Pengertian Sistem Informasi, Komponen, dan Contoh Sisfo

  • 2 min read
  • Mei 31, 2019

Pengertian Sistem Informasi – Sebuah industri akan maju jika memiliki manajemen yang baik. Elemen pendukungnya cukup banyak, jadi tidak hanya mengandalkan karyawan yang cakap saja melainkan juga teknologi dan peralatan yang lain. Salah satu bagian dari manajemen yang sangat besar pengaruhnya adalah sistem informasi. Dalam sistem ini semua pekerjaan bisa diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan data yang akurat.

Aspek manusia dan teknologi memiliki peran yang penting dalam pelaksanaannya. Kombinasi beberapa elemen pendukung akan menentukan informasi yang didapatkan. Apa pentingnya sistem informasi dalam bidang kehidupan sehari-hari? Tidak hanya usaha besar saja yang membutuhkannya, pekerjaan sederhana seperti warung juga memerlukannya.

Dengan adanya sistem ini maka memudahkan konsumen mendapatkan informasi mengenai jenis barang yang dijual, harga, cara pembelian, dan lain-lain. Sedangkan bagi pemilik, akan memudahkan pengorganisasian mengenai stock, total pengeluaran, penghasilan, keuntungan, dan sebagainya. Didalamnya terdapat beberapa komponen yang saling mempengaruhi, diantaranya.

Komponen Sistem Informasi :

1. Input

Komponen sistem informasi yang satu ini merupakan data awal yang didapatkan ketika melakukan sebuah pekerjaan. Komponen inilah yang akan diolah oleh manusia dengan memanfaatkan teknologi untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

2. Model

Pengertian sistem informasi secara umum dipengaruhi oleh beberapa komponen, salah satunya adalah model yang terdiri dari prosedur yang akan digunakan untuk mengolah data. Banyak jenis dan tipe yang bisa dipilih bergantung pada bidang kerja. Semakin banyak data, maka semakin rumit prosesnya. Karena itulah diperlukan SDM yang mumpuni.

3. Teknologi

Teknologi mempermudah pengolahan data input yang didapatkan. Tanpa komponen ini, Anda akan mengalami kesulitan dalam mendapatkan hasil. Prosesnya pun akan lambat sehingga waktu yang diperlukan cukup lama. Pola kerja dari elemen ini dalam sisfo adalah menerima data lalu menjalankan model dan menyimpan data yang dihasilkan. Keluaran ini digunakan sebagai informasi untuk menentukan perencanaan dan tindakan.

4. Output

Hasil dari pengolahan data melalui model tertentu berupa output yang akan mempengaruhi proses selanjutnya. Dari segala proses yang dilalui dalam sistem informasi, hasil akhir bukanlah tujuan utama. Masih diperlukan analisa dan juga kontrol agar hasilnya sesuai dengan tujuan yang ditentukan.

5. Kontrol

Tidak selamanya sistem berjalan dengan lancar, adakalanya terjadi kendala yang menghambat proses. Contoh sistem informasi di sebuah toko misalnya, ada beberapa faktor yang mempengaruhi sebuah tujuan. Selain manusia, teknologi, dan peralatan pendukung juga bisa mengalami kerusakan. Karena itulah diperlukan sebuah kontrol yang bisa memperbaikinya sekaligus melakukan evaluasi agar hasilnya lebih maksimal.

Pengertian Sistem Informasi :

Pengertian sistem informasi secara umum mengacu pada kelima komponen diatas. Bisa diambil kesimpulan bahwa pengertian sistem informasi adalah sebuah integrasi antara manusia, data, teknologi, prosedur, dan media untuk mencapai hasil akhir yang diinginkan. Tentunya harus dilakukan sebuah manajemen yang baik agar semua elemen bisa bekerja secara maksimal. Proses pengolahan data itulah yang akan memberikan informasi mengenai keadaan yang sebenarnya. Karena itulah data input harus dijamin keakuratannya dan prosesnya harus tetap diawasi agar sesuai dengan pola perencanaan yang ditentukan oleh pemilik usaha. Tanpa menggunakan sistem ini, akan sulit mengetahui pencapaian yang sudah didapatkan.

Setelah mengetahui mengenai pengertian sistem informasi, komponen sistem informasi, dan prosesnya, maka jelaslah bahwa sistem ini memiliki peran yang sangat penting untuk setiap bidang pekerjaan. Tidak mengenal skalanya, meskipun usaha rintisan jika memiliki manajemen informasi yang baik lambat laun akan berkembang menjadi industri yang cukup besar.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *