tetangga melalui telepon. Selain itu, masyarakat juga dapat menikmati berbagai macam produk dari negara-negara lain.

Kemudian dampak negatif globalisasi adalah Anda dapat terpengaruh oleh budaya-budaya luar yang belum tentu baik bagi kehidupan Anda sendiri. Hal ini bisa saja terjadi lantaran pada fase global ini Anda dapat dengan mudah mengakses dan mempelajari budaya-budaya masyarakat luar negeri. Oleh sebab itu, perlu upaya pemilahan (filter) terhadap budaya-budaya yang ingin Anda pelajari tersebut. Sehingga Anda dapat tetap merasakan dampak positif globalisasi bagi kehidupan Anda.

Itulah tadi beberapa dampak positif dan negatif globalisasi yang dapat kita ketahui. Mudah-mudah fase (zaman) global ini dapat memberikan dampak positif bagi Anda. Demikianlah informasi seputar pengertian globalisasi, pengaruh, serta dampaknya. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat dalam menambah wawasan keilmuan Anda.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *