Pengertian Bahasa + Hakikat dan Fungsi Bahasa Indonesia

  • 2 min read
  • Mei 26, 2019

Pengertian Bahasa – Manusia adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain. Proses ini memerlukan sebuah interaksi agar terjadi kesepahaman. Alat yang digunakan untuk berkomunikasi inilah yang dinamakan dengan bahasa. Indonesia kaya akan ragam budaya yang masing-masing memiliki ciri khas. Inilah fungsi bahasa indonesia untuk mempersatukan perbedaan yang menjadi kekayaan tak ternilai bagi bangsa ini.

Pengertian Bahasa Menurut Para Ahli

Pengertian bahasa secara umum adalah sebagai alat komunikasi yang berupa bunyi dan ujaran. Alat ini memiliki kedudukan yang sangat penting. Tanpanya, informasi tidak akan tersampaikan dengan mudah. Bisa dibayangkan jika pada zaman dahulu manusia hanya menggunakan gerakan untuk interaksi. Akan banyak keterbatasan yang terjadi. Ketidakbakuan akan menimbulkan makna yang berbeda dari sumbernya.

pengertian bahasa

Beberapa pengertian bahasa menurut para ahli salah satunya yang dinyatakan oleh Santoso. Ia berpendapat bahwa ujaran inilah yang membedakan manusia dengan makhluk lainnya. Sementara Wibowo mengartikannya lebih khusus dimana bahasa adalah suatu sistem yang berupa simbol bunyi hasil dari indera ucap dan memiliki makna. Alat ini digunakan untuk berinteraksi antar manusia untuk menghasilkan gagasan dan pikiran.

Hakikat dan Fungsi Bahasa

Hakikat bahasa merupakan sebuah sistem berbentuk lambang bunyi yang bermakna arbiter dan bersifat unik serta konvensional. Tidak hanya itu sarana ini juga bersifat dinamis menyesuaikan perkembangan zaman dan universal. Jadi siapa saja bisa mengetahui dan menggunakannya. Pastinya antara satu yang lain memiliki variasi dan ciri khas. Namun, itu tidak menjadi soal karena terdapat identitas nasional yang bisa mempersatukan semua perbedaan yang ada.

Jika ditilik lebih khusus, maka pengertian bahasa indonesia lebih sebagai alat pemersatu bangsa. Ujaran yang dihasilkan merupakan hasil serapan dari dialek daerah maupun internasional. Jadi suku dari daerah lain bisa dengan mudah berinteraksi di tempat yang berbeda dengan menggunakan ujaran ini. Ada yang bersifat baku dan non baku. Adapun fungsi dari bahasa adalah

  1. Bahasa resmi negara Indonesia
    Sudah diketahui sejak awal bahwa fungsi dari sarana ini adalah sebagai identitas bangsa yang tidak hanya diakui dan dihormati oleh masyarakatnya, melainkan juga dunia internasional. Wajib hukumnya bagi WNI untuk menguasai dan mempelajarinya.
  2. Sarana pengembangan budaya
    Pengertian bahasa secara umum memang sebagai sarana berinteraksi. Namun fungsinya memiliki cakupan yang sangat luas. Salah satunya untuk memperkenalkan kebudayaan yang dimiliki oleh bangsa ini ke dunia luar. Banyak yang merasa iri karena Indonesia memiliki banyak keragaman yang menjadikan negara ini kaya.
  3. Kepentingan pembangunan nasional
    Salah satu tujuan pembangunan nasional adalah mencetak SDM yang bermutu. Hal ini bisa terwujud jika manusianya memiliki kebanggaan sebagai WNI yang mengetahui identitas negaranya. Inilah yang menjadi modal utama pembangunan bangsa ini.

Ujaran ini sendiri dijadikan acuan kata baku yang akan memudahkan dalam penyusunan kerangka pikir yang sesuai dengan sistem. Dalam keseharian, kata non baku memang sering digunakan. Namun, untuk keperluan resmi perlu digunakan kalimat baku agar memiliki makna yang sama dan mudah dimengerti oleh semua pihak.

Setelah mengetahui tentang hakikat, fungsi, dan pengertian bahasa. Akan banyak manfaat yang diperoleh. Salah satunya kemudahan dalam mendapatkan informasi dari berbagai sumber yang ada serta berinteraksi untuk menciptakan hubungan yang harmonis.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *