Pemanasan Global/ Global Warming – Pengertian , Dampak, dan Penyebabnya

  • 2 min read
  • Mei 29, 2019

Pemanasan Global – Fenomena mencairnya es di kutub utara memang menjadi gejala peningkatan suhu atmosfer yang sangat menggemparkan masyarakat di seluruh dunia. Suhu bumi yang semakin meningkat dikenal dengan istilah pemanasan global. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para ahli, suhu bumi dalam 1 abad terakhir telah meningkat sebesar 0,6 derajat celcius. Penyebab terbesar dari peningkatan suhu ini adalah penggunaan bahan bakar minyak di seluruh penjuru negeri. Hal ini juga dikarenakan pola hidup masyarakat yang berlebihan dalam pemanfaatan sumber daya alam. Lantas, apa saja penyebab dan dampak dari peningkatan suhu di atmosfer bumi ini? Berikut adalah penjelasan lengkapnya.

Pengertian Pemanasan Global Menurut Para Ahli :

Isu tentang gambar pemanasan global yang semakin meningkat memang selalu hangat diperbincangkan oleh seluruh orang di seluruh dunia. National Wildlife Federation memberikan penjelasan bahwa Pengertian global warming adalah suatu kondisi dimana bumi semakin panas, kekeringan merajalela, badai semakin hebat, dan banjir semakin deras setiap waktunya. Kejadian-kejadian alam tersebut adalah dampak nyata dari global warming. Hal ini jugalah yang menyebabkan punahnya spesies-spesies tertentu yang hidup di bumi karena tidak siap dengan peningkatan suhu yang ekstrem.

Agen Perlindungan Lingkungan dari Amerika Serikat juga memberikan pendapatnya tentang global warming yaitu terjadinya peningkatan suhu rata-rata permukaan bumi. Peningkatan suhu ini berlaku untuk masa lampau ataupun masa sekarang (yang sedang terjadi). Sementara Asosiasi Energi Matahari yang ada di New Mexico, AS, berpendapat bahwa temperatur permukaan bumi yang meningkat cenderung disebabkan oleh efek rumah kaca. Sekedar informasi, efek rumah kaca adalah kondisi dimana panas bumi terperangkap di dalam bumi akibat terhalang oleh gas emisi seperti CO2 di atas atmosfer. Gas emisi ini berasal dari asap kendaraan bermotor, kebakaran hutan dan industri. Perlu diketahui bahwa ada banyak sekali yang menjadi penyebab pemanasan global, berikut ini adalah diantaranya.

Penyebab Global Warming / Pemanasan Global :

1. Hutan gundul
Kasus pembakaran hutan liar atau ilegal saat ini memang sangat mengkhawatirkan. Apalagi dampak dari pembakaran ilegal ini adalah fungsi hutan yang rusak. Dimana hutan yang harusnya bisa mencegah banjir, malah gundul sehingga tidak bisa lagi menjalankan fungsinya tersebut, Dilain sisi hutan juga berfungsi untuk mereduksi suhu panas permukaan bumi. Jika hutan gundul, maka bumi akan mengalami global warming.

2. Penggunaan listrik yang berlebihan
Penyebab pemanasan global selanjutnya adalah penggunaan listrik yang berlebihan. Hal ini dikarenakan energi pembangkit listrik konvensional yang menggunakan bahan baku batu bara. Asap dari pembangkit listrik inilah yang menyebabkan peningkatan suhu global.

3. Model rumah kaca
Gedung, rumah dan tempat yang dibangun dengan bangunan kaca dapat meningkatkan suhu di bumi. Hal ini karena pantulan cahayanya yang ke udara dan tidak bisa menyerap sinar matahari.

4. Polusi udara
Penyebab global warming yang paling besar adalah polusi udara yang berasal dari industri dan asap kendaraan.

Dampak Pemanasan Global :

Lalu, apa saja dampak dari adanya peningkatan suhu ini? Seperti yang dilihat sekarang, bahwa alam tengah bergejolak karena peningkatan suhu yang cukup mengkhawatirkan. Dampak pemanasan global diantaranya adalah gletser atau es di kutub selatan dan utara yang mencair, perubahan cuaca dan iklim yang ekstrim, hujan asam, gangguan ekologis, air permukaan laut yang naik, kekeringan yang luar biasa di beberapa daerah, dan lain sebagainya. Melihat besarnya dampak dari pemanasan global, tidak mengherankan jika semua orang dari berbagai belahan dunia saling bekerjasama untuk mengatasi masalah ini.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *