Pengertian Administrasi (Perkantoran & Keuangan) Menurut Ahli

  • 2 min read
  • Mei 27, 2019

Pengertian Administrasi – Admin merupakan salah satu karyawan yang selalu ada di semua bidang usaha. Secara umum administrasi merupakan kegiatan atau bentuk usaha yang berkaitan dengan peraturan & kebijakan untuk mencapai tujuan dari sebuah perusahaan ataupun organisasi. Berdasarkan pengertian administrasi tersebut, bisa dikatakan bahwa bidang cata-mencatat ini punya peranan vital untuk semua kegiatan yang dilakukan oleh organisasi.

Pengertian Administrasi Menurut Para Ahli :

Beberapa ahli juga mempunyai definisi tersendiri tentang administrasi. Salah seorang ahli berpendapat bahwa pengertian administrasi adalah tata fungsi pelayanan & penyelenggaraan komunikasi organisasi. Jenis pekerjaan administrasi dipecah menjadi beberapa kategori sesuai dengan jenis aktivitas yang ditangani. Misalkan seseorang yang khusus bertugas untuk mengurus uang sering disebut sebagai bagian dari karyawan administrasi keuangan.

Akan berbeda dengan pengertian administrasi perkantoran walaupun sama-sama berkaitan dengan manajemen perusahaan. Beberapa pengertian administrasi menurut para ahli bisa menjadi acuan anda untuk menyimpulkan definisi pekerjaan yang banyak berkaitan dengan tulis menulis ini.

Pengertian Administrasi Perkantoran :

Menurut Prajudi Atmosudirjo, pengertian administrasi perkantoran disebut sebagai kombinasi yang menggabungkan pekerjaan kantor (operation management) dan corporate management. Pendapat Moekijat mengatakan bahwa pengertian administrasi perkantoran yaitu menerapkan fungsi pengaturan kegiatan pada kantor meliputi pengawasan, perencanaan, pengaturan organisasi dan penggerakkan. Tujuannya sangat jelas yaitu mewujudkan visi dan misi perusahaan dan mensejahterakan pegawai.

Millis Geoffrey mengungkapkan pengertian administrasi perkantoran sebagai sebuah seni bimbingan personel perusahaan dalam penggunaan sarana yang tepat sesuai kondisi lingkungan agar dapat mencapai tujuan. Tugasnya meliputi menanggapi panggilan telepon masuk sehingga butuh seseorang yang mempunyai kemampuan komunikasi yang handal. Beberapa orang yang biasa ditemui admin kantor adalah client dan relasi. Pada perusahaan-perusahaan besar biasanya devisi CS (customer service) yang akan menangani telepon masuk. Sementara tugas lainnya bisa berupa penyusunan agenda kantor, memasukkan data-data ke dalam komputer, menyimpan data dan bertanggung jawab terhadap arsip.

Pengertian Administrasi Keuangan :

Kelancaran organisasi bidang keuangan juga tidak lepas dari kerja keras seorang admin. Pengertian administrasi khusus keuangan adalah melaksanakan anggaran untuk belanja perusahaan. Butuh ketelitian yang tinggi karena satu kesalahan ketik saja misalnya penambahan angka nol bisa menimbulkan masalah besar. Fungsi administrasi keuangan tidaklah jauh dari budgeting.

Hal-hal yang diurus meliputi penggunaan uang, laporan pemasukan & pengeluaran, dan bertanggung jawab terhadap dana yang sudah dialokasikan. Umumnya mempunyai enam fungsi penting yaitu fungsi investasi. Baik investasi dana jangka panjang maupun pendek. Adapun fungsi mencari sejumlah dana untuk melancarkan usaha-usaha yang sedang berjalan. Mengatur pembagian laba juga merupakan salah satu tugas admin keuangan. Fungsi pembelanjaan yang bijak untuk mendukung proses produksi dan hal lainnya.

Seorang bendahara keuangan biasanya menangani semua masalah keuangan dan melakukan pembukuan dengan rinci & rapi. Dari beberapa pengertian administrasi yang sudah diulas di atas, bisa terlihat jelas jika fungsi administrasi secara garis besar adalah mengkoordinasi dan melakukan verifikasi kebenaran semua data yang masuk dengan realita yang ada.

Mengingat pentingnya tugas seorang admin membuat beberapa perusahaan menetapkan klasifikasi khusus untuk calon karyawan. Terutama untuk staff administrasi keuangan yang mengurus bagian dana organisasi tentu haruslah berhati-hati.

Kegiatan yang dilakukan berkaitan dngan pembayaran, penagihan, entri jurnal, akun rekonsiliasi, serta penutupan. Kesimpulannya, pengertian administrasi keuangan yaitu kegiatan-kegiatan yang saling berkaitan satu sama lain khususnya penyusunan anggaran perusahaan, pengelolaan & pencarian keuangan, pengendalian dan penyimpanan dana, pengawasan dan audit dana. Demikianlah ulasan mengenai pengertian administrasi, entah untuk administrasi perkantoran dan keuangan. Semoga bermanfaat!

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *