Pengertian dan Contoh Ekuitas di Perusahaan

  • 2 min read
  • Jul 07, 2019

Apa itu ekuitas? Ekuitas adalah perkiraan yang mewakili kepentingan harta pemilik perusahaan, dalam hal ini jumlah harta perusahaan harus disesuaikan dengan dasar akuntasi. Dimana kolom kiri berisi harta, kemudian sisi kanan berisi hutang dan equity. Secara umum ekuitas adalah jumlah besarnya hak residual ataupun kepentingan pemilik terhadap asetnya setelah melalui pengurangan pada kewajiban dalam neraca.

Jika disederhanakan, pengertian ekuitas adalah kekayaan bersih dari kegiatan perusahaan beserta investasi yang dimiliki pemiliknya. Berikut akan kami paparkan macam-macam ekuitas, komponen dan laporan perubahan ekuitas.

Macam Macam Ekuitas

Ekuitas adalah modal bersih pemilik perusahaan, dalam hal ini macam-macam ekuitas terbagi menjadi beberapa jenis. Kemudian pada perusahaan perseroan, ekuitas dintunjukkan oleh rekening modal. Merujuk pada pengertian ekuitas sendiri maka jenis yang dapat ditemui adalah seperti di bawah ini.

  • Modal disetor

Modal ini merupakan jumlah uang yang disetorkan oleh pemegang saham. Modal ini dibagi menjadi dua, yaitu modal saham yang memiliki nominal besar, Disagio serta Agio.

Disagio adalah contoh ekuitas dengan selisih di bawah nominal, antara setoran pemegang saham dan jumlah nominal saham. Sedangkan Agio kebalikannya yaitu, selisih antara setoran pemegang saham dan jumlah saham ada di atas nominal. Disagio umumnya akan diuangkan sedangkan agio akan ditambahkan pada modal saham yang beredar.

  • Modal sumbangan

Seperti namanya pengertian ekuitas ini adalah modal pemilik perusahaan yang diperoleh dari sumber aktiva sumbangan. Contoh ekuitas ini bisa berupa hibah ataupun adanya penggalangan dana untuk membiayai perusahaan.

  • Modal lain-lain

Macam-macam ekuitas selanjutnya datang dari obligasi, modal cadangan pelunasan dll. Pada jumlah laba yang sudah dicadangkan tidak akan bisa diambil kembali sebagai deviden.

  • Laba tidak dibagi

Untuk jenis ini ekuitas adalah laba perusahaan dari tahun-tahun sebelumnya yang kemudian dibagi sebagai deviden. Sehingga jika modal laba ini diminta sebagai deviden maka modal ini tidak dapat dibagi.

Komponen Ekuitas

Dilihat dari sumbernya, komponen ekuitas pemegang saham tersusun atas dua komponen dasar yaitu laba ditahan dan modal setoran. Kemudian modal setoran ini terbagi menjadi modal yuridis, modal setoran tambahan serta komponen lain yang mencerminkan transaksi pemiliknya.

  • Modal Yuridis

Komponen ekuitas ada karena terdapat aturan hukum yang mengharuskan sejumlah uang agar dipertahankan, hal ini dimaksudkan sebagai bentuk perlindungan terhadap pihak lain. Aturan hukum mengharuskan saham untuk mempunyai nilai nominal yang menunjukkan hak yuridis. Modal yuridis dalam ekuitas adalah  adalah jumlah minimal uang yang harus disetorkan investor sehingga membentuk modal yuridis.

  • Modal Setoran Lain

Perolehan modal setoran lain ini dapat bersumber dari pemesanan saham, dividen saham,  obligasi terkonversi, opsi saham, hak beli saham, waran, dan lain sebagainya

Ekuitas Merek

Ekuitas merek adalah sekumpulan aset yang menjadikan kepercayaan terhadap merek terkait, ataupun simbol yang dapat menambah nilai produk sehingga  bagus bagi pemasar dan juga  pelanggan.

ini dapat memberikan pengaruh pada konsumen saat melakukan keputusan pembelian, biasanya hal ini disebabkan karena konsumen sudah berpengalaman memakai produk yang dipilihnya ataupun karena faktor-faktor lain.

Laporan Perubahan Ekuitas

Laporan perubahan ekuitas adalah laporan keuangan yang berfungsi untuk merekam perubahan modal perusahaan akibat kegiatan operasional pada periode tertentu. Laporan perubahan ekuitas sangat besar keterkaitannya dengan laporan laba ataupun kerugian. Jika perusahaan mengalami rugi bersih maka modal akan dikurangi, sedangkan jika laba bersih yang diperoleh maka akan menambah akun modal. Maka dari itu penggunaan laporan perubahan pada ekuitas adalah hal yang sangat diperlukan.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *