Resume Adalah ? Pengertian & Contoh Resume Lamaran Kerja Yang Benar

  • 2 min read
  • Mei 26, 2019

Pengertian dan Contoh Resume – Beberapa dari Anda pasti sudah mengetahui pengertian dari istilah ini. Lebih sering disebut dengan ringkasan mengenai karangan panjang. Tujuan utamanya agar menarik perhatian pembaca. Resume adalah kegiatan yang bisa dilakukan di segala bidang. Fungsinya sama dengan ikhtisar hanya saja resume harus mempertahankan gagasan utama penulis sehingga isinya tidak melenceng. Anda tidak bisa sembarangan dalam menulisnya. Jika ingin mengetahui apa itu resume, silahkan simak penjelasan dibawah ini.

Pengertian Resume Adalah

Contoh resume yang sering dijumpai dalam keseharian adalah pembuatan daftar riwayat hidup atau CV. Tentu saja Anda harus mengetahui cara membuatnya dengan benar dan semenarik mungkin. Karena tujuan utamanya adalah agar pihak perusahaan tertarik dengan cv yang Anda buat. Dengan begitu peluang untuk diterima semakin besar. CV lamaran kerja terdiri dari data diri, latar belakang pendidikan, kemampuan, pengalaman bekerja dan organisasi, serta daftar keahlian yang dikuasai. Sesuaikan saja dengan jenis pekerjaan yang akan dilamar. Jangan terlalu panjang karena akan membuat malas dibaca.

Untuk bisa membuat ringkasan dengan menarik salah satu caranya adalah dengan melihat beberapa contoh resume yang sudah ada. Pelajari bahasa yang digunakan agar bisa mendapatkan cara membuat resume dengan benar. Adapun ciri yang perlu Anda ketahui adalah.

Cara Membuat Resume Lamaran Kerja Yang Benar

1. Berisi info lengkap

Banyak contoh resume lamaran kerja yang hanya menampilkan beberapa informasi saja. Hal ini bisa saja dibenarkan jika maksud Anda ingin lebih ringkas supaya mudah dipahami. Namun pihak perusahaan akan tidak banyak memiliki pertimbangan untuk mengambil Anda. Berikan data diri, latar belakang, pengalaman kerja, dan lain-lain

2. Padat dan jelas

Resume adalah ringkasan mengenai riwayat hidup Anda. Jadi bukan karangan panjang yang menceritakan kehidupan secara berlebihan. Pihak perusahaan biasanya akan langsung menuju pada poin yang dibutuhkan. Contoh cv lamaran kerja yang baik dan benar maksimal hanya satu halaman saja. Isinya cukup ringkas dan tidak berbelit-belit. Lengkap namun disajikan secara ringkas.

3. Menjelaskan tanggung jawab kerja

Ada kesalahan besar yang dilakukan oleh pelamar kerja yaitu hanya menuliskan jabatan yang pernah diemban. Padahal pihak perusahaan membutuhkan pengalaman kerja yang dimiliki. Jika menilik pada definisi resume adalah ringkasan singkat dari kalimat yang panjang tanpa menghilangkan gagasan pokoknya. Jadi Anda tetap menuliskan jenis pekerjaan yang pernah dilakukan namun dijelaskan lebih padat. Ini akan menjadi nilai tambah karena CV yang Anda berikan memberikan info yang ringkas.

4. Tuliskan kemampuan sesuai dengan pekerjaan

Jika Anda memiliki banyak kemampuan yang bisa dilakukan. Sebaiknya jangan cantumkan semuanya. Tulis beberapa yang sekiranya bisa mendukung pekerjaan jika Anda diterima. Keahlian yang tidak relevan justru akan mengurangi nilai. Pihak pembuat lowongan kerja lebih suka dengan pelamar yang memenuhi kualifikasi dibanding dengan yang terlalu banyak pengalaman namun tidak relevan. Terutama jika mereka mencari pekerja yang sudah profesional dan menguasai bidang kerjanya.

Dengan mengetahui pengertian resume bisa memberikan gambaran tentang cara membuat CV yang benar dan apik. Beberapa pelamar ada yang menyepelekan tahapan ini. Padahal hal tersebut menggambarkan kondisi Anda sebenarnya sebelum tes wawancara. Sering-seringlah melihat contoh resume lamaran kerja dari beberapa sumber tepercaya. Intinya adalah dengan menyajikan secara padat, lengkap, dan tidak membosankan. Cukup satu halaman dan buat desain semenarik mungkin agar pihak perusahaan tertarik untuk membaca CV yang Anda berikan.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *