Pengertian dan Fungsi Pancasila Sebagai Dasar Ideologi Negara

  • 2 min read
  • Mei 27, 2019

Pengertian Pancasila – Pancasila adalah dasar ideologi Negara Kesatuan Republik Indonesia yang khas dan tidak ada negara lain yang menyamai. Maklum saja, Pancasila adalah ideologi yang lahir dan asli milik bangsa Indonesia dan tidak ada negara lain yang memilikinya. Sementara negara lain terlibat dalam pertentangan ideologi liberalisme versus komunisme, Indonesia telah memiliki Pancasila sebagai dasar negara. Seluruh warga negara agaknya wajib untuk memahami pengertian Pancasila, untuk kemudian mengamalkannya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Pancasila adalah ideologi dasar negara Indonesia. Kata Pancasila sendiri merupakan serapan dari bahasa sansakerta. Kata pertama yang menyusun kata Pancasila adalah panca yang berarti lima. Sedangkan kata sila memiliki arti sebagai prinsip atau asas. Sehingga pengertian Pancasila secara bahasa adalah lima prinsip atau lima asas. Namun Pancasila secara istilah berarti pedoman dan rumusan untuk kehidupan berbangsa dan bernegara untuk seluruh warga negara Indonesia di manapun berada.

Sejarah Pancasila Sebagai Dasar Ideologi Negara

Sejarah Pancasila sebagai Ideologi negara dimulai pada sidang Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia atau BPUPKI pada 1 Maret 1945. Pada sidang tersebut peserta sidang mendiskusikan tentang apa yang menjadi dasar negara Indonesia. Kemudian muncul gagasan dari peserta sidang mengenai dasar negara Indonesia yang akan digunakan. Pada 1 Juni 1945 Ir. Soekarno yang kemudian menjadi Presiden pertama Republik Indonesia mengemukakan gagasan Pancasila melalui pidatonya. Setelah itu, dibentuklah sebuah tim untuk merumuskan kembali Pancasila berdasarkan pidato Ir. Soekarno dan menjadikan dokumen untuk teks proklamasi. Setelah itu, Pancasila sebagai dasar negara disetujui pada 22 Juni 1945 dalam Piagam Jakarta.

Pancasila adalah ideologi yang lentur dan dinamis, serta cocok untuk Republik Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari isi Pancasila berdasarkan Ketetapan MPR No.II/MPR/1978. Seperti sila ketuhanan yang maha esa, di dalamnya terdapat penjelasan tentang hormat menghormati antar pemeluk agama dan tidak memaksakan suatu agama kepada orang lain. Sila kemanusiaan yang adil dan beradab di dalamnya ada poin tentang menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dan tidak semena-mena terhadap orang lain.

Rela berkorban demi bangsa dan bangga sebagai bangsa Indonesia terdapat di dalam sila ketiga yaitu persatuan Indonesia. Sedangkan musyawarah dengan nurani, tidak memaksakan kehendak pribadi, serta mengutamakan kepentingan negara dan masyarakat adalah kandungan dari sila keempat. Adapun bekerja keras, tidak bergaya hidup mewah, dan menjaga keseimbangan hak dan kewajiban adalah penjabaran dari sila keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Fungsi Pancasila Sebagai Dasar Negara

Dari isi dan makna Pancasila yang telah dijelaskan sebelumnya, Pancasila memiliki fungsi-fungsi tertentu dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia. Selain sebagai dasar negara, Pancasila juga memiliki fungsi lainnya. Fungsi Pancasila di antaranya adalah sebagai kepribadian bangsa dan falsafah hidup bangsa. Maksudnya adalah baik itu bangsa dalam hal individu rakyatnya maupun kebijakannya secara umum, haruslah mengikuti Pancasila.

Pancasila juga sebagai sumber dari segala sumber hukum, sehingga apabila ada produk hukum yang bertentangan dengan Pancasila, maka harus gugur atau diperbaiki. Fungsi lainnya adalah sebagai perjanjian luhur bangsa, sehingga apabila ada upaya-upaya yang menyeleweng atau bahkan berusaha melengserkan Pancasila, maka harus diberantas. Karena, Pancasila sudah final sebagai perjanjian luhur bangsa.

Berikut adalah pengertian Pancasila beserta isi, fungsi, dan sejarahnya. Mari selalu menjunjung tinggi Pancasila sebagai dasar ideologi negara, karena hal tersebut sudah final dan disepakati bersama demi kesatuan bangsa. Waspadalah selalu terhadap hal-hal yang berusaha menggeser Pancasila sebagai dasar dan ideologi NKRI.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *