Pengertian Evaluasi Pembelajaran, Kinerja, dan Pendidikan

  • 2 min read
  • Mei 26, 2019

Pengertian Evaluasi – Dalam kegiatan belajar mengajar, interaksi yang berlangsung antara siswa dan guru adalah hal yang penting. Untuk menilai apakah interaksi tersebut membuat siswa aktif dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar adalah dengan melakukan evaluasi pembelajaran. Pengertian evaluasi kinerja banyak dikemukakan oleh para ahli. Hal ini tentu saja karena belajar adalah kegiatan yang sangat penting untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Dalam hal ini, guru memiliki tugas untuk melakukan penilaian atau proses evaluasi pendidikan terkait dengan pencapaian siswanya dalam belajar.

Pengertian Evaluasi Pembelajaran :

Evaluasi sendiri sebenarnya diambil dari bahasa Inggris yang yakni Evaluation. Pada dasarnya, pengertian evaluasi adalah suatu kegiatan untuk memberikan nilai atau pertimbangkan sesuai dengan kriteria yang ada untuk mendapatkan hasil evaluasi yang objektif dan meyakinkan. Kriteria yang digunakan bisa diperoleh dari informasi kualitatif dan kuantitatif. Dalam kegiatan pengajaran, evaluasi pembelajaran dijelaskan oleh banyak ahli di bidangnya.

Salah satunya adalah Suchman yang berpendapat bahwa evaluasi dalam kegiatan pembelajaran merupakan suatu proses dalam menentukan hasil dari kegiatan belajar yang sudah dicapai dengan beberapa kegiatan yang sudah direncanakan sebelumnya demi mendukung tercapainya tujuan dari proses belajar. Sementara itu, Stufflebeam (1971) menjelaskan bahwa pengertian evaluasi pembelajaran adalah suatu proses untuk memperoleh, menggambarkan sekaligus menyajikan informasi penting yang bermanfaat untuk menilai keputusan dalam proses pembelajaran di semester atau kegiatan belajar selanjutnya.

Evaluasi pembelajaran menurut Bloom (1971) adalah proses pengumpulan data real secara sistematis. Dimana data ini akan digunakan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan atau tingkat perubahan peserta didik.

Pengertian tentang evaluasi dalam kegiatan pembelajaran juga dijelaskan oleh Oemar Hamalik. Dalam hal ini, ia menjelaskan bahwa evaluasi merupakan proses berkelanjutan yang berhubungan dengan kegiatan penafsiran dan pengumpulan penafsiran informasi yang dipakai untuk menilai keputusan-keputusan dan kebijakan penting yang dibuat untuk merancang suatu kompetensi atau system pengajaran. Pengertian evaluasi menurut para ahli terkait dengan evaluasi pembelajaran tentunya sudah sangat jelas.

Dimana evaluasi adalah proses penilaian yang dilakukan secara terus-menerus. Tidak hanya di akhir pengajaran saja. Karena saat memulai kegiatan pembelajaran pun, seorang guru harus mengevaluasi pelaksanaan pembelajaran yang akan diterapkan pada siswa. Proses evaluasi kinerja pada intinya digunakan untuk memperbaiki pengajaran. Lantas, apa yang dimaksud dengan pengertian evaluasi pendidikan?

Pengertian Evaluasi Pendidikan :

Evaluasi pendidikan dijelaskan secara rinci oleh Abdul Basir. Ia menyebutkan bahwa evaluasi merupakan proses pengumpulan data informasi yang sifatnya deskriptif, prediktif, informatif dan dilaksanakan secara bertahap dan sistematik agar bisa digunakan untuk menentukan kebijaksanaan dalam upaya memperbaiki kualitas pendidikan.

Lehman dan Mehrens juga menjelaskan tentang evaluasi pendidikan. Dimana mereka berpendapat bahwa evaluasi merupakan suatu proses untuk memperoleh, merencanakan, serta menyediakan data informasi yang dibutuhkan untuk menghasilkan alternatif-alternatif keputusan.

Sementara Norman E. Gronlund (1976) berpendapat bahwa evaluasi merupakan proses yang dilakukan secara sistematis untuk membuat atau menentukan keputusan terkait dengan sejauh mana para siswa berhasil mencapai tujuan-tujuan pengajaran.

Purwanto (2002) juga mengemukakan pendapatnya tentang evaluasi dalam pendidikan. Ia menyatakan bahwa pengertian evaluasi adalah penilaian yang dilakukan terhadap kualitas tertentu dalam dunia pendidikan. Evaluasi sangat berkaitan erat dengan keputusan dan kebijakan yang diberikan pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Hal tersebutlah yang membuat pemerintah semakin gencar memberikan pelatihan kepada para pendidik tanah air untuk bisa melakukan evaluasi kinerja terhadap pendidikan dan proses pengajaran yang selama ini berlangsung. Sekian informasi mengenai pengertian evaluasi pembelajaran dan evaluasi pendidikan menurut para ahli, semoga ulasan kali ini bermanfaat.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *