Pencemaran Udara – Pengertian, Penyebab, dan Dampak Polusi Udara

  • 2 min read
  • Mei 31, 2019

Polusi Udara – Ketidakseimbangan kondisi udara yang disebabkan oleh partikel kimia, biologis, maupun fisik merupakan tanda dari pencemaran udara. Keadaan ini bisa menyebabkan kualitas udara menurun dan dampak yang paling terasa adalah terganggunya kesehatan manusia dan juga kehidupan makhluk lainnya. Karena itulah masalah ini harus segera ditanggulangi agar efeknya tidak semakin meluas dan bumi bebas dari ancaman polutan. Aktivitas manusia yang tidak terkontrol lah yang menjadi penyumbang terbesar penyebab pencemaran udara.

Langkah penanggulangan yang tepat adalah dengan mengetahui sumber polutan yang menciptakan polusi udara. Jumlahnya harus ditekan atau bahkan dimusnahkan agar kondisi bumi kita menjadi bersih seperti sedia kala. Kesadaran manusia harus ditingkatkan. Dengan melakukan hal sederhana seperti menanam pohon di pekarangan rumah, akan dapat mengurangi tingkat polutan. Adapun penyebab utama masalah ini adalah.

3 Penyebab Pencemaran Udara

1. Asap Rokok

Bahaya rokok tidak hanya bagi kesehatan pernapasan saja. Asap yang dihasilkan dari pembakaran bisa menimbulkan zat beracun yang mencemari udara sekitar. Indonesia menjadi negara yang memiliki perokok aktif dengan jumlah yang sangat besar. Masyarakat harus disadarkan dengan memberikan penyuluhan tentang bahaya rokok

2. Peralatan rumah tangga

Saat ini banyak produsen peralatan rumah tangga yang menciptakan perabot ramah lingkungan. Langkah ini untuk mencegah terjadinya pencemaran udara. Tentu saja tidak semua orang sadar akan hal tersebut. Sebagian malah mengeluhkan karena harganya yang sedikit mahal. AC dan kulkas menjadi penyumbang polutan terbesar di bumi ini.

3. Kebakaran hutan

Terjadinya kebakaran hutan bisa jadi disebabkan karena faktor cuaca dan kesengajaan manusia yang ingin membuka lahan dengan cara cepat. Dampak pencemaran udara yang diberikan sangat signifikan. Tidak hanya buruk bagi kesehatan, tapi juga dapat menyebabkan keracunan dalam tempo cepat. Jika kadar polutan sangat tinggi, jalan keluar terbaik adalah dengan mengungsikan warga terdampak.

Polusi udara adalah salah satu pencemaran lingkungan yang sangat berbahaya jika dibiarkan saja. Selama ini yang lebih diketahui adalah efeknya pada pernapasan. Padahal ada satu peristiwa yang saat ini mulai terasa di Indonesia yaitu pemanasan global. Suhu bumi mulai meningkat dan menyebabkan ketidaknormalan cuaca. Penanggulangannya dengan mengurangi polutan yang diantaranya melalui penanaman tumbuhan hijau.

Banyak komunitas pecinta lingkungan yang memberikan penerangan tentang bahaya masalah ini dengan menunjukkan gambar pencemaran udara. Efek yang paling membahayakan adalah terganggunya pernapasan. Dari paling sederhana seperti batuk sampai asma yang dapat menyebabkan kematian. Gejala penyakit ini meskipun bukan penyebab utama kematian di Indonesia, tetap saja jika tidak ditangani akan semakin memperburuk kondisi penderitanya.

Dampak bagi ekonomi juga akan terasa. Jika konsentrasi polutan sangat tinggi akan memperburuk jarak penglihatan seperti yang terjadi di lokasi dekat kebakaran hutan. Aktivitas akan sangat terganggu dan berakibat menurunnya tingkat pendapatan masyarakat sekitar. Selain itu, bagi anak sekolah, kemampuan berpikirnya akan terhambat karena menghirup polutan beracun yang membahayakan kondisi fisik dan mental mereka.

Beberapa zat polutan yang menyebabkan polusi udara diantaranya seperti gas Karbon Dioksida, Karbon Monoksida, Nitrat, dan lain-lain. Cara untuk mengurangi jumlah partikel berbahaya ini adalah dengan mengurangi pemakaian kendaraan pribadi. Gunakan transportasi umum atau bisa dengan mengendarai sepeda yang lebih ramah lingkungan dan bagus bagi kesehatan.

Setelah mengetahui penyebab, dampak, dan cara menanggulangi pencemaran udara maupun polusi udara, semoga memberikan gambaran mengenai bahaya polutan dan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan agar bahaya dari pemanasan global bisa dicegah sedari awal.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *