Pengertian Data dan Jenis Jenis Data Penelitian

  • 2 min read
  • Mei 26, 2019

Pengertian Data – Ilmu pengetahuan menjadi salah satu kajian yang tidak habis termakan zaman. Seiring dengan kemajuan teknologi, malahan justru meningkatkan semangat untuk menciptakan inovasi baru. Untuk itulah diperlukan kumpulan data yang akurat agar hasil akhirnya sesuai dengan tujuan yang diinginkan. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkannya. Baik secara langsung maupun tidak langsung. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.

Pengertian data secara umum didefinisikan sebagai angka, sifat, sumber, dan juga skala. Tentu saja jenis data sangatlah beragam bergantung pada jenis penelitian yang Anda lakukan. Tidak harus satu jenis saja, semakin banyak yang didapatkan, maka semakin bagus untuk mendukung sebuah penelitian. Sebuah proses pastinya memakan waktu dan tenaga, oleh karena itu Anda harus bisa memutuskan sumber yang tepat agar hasil akhirnya sesuai dengan keinginan Anda.

Jenis Data Penelitian Berdasarkan pada Sumbernya :

1. Data Primer

Berdasarkan pada asal sumbernya, data primer adalah angka, skala, dan lain-lain yang didapatkan langsung dari sumbernya. Cara mendapatkannya bisa melalui wawancara secara langsung, observasi, dan jejak pendapat. Anda juga bisa menyebarkan angket kepada sekelompok orang yang sudah Anda kualifikasi. Hasil angka yang Anda dapatkan akan lebih akurat, namun sayangnya akan memakan banyak waktu dan budget

2. Data Sekunder

Data sekunder adalah hasil perhitungan yang didapatkan tidak secara langsung, melainkan mengambil dari sumber yang ada di buku, jurnal, arsip, dan lain-lain. Pastikan sumber yang Anda gunakan untuk mendapatkan data tepercaya dan akurat. Meskipun lebih menghemat uang dan juga waktu, namun hasilnya masih tidak bisa dipercaya 100%. Jika ada satu saja yang salah, maka mempengaruhi semua output yang sudah Anda rangkum.

Pengertian data berdasarkan sifatnya bisa dibedakan menjadi dua yaitu kuantitatif dan kualitatif. Jika sumber yang Anda gunakan memberikan angka-angka dan juga nilai maka jenis data penelitian adalah kuantitatif. Sementara untuk yang bersifat kualitatif, maka jenisnya berupa pernyataan dan pengelompokan. Kedua tipe diatas paling sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Baik penelitian yang berkaitan dengan pendidikan, teknologi, dan lain-lain.

Meskipun data adalah sesuatu yang gampang dicari, tetap saja jika tidak melalui pengolahan yang baik, maka hasilnya tidak akan bisa digunakan. Karena segala jenis penelitian sangat besar tanggung jawabnya. Jika tidak sesuai dengan kenyataan, maka akan bisa menimbulkan banyak kerugian. Sebaliknya hasil yang valid bisa memberi banyak kemudahan kepada seluruh umat manusia.

Salah satu manfaat data yang paling terasa adalah memberikan informasi sesuai dengan kebutuhan. Karena jika mengambil langsung dari sumbernya tanpa diproses Anda tidak bisa memanfaatkannya secara langsung. Apalagi jika jumlahnya sangat banyak. Harus dilakukan klasifikasi dan proses pengolahan agar bisa dimanfaatkan hasilnya kelak. Bisa juga untuk menciptakan suatu database yang bisa diakses dengan lebih mudah oleh siapapun. Dengan begitu setiap orang tidak perlu melakukan penelitian jika ingin mendapatkan informasi yang valid.

Bagi peneliti, hadirnya sistem informasi sangatlah penting karena bisa mendapatkan berbagai sumber dengan mudah. Dan jika ada inovasi baru, mereka langsung bisa mengupdatenya untuk menghindari kerangkapan. Jadi hasil valid dan terbaru yang akan dipakai untuk tindakan selanjutnya.

Dari beberapa definisi, jenis, sumber, dan pengertian data yang disebutkan diatas, semoga memberikan informasi tambahan mengenai cara mencari sumber penelitian. Jika Anda mengalami kesulitan, Anda bisa menggunakan beberapa jurnal tepercaya sebagai referensi agar hasil akhirnya sesuai dengan proses yang Anda lakukan.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *