Siapa Pendiri Google Pertama Kali ? Berikut Sejarah dan Perkembangannya

  • 2 min read
  • Mei 29, 2019

Pendiri Google – Di zaman modern seperti ini siapa yang tak kenal Google. Segala informasi dapat Anda temukan disana. Bisa dibilang Google merupakan suatu hal yang tak dapat dipisahkan di era sekarang ini. Hampir semua orang selalu mengaksesnya setiap detik. Namun, dibalik semua itu tahukah Anda siapa pendiri Google? Jika belum, maka simak ulasan mengenai pendiri Google yang satu ini.

Sejarah Pendiri Google Pertama Kali

Siapa pendiri Google? Pendiri google pertama kali adalah Larry Page dan Sergey Brin. Mari mulai ulasannya dengan mengetahui idenya terlebih dahulu. Ide pembuatan dan pendiri Google didapat dari dua orang pemuda yang berasal dari Universitas Michigan. Di akhir tahun 1995, Sergey Brin mendapat tugas untuk mengantar keliling Larry Page, seorang alumni Universitas Michigan yang melakukan kunjungan akhir pekan.

Dari pertemuan tersebut mereka lalu sering melakukan diskusi panjang dengan banyak perdebatan. Namun perdebatan itulah yang menghantarkan mereka pada pemecahan masalah dalam mendapatkan kembali data dari set data masif di dunia komputer. Dan dari sanalah Google lahir. Jadi bisa dibilang jika pendiri Google adalah adalah Larry Page dan Sergey Brin.

Di tahun 1996, pendiri Google pertama kali itu melakukan sebuah kolaborasi pembuatan mesin pencarian yang bernama BackRub. Nama tersebut diperoleh dari algoritma yang menciptakan peringkat dari jumlah back-link dari suatu laman. Dengan menggunakan pendekatan analisis jaringan, perlahan nama BackRubpun semakin terangkat, dan kabarnyapun menyebar ke seluruh kampus.

Mesin pencarian tersebut bahkan dikerjakan di server Stanford University selama setahun lebih. Mereka berdua terus melakukan segala hal agar dapat menyempurnakan ciptaan mereka tersebut. Selain itu pencarian investor juga tak luput dari fokus mereka. Hingga pada akhirnya di tanggal 15 September 1997 didaftarkan sebagai Google.com.

Usaha Larry dan Sergey mendapatkan hasil. Seorang rekan satu kampus mereka yang juga pendiri Sun Microsystems yaitu Andy Bechtolsheim memberi bantuan dana. Pertemuan Larry, Sergey, dan Andy dilakukan di serambi dormitory Stanford, Palo Alto, di pagi hari. Disana pendiri Google tersebut memberikan demo sederhana untuk Andy.

Setelah melihat demo itu, Andypun setuju untuk bekerja sama dengan memberikan bantuan dana dalam bentuk cek sebanyak 100.000 dolar.  Namun yang menjadi kendala Larry dan Seige untuk mencairkan cek tersebut adalah nama yang tertulis disana.

Sejarah Perkembangan Google

Di cek itu nama yang tertulis merupakan atas nama perusahaan Google, padahal belum ada lembaga legal yang bernama seperti itu. Meskipun Andy sudah tahu siapa pendiri Google, namun tetap saja tidak bisa dicairkan begitu saja. Maka dari itu, mereka berdua mencari investor lain lagi agar dapat mendirikan perusahaan Google.

Setelah dana terkumpul sebanyak satu juta dolar, secara resmi Google pun didirikan pada 7 September 1998 di Menlo Park, California. Kantor Google yang pertama kali bisa dibilang sangat sederhana. Kantor tersebut berada di sebuah garasi. Hingga pada tahun 1999 kantor resmi Google pindah di kawasan Palo Alto. Di tahun itu pula Google memiliki 8 orang karyawan.

Untuk nama Google sendiri berasal dari kata Google. Kata tersebut dibuat oleh Milton Sirotta, keponakan Edward Kasner. Edward Kasner sendiri merupakan seorang ahli matematika dari Amerika Serikat. Istilah Googlo dari Milton Sirotta dipakai untuk menyebutkan angka 1 yang kemudian diikuti 100 angka 0. Jadi bisa dibilang Google adalah refleksi kata Googlo tersebut.

Pada tahun 1998 Larry mengeluarkan buletin bulanan bernama Google Friends Newsletter. Buletin tersebut bertugas untuk memberi informasi mengenai perusahaan yang baru berdiri itu. Seiring berjalannya waktu, perubahan terjadi pada buletin tersebut hingga saat ini Anda lebih bisa mengenalnya dengan sebutan Google+. Dengan begitu jelas sudah siapa pendiri Google pertama kali. Nama pendiri Google tersebut akan selalu diingat sepanjang masa berkat jasa dan idenya yang cemerlang. Demikian informasi mengenai pendiri Google pertama kali.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *