Pengertian Ekonomi, Prinsip Ilmu Ekonomi dan Motif Ekonomi

  • 2 min read
  • Mei 29, 2019

Pengertian Ekonomi – Manusia merupakan makhluk sosial yang yang diberi perasaan dan akal untuk dapat bertahan hidup. Begitu juga ketika dihadapkan dengan berbagai masalah, manusia memiliki akal untuk mencari jalan keluarnya. Permasalahan hidup manusia sangat banyak, salah satunya adalah pemasalahan dalam ekonomi. Setiap masyarakat tentu perlu memikirkan keuntungan dan kerugian dalam suatu hal yang melibatkan transaksi dengan masyarakat lainnya.

Hal ini dilakukan agar masyarakat dapat mengatur kehidupannya dengan baik. Untuk menyikapi berbagai masalah perekonomian, manusia diharuskan untuk memikirkan pertimbangan untung dan rugi dari setiap tindakan ekonomi yang sudah dilakukan.

Pengertian Ekonomi Menurut Para Ahli

Pengertian ekonomi adalah cabang ilmu yang mempelajari segala tentang kehidupan manusia dalam memenuhi berbagai keperluan hidupnya sehari-hari. Menurut Abraham Maslow, pengertian ekonomi adalah bidang keilmuan yang dapat menyelesaikan berbagai permasalahan kehidupan manusia. Tentunya penyelesaian permasalahan yang melibatkan perekonomian dengan menerapkan sumber perekonomian yang ada sesuai dengan prinsip dan teori yang efektif dan efisien.

Sedangkan menurut Paul Anthony Samuelson, pengetian ekonomi merupakan cara-cara yang digunakan oleh masyarakat untuk mengoptimalkan pemanfaatan berbagai sumber terbatas, untuk menghasilkan banyak produk. Produk-produk tersebut kemudian dapat dipasarkan dengan mendistribusikannya kepada seluruh lapisan masyarakat. Dengan demikian manusia memiliki peluang untuk mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya dari modal yang kecil.

Untuk dapat menyelesaikan masalah-masalah yang berkaitan dengan hal perekonomian, sangat penting untuk mengetahui dan memahami apa itu arti dari ilmu ekonomi terlebih dahulu. Dengan demikian Anda akan lebih mudah dalam mencari jalan keluar untuk menyelesaikan permasalahan pada kebutuhan sehari-hari. Pengertian ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari tentang tingkah laku setiap individu ataupun masyarakat dalam menggunakan sumber yang terbatas (uang) secara efektif untuk memperoleh barang dan jasa untuk memenuhi berbagai keperluan manusia yang tidak terbatas.

Prinsip Prinsip ekonomi

Terdapat prinsip-prinsip ekonomi yang perlu dan penting untuk diketahui, di antaranya adalah sebagai pedoman dalam melakukan berbagai tindakan dalam penyelesaian masalah yang melibatkan perekonomian. Prinsip-prinsip utamanya adalah tentang mengenai cara-cara untuk memperoleh keuntungan ynag maksimal dari modal dan usaha yang sudah dilakukan oleh setiap individu. Terdapat slogan prinsip yang sering didengar yaitu, memperoleh hasil sebesar-besarnya dari modal sekecil-kecilnya. Bila seseorang dapat mengaplikasikan prinsip tersebut dengan baik, permasalahan dalam kebutuhannya dapat segera tertutupi. Dalam hal ini selalu berhubungan dengan berbagai aspek seperti produsen, konsumen, serta distributor.

Berikutnya adalah mengenai motif dalam dunia perekonomian. Motif merupakan segala kegiatan yang dilakukan karena terdorong oleh suatu alasan yang kuat. Motif ekonomi adalah faktor-faktor yang dapat mendorong manusia untuk kemudian melakukan tindakan ekonomi. Terdapat dua jenis motif yaitu motif intrinsik yang pendorongnya datang dari diri sendiri. Dan motif ekstrinsik yang faktor pendorongnya datang dari lingkungan luar.

Mengenai istilah pertumbuhan ekonomi. Memiliki pengertian proses perubahan pada kondisi perekonomian menuju ke arah yang lebih baik dari sebelumnya dalam periode tertentu. Istilah tersebut dapat juga diartikan sebagai proses meningkatnya produksi perekonomian, yang dapat terlihat dalam pendapatan yang kian meningkat.

Masalah-masalah perekonomian memang selalu ada dalam kehidupan manusia, untuk dapat mensiasati agar dapat meminimalisir timbulnya masalah, diperlukan untuk memahami berbagai ilmu serta prinsip-prinsip ekonomi dengan baik. Dengan demikian dengan ilmu, sebesar apapun permasalahan yang timbul, tetap dapat terselesaikan dengan baik. Bahkan dapat berbalik memperoleh keuntungan bila penerapan prinsip dan ilmu-ilmunya digunakan dengan efektif dan efisien.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *