Pengertian Bisnis, Etika Bisnis, dan Jenis Bisnis Terbaik

  • 2 min read
  • Jun 23, 2019

Pengertian Bisnis – Setiap orang pasti memiliki cara masing-masing yang digunakan dalam rangka memenuhi kebutuhan hidupnya. Cara itu bisa dilakukan dengan bekerja pada sebuah instansi atau juga bisa dengan mendirikan bisnis sendiri. Nah, cara kedua inilah yang saat ini banyak dipilih oleh banyak orang dengan berbagai alasan. Mulai dari tidak ingin terus-terusan menjadi pegawai atau juga karena ingin menghasilkan uang lebih banyak.

Setiap orang tentu sah-sah saja jika ingin membuat usaha miliknya sendiri. Asalkan masih mematuhi etika dan cara berbisnis yang baik. Pengertian bisnis menurut para ahli pun berbeda-beda. Namun, pada dasarnya mengacu pada satu pengertian yakni menghasilkan atau memproduksi barang ataupun jasa yang bisa memberikan manfaat untuk konsumennya.

Pengertian Bisnis Menurut Para Ahli :

  • Menurut Griffin dan Ebert (1996) pengertian bisnis didefinisikan sebagai setiap kegiatan yang berfungsi untuk menyediakan barang maupun jasa yang mana merupakan kebutuhan yang diperlukan oleh konsumen. Kegiatan bisnis ini bisa dilakukan baik oleh perusahaan resmi yang berbadan hukum maupun perorangan tanpa badan hukum.

Sebelum mengetahui lebih lanjut tentang etika berbisnis ini, akan lebih mudah untuk Anda mengetahui pengertian etika bisnis terlebih dahulu. Jika secara istilah pengertian bisnis didefinisikan sebagai setiap kegiatan yang bisa menghasilkan barang dan jasa, maka etika bisnis didefinisikan sebagai sebuah nilai moral yang mana bisa membedakan antara yang benar dan salah yang kemudian diterapkan dalam bidang ekonomi, khususnya bisnis.

Sebagai sebuah pekerjaan yang menghasilkan barang maupun jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen, para pelaku bisnis ini harus mematuhi hal-hal dasar yang biasanya juga disebut sebagai etika dalam berbisnis. Ada beberapa etika dalam berbisnis yang wajib diketahui oleh para pelaku bisnis, seperti di bawah ini. Etika-etika tersebut harus selalu dijaga agar usaha yang sedang Anda jalankan bisa tetap berjalan lancar.

Etika Bisnis :

1. Berprinsip Otonomi
Etika pertama yang harus dimiliki oleh setiap pelaku bisnis adalah berprinsip otonomi. Maksudnya adalah setiap pelaku usaha mandiri bebas menentukan bidang bisnis yang diinginkan yang tentunya sesuai dengan kemampuan dan juga visi misinya.

2. Berprinsip Kejujuran
Bisnis adalah sebuah cara mendapatkan uang yang banyak dikenal buruk karena tak jarang harus memperdaya saingannya yang lain untuk bisa mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya. Meskipun dalam beberapa pengertian bisnis yang diungkapkan para ahli tidak menyebutkan harus selalu memegang teguh pada prinsip kejujuran, namun tanpa adanya prinsip ini, pedagang bisa lepas kontrol sehingga justru memperdaya konsumennya.

3. Memegang Keadilan
Bisnis menurut para ahli juga tidak menyebutkan suatu hal tentang tujuan dari berbisnis. Pada dasarnya tujuan bisnis yang paling utama tentu saja untuk mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya. Namun dalam mencari keuntungan tersebut, Anda juga harus bersikap adil pada semuanya, baik pada pembeli maupun karyawannya.

Setelah mengetahui pengertian hingga etika-etika dalam berbisnis, kini Anda sudah siap untuk membuat usaha Anda sendiri. Usaha sendiri yang akan Anda jalankan tidak selalu dengan membuat perusahaan besar. Anda bisa memulai dengan cara berbisnis online. Cara ini masih banyak digemari karena selain tidak punya banyak biaya untuk modal, cara berbisnis ini juga bisa menjangkau banyak kalangan serta lebih mudah dan fleksibel dalam pelaksanaannya.

Nah, hal-hal di atas adalah beberapa etika bisnis, yang mana berhubungan dengan moral dan tata krama yang harus diperhatikan dalam menjalankan bisnis. Jadi, tidak hanya mengetahui apa itu bisnis / pengertian bisnis secara umum saja yang harus Anda ketahui namun juga bagaimana bersikap atau etika-etika yang wajib pula Anda ketahui.