Pasar Persaingan Sempurna – Pengertian, Contoh, Serta Ciri-Cirinya

  • 2 min read
  • Mei 31, 2019

Pasar Persaingan Sempurna – Pasar merupakan suatu tempat yang tidak asing lagi bagi semua orang. Hampir setiap orang pasti pernah pergi ke pasar, entah itu untuk membeli ataupun menjual barang. Pasarpun memiliki jenis yang beragam. Pernahkah Anda dengar tentang pasar persaingan sempurna? Pasar persaingan tidak sempurna? Lalu tahukah Anda apa contoh pasar persaingan sempurna dan tidak sempurna? Jika belum maka berikut penjelasannya.

Pengertian Pasar Persaingan Sempurna

Pengertian pasar persaingan sempurna adalah sebuah pasar yang memiliki jumlah penjual dan pembeli yang sangat banyak. Produk ataupun barang yang dijual di pasar persaingan sempurna juga sejenis alias tidak beda di tiap penjualnya.

Contoh pasar persaingan sempurna adalah pasar beras. Sesuai dengan namanya, maka seluruh pedagangnya pasti akan menjual beras, bukannya barang lain. Jadi harga yang mereka tawarkan merupakan hasil dari kesepakatan bersama. Jadi tidak akan ada harga yang berbeda dari tiap penjualnya.

Permintaan yang datang merupakan datang dari keinginan dari pembeli, dan penawaran yang terjadi adalah representasi dari keinginan penjualnya. Jadi dalam pasar persaingan sempurna tidak akan ada kemampuan dari penjual maupun pembeli dalam memengaruhi harga di pasaran.

Ciri Ciri Pasar Persaingan Sempurna

Ciri-ciri pasar persaingan sempurna yaitu pasar tersebut pasti akan terdiri dari banyak penjual dan pembeli. Interaksi penjual dan pembeli kan dianggap sebagai pengikut harga yang membuat harga di pasar tersebut memiliki sifat datum. Datum sendiri merupakan harga yang tetap, tidak peduli berapa banyak jumlah barang yang dijual.

Selain itu juga ada juga kebebasan untuk membuka ataupun menutup perusahaan. Itu artinya tidak akan ada hambatan jika sebuah perusahaan akan membuka bisnis yang dirasa menguntungkan, dan akan menutup bisnis tersebut jika dirasa merugikan. Jadi tidak akan ada keterikatan entah itu berupa kontrak perjanjian atau sejenisnya seperti jenis pasar pada umumnya. Ia juga memiliki kurva pasar persaingan sempurna.

Pengertian Pasar Persaingan Tidak Sempurna

Sementara itu, pasar persaingan tidak sempurna merupakan pasar yang terdiri dari penjual yang terbilang sedikit, namun pembelinya banyak. Disana penjual dapat menentukan harga barang yang mereka jual, alias berkebalikan dari penjelasan di atas. Dinamakan tidak sempurna karena pasar tersebut tidak terorganisir dengan sempurna.

Pasar tersebut memiliki dua bentuk yaitu pasar monopoli dan oligopoli. Contoh pasar ini juga berbeda dari contoh pasar persaingan sempurna. Beberapa pasar yang masuk dalam kategori ini antara lain Pertamina, PLN, Perusahaan mobil dan motor dan juga IPTN.

Ciri Ciri Pasar Tidak Sempurna

Sedangkan jika melihat dari ciri-cirinya, pasar tersebut memiliki beberapa ciri seperti sedikitnya jumlah penjual namun jumlah pembeli cukup banyak, pemerintah tidak ikut campur dalam menentukan harga.

Penjual lainnya tidak dapat menentukan harga barang yang dijual, harga tidak ditentukan oleh pasar tersebut dan hanya ditentukan oleh penjualnya, serta yang terakhir adalah barang yang dijual maupun dibeli semacam atau sejenis, tidak bisa lain jenis. Baik pasar persaingan sempurna dan tidak sempurna memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Itulah tadi sedikit informasi mengenai pengertian dan ciri-ciri pasar persaingan sempurna dan tidak sempurna, beserta contoh pasar persaingan sempurna dan tidak sempurna. Sebenarnya telah banyak makalah pasar persaingan sempurna maupun tidak sempurna yang ada di internet. Jadi jika Anda masih bingung bisa lihat saja secara langsung untuk menambah wawasannya dengan lebih detail. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu menambah informasi dan berguna bagi Anda. Sekian.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *