Norma Hukum: Pengertian dan Contoh Pelanggaran Norma Hukum

  • 2 min read
  • Mei 26, 2019

Norma hukum bisa diartikan sebagai norma yang didasarkan pada kaidah dan tatanan yang berlaku di masyarakat atau negara. Aturan-aturan tersebut berasal dari perundang-undangan dan tata aturan tertentu, kebudayaan dan doktrin tertentu. Biasanya penguasa yang mempunyai wewenang dan tanggung jawab saat itu dapat membuat peraturan hukum tertentu. Contoh norma hukum adalah peraturan tentang penggunaan teknologi informasi.

Pengertian Norma Hukum Menurut Para Ahli

Pengertian norma hukum dapat dijabarkan sebagai petunjuk, larangan dan perintah yang digunakan sebagai dasar mengatur kehidupan masyarakat atau negara. Norma hukum mempunyai sanksi yang jelas dan tegas. Aturan hukum ini diakui dan ditegakkan oleh masyarakat, pejabat yang berwenang dan penegak hukum yang berfungsi sebagai yang mempunyai wewenang untuk memberikan sanksi jika aturan hukum dilanggar. Pengertian norma hukum berdasarkan sudut pandang ini berarti juga bersifat mengikat sekaligus memaksa agar tercipta masyarakat yang aman dan tenteram.

Gambar norma hukum dapat berupa gambaran beberapa petunjuk kepada masyarakat aturan-aturan hukum yang berlaku. Norma hukum dapat juga digambarkan dalam bentuk pelanggaran-pelanggaran aturan hukum berikut dengan sanksinya. Gambar norma hukum yang umum digunakan sebagai contoh norma hukum adalah pelanggaran rambu-rambu lalu lintas dan pelanggaran mengkonsumsi narkoba. Pelanggaran mengkonsumsi narkoba juga memberikan gambaran gangguan kesehatan akibat mengkonsumsi narkoba.

Contoh Pelanggaran Norma Hukum

Isi norma terkait hukum ditujukan pada perilaku luaran sehingga pelanggaran norma hukum akan mendapatkan sanksi dari masyarakat secara tidak resmi. Aturan-aturan hukum beserta anggapan pelanggaran norma hukum berbeda-beda di setiap negara. Di suatu tempat dianggap melanggar sedangkan di tempat lain bukanlah pelanggaran. Misalnya contoh norma hukum tentang kepemilikan senjata di negara tertentu adalah pelanggaran sedangkan di negara lain adalah hal yang lumrah yang boleh dipunyai oleh tiap warganya yang sudah dewasa.

Contoh pelanggaran norma hukum bermacam-macam dari skala pelanggaran ringan sampai sangat berat. Contoh pelanggaran norma hukum yang ringan adalah lupa membawa sim saat berkendaraan, telat membayar pajak. Pelanggaran yang berat dapat berupa pelanggaran perdata sampai pidana, contohnya mencuri dan korupsi. Tindakan pelanggaran hukum yang sangat berat adalah pembunuhan.

Tujuan Norma Hukum

Tujuan norma hukum adalah untuk menjaga ketertiban dalam kehidupan masyarakat. Bahkan memberikan acuan kepada masyarakat dengan perbuatan konkret untuk mentaati aturan hukum. Tujuan norma hukum yang lain yaitu jangan sampai terjadi tindakan kejahatan dimana dapat mengakibatkan hak-hak masyarakat dapat terenggut.

Sanksi norma hukum adalah jelas, tegas dan konkrit. Selain itu, sanksi norma hukum bersifat memaksa dan mengikat. Sanksi dapat berupa peringatan dan denda. Bahkan jika pelanggaran yang dilakukan dalam kategori perdata sampai pidana dapat berupa mendapatkan sanksi berupa hukuman penjara bahkan hukuman mati.

Fungsi Norma Hukum

Fungsi norma hukum yaitu sebagai pelengkap aturan yang belum ada. Aturan atau norma hukum memberikan penjelasan dan kejelasan terhadap aturan yang belum detail dan belum ada. Contoh sebagai pelengkap aturan lainnya adalah aturan tentang lalu lintas di jalan raya.  Fungsi norma hukum juga memberikan tata aturan, perintah dan larangan berikut sanksi yang diberikan kepada yang melanggar.

Norma hukum antara satu negara dengan negara yang lain berbeda-beda. Kebanyakan aturan hukum adalah sama karena mempunyai prinsip yang sama untuk menjaga ketertiban dan keamanan dalam kehidupan bermasyarakat. Hanya saja kadang ada pertentangan antara aturan hukum di negara yang satu dengan yang lain. Biasanya disebabkan oleh perbedaan kebudayaan dan pandangan. Sehingga dimanapun berada harusnya mengecek aturan masing-masing daerah dan negara.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *