Pengertian Anggaran dan Jenis Jenis Anggaran + Contohnya

  • 2 min read
  • Mei 26, 2019

Pengertian Anggaran – Anda mungkin sering mendengar istilah anggaran. Namun, apakah Anda mengerti apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan anggaran itu? Untuk memahami tentang anggaran, tujuan dibuatnya anggaran hingga jenis-jenis anggaran, Anda harus tahu pengertian anggaran terlebih dahulu. Berikut penjelasan lengkapnya.

Definisi Anggaran

Mari mulai materi anggaran ini dengan mengenal terlebih dahulu apa itu anggaran. Secara sederhana, pengertian anggaran bisa didefinisikan sebagai rencana keuangan. Hal tersebut karena setiap anggaran yang disusun adalah bentuk dari moneter. Anggaran ini merupakan perencanaan yang dibuat oleh suatu perusahaan maupun organisasi yang digunakan untuk mengendalikan dan merencanakan estimasi keuangan organisasi atau perusahaan tersebut.

Pengertian Anggaran Menurut Para Ahli

Beberapa ahli juga mengemukakan pendapat mereka tentang pengertian anggaran keuangan. Salah satunya adalah pengertian anggaran yang dikemukakan oleh Munandar (2011) yang menyatakan anggaran adalah rencana yang secara sistematis disusun meliputi segala aktivitas perusahaan dan dinyatakan dalam kesatuan moneter yang berlaku pada jangka waktu tertentu. Masih banyak pula para ahli yang mengemukakan pendapat tentang anggaran dengan poin yang hampir sama.

Nah, setelah mengetahui definisi anggaran Anda juga harus tahu tentang jenis-jenis dari anggaran itu sendiri. Anggaran dalam sebuah perusahaan atau organisasi dibagi ke dalam beberapa jenis. Berikut adalah jenis anggaran yang umumnya dijumpai.

Jenis Jenis Anggaran

Anggaran Produksi

Jenis anggaran yang pertama adalah anggaran produksi. Anggaran produksi adalah rencana yang menjelaskan jumlah unit yang akan diproduksi dalam periode atau masa anggaran. Tujuan penyusunan anggaran produksi ini adalah sebagai dasar untuk menentukan biaya produksi yang terdiri dari biaya untuk bahan baku, biaya overhead pada pabrik, biaya untuk tenaga kerja dan lain sebagainya.

Anggaran Tenaga Kerja Langsung

Anggaran tenaga kerja langsung adalah jenis anggaran yang dipakai untuk menaksir atau memperkirakan biaya tenaga kerja yang digunakan selama masa periode anggaran. Dan ini biasanya juga digunakan dalam membuat anggaran laba-rugi. Untuk menghitung biaya tenaga kerja digunakan dua dasar perhitungan yaitu upah per jam dan upah per unit.

Anggaran kas

Anggaran kas juga merupakan jenis anggaran yang banyak dibuat dalam sebuah perusahaan. Salah satu jenis anggaran perusahaan ini merupakan perkiraan penggunaan kas dan sumbernya dalam kurun periode tertentu. Penyusunan anggaran jenis ini sangat penting dalam perusahaan untuk menjaga likuiditas perusahaan. Hal tersebut karena anggaran kas ini tersusun dari anggaran pengeluaran modal dan anggaran operasi. Dengan adanya anggaran kas ini bisa digunakan sebagai dasar menyusun anggaran neraca.

Anggaran Neraca

Anggaran neraca juga menjadi jenis anggaran yang selalu ada dan dibuat oleh perusahaan. Informasi yang ada di dalam anggaran ini adalah rencana aktiva atau posisi keuangan, modal perusahaan di awal dan akhir periode anggaran beserta hutang-hutang perusahaan. Penyusunan anggaran ini didasarkan pada anggaran rugi laba dan anggaran kas yang kemudian digunakan sebagai patokan atau tolak ukur dalam penyusunan anggaran untuk perubahan posisi keuangan.

Dalam sebuah perusahaan dibutuhkan rencana yang rinci dan jelas tentang sasaran yang ingin dicapai. Karena itulah segala hal yang ada di dalam perusahaan harus direncanakan secara matang. Inilah fungsi dari sebuah anggaran.

Sebuah anggaran yang disusun secara rinci tentang aktivitas keuangan akan memberikan pengarahan yang pasti bagi manajemen perusahaan untuk mencapai target yang diinginkan. Selain itu anggaran juga akan menjadi alat ukur guna mengendalikan kinerja baik individu maupun kelompok. Nah, itulah tadi penjelasan lengkap tentang pengertian anggaran, jenis dan tujuan dibuatnya anggaran.