Pengertian Etika (Profesi dan Bisnis) Menurut Para Ahli

  • 2 min read
  • Mei 26, 2019

Pengertian Etika – Tata cara dalam bertindak dan bertingkah laku memang sangat mempengaruhi cara seseorang untuk bersosialisasi. Dalam kehidupan bermasyarakat, bertindak sesuai dengan norma dan auran yang berlaku adalah hal yang harus dilakukan. Sebab hal ini berkaitan dengan Etika manusia. Dari segi etimologi, kode etik diambil dari kata “Ethos” yang merupakan bahasa Yunani. Artinya adalah watak, sikap, kesusilaan, cara berpikir, kebiasaan dan akhlak. Agar lebih jelas, di bawah ini akan diulas tentang pengertian etika menurut para ahli.

Pengertian Etika Profesi dan Bisnis Menurut Para Ahli

Menurut Drs. O.P. Simorangkir, definisi etika adalah suatu pandangan manusia saat melihat buruk dan juga baiknya perilaku manusia lainnya. Sementara Soergarda Poerbakawatja berpendapat bahwa etik adalah filsafat yang pada hakikatnya berubungan dengan nilai-nilai, kesusilaan dan buruk baiknya suatu tindakan. James J. Spillane SJ juga memberikan pandangannya tentang Etika yakni tingkah laku yang akan ditunjukkan oleh manusia ketika akan mengambil keputusan.

Dalam hal ini, akal budi atau pikiran manusia sangat berperan dalam menentukan salah atau benarnya tingkah laku individu ataupun kelompok pada orang lain. A. Mustafa menjelaskan bahwa etik bisa dijadikan sebagai sebuah ilmu yang lebih fokus untuk menyelidiki perilaku baik buruknya manusia. Caranya adalah dengan memperhatikan hal apa saja yang telah diperbuat oleh manusia yang diketahui oleh pikiran.

Dalam dunia keprofesian, tentunya Anda sering mendengar istilah kode etik. Hal ini pun sudah banyak dijelaskan oleh para ahli di dunia. Salah satunya adalah Kaiser (1994) yang berpendapat bahwa pengertian etika profesi adalah suatu sikap dan bentuk keadilan dengan memberikan pelayanan yang berkualitas, tepercaya dan profesional kepada siapapun yang menggunakannya.

Kode etik profesional seringkali digunakan oleh para dokter, pengacara, reporter, dan profesi lainnya agar mereka bisa menyelesaikan pekerjaan atau tugasnya dengan maksimal dan sesuai dengan norma yang berlaku di tengah masyarakat. Misalnya saja kode etik dokter yang mengharuskan dokter di seluruh dunia untuk selalu mengutamakan keselamatan pasien. Atau kode etik pers yang digunakan oleh reporter untuk selalu melindungi identitas narasumber.

Anang Usman S.H.,M.Si turut memberikan pendapatnya tentang pengertian etika profesi. Dimana ia berpendapat bahwa kode etik dalam lingkup keprofesian adalah sikap yang harus diberikan utuk memenuhi pelayanan yang profesional sesuai dengan aturan yang berlaku. Pada dasarnya, etika adalah kode etis yang diterapkan oleh individu saat mengemban profesi tertentu. Hukum untuk seseorang yang melanggar kode etisnya sebagai profesional sangatlah berat. Tak hanya itu, sanksi sosial juga harus siap diterima apabila ada seseorang yang melanggar kode etis.

Etis juga seringkali dipergunakan dalam kegiatan bisnis. Pengertian etika bisnis menurut Velasques adalah studi yang secara khusus berkaitan dengan moral manusia dalam melakukan sesuatu, baik salah ataupun benar. Konsentrasi dari studi ini adalah standar moral manusia untuk mengambil kebijakan, keputusan dan berperilaku dalam berbisnis. Pengertian etika juga dijelaskan oleh Bertens (2000) yaitu standar minimal dalam ketentuan hukum terkait dengan kegiatan bisnis.

Ketentuan ini biasanya tidak diatur secara tegas dalam hukum, sehingga etis adalah batasan seorang pebisnis dalam berperilaku dan menerapkan kebijakan bisnisnya sesuai dengan nilai dan moral yang berlaku. Pengertian etika menurut Sumarni (1998) adalah penilaian masyarakat terhadap perilaku dan kegiatan bisnis. Penilaian ini mengacu pada kejujuran dan kebenaran dalam berusaha.

Dari uraian di atas, kini Anda sudah memahami maksud dari Etika bisnis dan etika profesi bukan? Sekian ulasan kali ini, semoga dapat bermanfaat untuk Anda khususnya yang sedang membutuhkan materi belajar tentang penjelasan pengertian etika menurut para ahli beserta contohnya.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *