Pengertian dan Contoh Obligasi dalam Bisnis Pasar Modal

  • 2 min read
  • Jul 07, 2019

Obligasi adalah suatu istilah yang digunakan dalam pasar modal yang berarti surat pernyataan utang. Surat ini diberikan oleh instansi penerbit untuk para pemegangnya, berisikan tentang jumlah utang yang diberikan dan bunga (kupon) yang akan didapatkan di akhir masa pinjaman. Untuk lebih jelasnya pengertian apa itu obligasi, simaklah beberapa penjelasan singkat dan contoh obligasi instansi di bawah ini.

Obligasi merupakan salah satu produk investasi selain tabungan, deposito, reksadana, emas, saham dan juga properti. Secara singkat, obligasi adalah sejenis surat pernyataan utang yang diterbitkan oleh instansi penerbit obligasi kepada pemegang obligasi yang salah satunya berisi tentang janji pembayaran pokok hutang beserta bunga yang akan dibayarkan pada saat jatuh tempo.

Macam Macam Obligasi

Untuk bisa lebih memahami mengenai apa itu obligasi, dibawah ini ada beberapa jenis obligasi beserta contohnya. Berdasarkan tingkatan resiko dan sisi penerbitnya, kita mengetahui jenis jenis obligasi, diantaranya yaitu

Obligasi Pemerintah

Pengertian obligasi yang satu ini adalah surat utang yang diterbitkan oleh pemerintah sebagai upaya untuk memenuhi dana operasional pemerintahan. Dikeluarkan oleh departemen keuangan, surat utang pemerintah ini merupakan jenis obligasi yang paling aman karena dijamin oleh instansi atau lembaga perekonomian terbesar yakni pemerintah. Bunga atau pengembalian yang ditawarkan relative rendah.

Beberapa contoh obligasi yang ada di Indonesia adalah ORI dan Sukri. ORI adalah obligasi pemerintah tertua yang pernah terbit di Indonesia, diterbitkan pada tahun 2006, obligasi ini bernilai investari minimal Rp 1.000.000 dan kelipatannya. ORI merupakan singkatan dari Obligasi Ritel Indonesia.

Obligasi Korporasi

Obligasi ini adalah surat utang yang diterbitkan oleh perusahaan yang berbeda-beda. Surat utang yang diterbitkan oleh suatu perusahaan biasanya memiliki tingkat resiko yang lebih tinggi dibandingkan dengan obligasi pemerintah. Ada kalanya, mereka menawarkan tingkat bunga yang cukup tinggi. Contoh obligasi yang dikeluarkan oleh korporasi atau perusahaan adalah surat utang yang dikeluarkan oleh bank-bank pemerintah atau swasta, perusahaan BUMN dan BUMD.

Obligasi Tabungan

Surat utang yang satu ini juga dikeluarkan oleh departemen keuangan. Hanya saja, obligasi pemerintah yang satu ini dikhususkan untuk individu. Biasanya disebut obligasi tabungan, nilai yang dikeluarkan cukup rendah sehingga sangat terjangkau untuk dibeli oleh investor individu. Obligasi ritel Indonesia adalah obligasi yang dapat dimiliki oleh individu dan ditawarkan oleh beberapa agen penjualan berupa bank.

Obligasi Municipal

Obligasi ini dikeluarkan oleh berbagai kota. Memiliki suku bunga yang lebih rendah dibandingkan obligasi korporasi. Dalam beberapa penjabaran dan pengertian obligasi, surat utang municipal ini bersifat bebas pajak dan sedikit beresiko dari pada obligasi yang dikeluarkan oleh pemerintah.

Pengertian Obligasi Syariah

Anda juga akan mengenal istilah obligasi syariah. Obligasi ini menggunakan prinsip syariah yaitu pembiayaan harus untuk jenis usaha yang spesifik, hasil investasi yang akan diterima pemilik dana benar-benar berasal dari hasil penggunaan dana obligasi dan bukan dari jenis usaha lainnya, dan juga prinsip syariah lainnya. Pengertian obligasi syariah lebih kepada akad yang akan digunakan, proses penggunaan dana dan hasil manfaat yang akan didapatkan.

Sukri adalah obligasi syariah yang diterbitkan pemerintah pada tahun 2009. Nilai investasinya mulai Rp 5.juta sampai Rp 25 miliar. Melihat beberapa penjelasan di atas, obligasi adalah salah satu cara investasi yang terbilang cukup aman bagi Anda yang memiliki dana berlebih selain menggunakan saham, deposito atau tabungan.

Ada perbedaan saham dan obligasi yang sangat signifikan meskipun keduanya adalah sama-sama produk investasi. Saham merupakan dokumen yang menyatakan kepemilikan suatu perusahaan berdasarkan nilai investasi yang Anda berikan, sedangkan obligasi adalah surat utang yang dikeluarkan oleh pemerintah atau perusahaan.

Pada kesimpulannya, obligasi adalah surat utang yang berisi nilai investasi dan janji pembayaran yang diterbitkan oleh instansi. Sedangkan saham adalah dokumen kepemilikan perusahaan. Namun keduanya adalah sama-sama produk investasi. Jadi ada perbedaan saham dan obligasi yang mendasar yang harus Anda ketahui.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *