Norma Agama: Pengertian dan Contoh Pelanggaran

  • 2 min read
  • Mei 26, 2019

Norma agama merupakan suatu aturan yang berdasarkan atas ajaran suatu agama. Ini biasanya dapat memperkuat norma hukum jika kebiasaan masyarakat sudah berdasarkan pada kebudayaan yang berakar dari moral agamanya. Norma hukum sendiri berarti perintah dan larangan yang menjadi dasar penegakan tata tertib dalam suatu masyarakat atau negara. Ada beberapa contoh norma agama berdasarkan agama yang ada di Indonesia yakni agama islam, Kristen, Katholik, Hindhu, dan  Budha.

Pengertian Norma Agama Menurut Para Ahli

Norma agama adalah suatu norma yang berasal dari Tuhan dengan tujuan penyempurnaan sikap dan perilaku manusia kepada manusia lain, alam dan Tuhannya. Sehingga sanksi yang diberikan untuk pengertian norma agama tersebut cenderung sangsi dari Tuhan. Sifat dari norma ini adalah ketenangan dan kepuasan batin. Contoh norma agama untuk ketenangan batin ini adalah beribadah kepada Tuhan yang maha esa bagi para penganutnya.

Pengertian norma agama dapat mengacu dari beberapa sudut pandang dan definisi. Norma agama dapat juga di definisikan sebagai petunjuk yang berasal dari Tuhan. Sehingga dalam aplikasi hukumnya bersifat mutlak. Pelanggaran norma agama akan mendapatkan sangsi dari Tuhan kelak. Di beberapa negara yang menerapkan norma agama sebagai norma hukum, hukuman bagi masyarakatnya diterapkan sesuai norma dan mendapatkan sanksi juga di dunia.

Contoh Pelanggaran Norma Agama

Contoh norma agama di Malaysia jika pelanggaran norma agama dan hukum adalah membunuh, maka akan di hukum pancung. Akan tetapi, pelaksanaan norma hukum biasanya diatas norma agama karena dalam satu negara tidak hanya satu agama tetapi banyak agama sehingga norma hukum lebih diterapkan daripada norma untuk agama.

Gambar norma agama adalah suatu gambar yang menunjukkan ketaatan masyarakat untuk beribadah kepada Tuhannya. Dan ini dapat berupa gambar di waktu sembahyang di rumah ibadah masing-masing. Gambar tersebut biasanya lebih banyak di tunjukkan sebagai sarana untuk mengingatkan dan kadang menunjukkan simbol agama tertentu juga dapat bersifat umum seperti melakukan tindakan terpuji dengan menolong orang lain yang membutuhkan.

Contoh pelanggaran norma agama adalah contoh perbuatan atau perilaku yang menyimpang dari ketentuan norma agama. Contoh pelanggaran norma agama adalah membenci dan berbuat jahat kepada manusia lainnya, misalnya mencuri, mencaci maki dan berkata kasar. Perbuatan itu melanggar aturan agama yang mengakibatkan terenggutnya hak orang lain termasuk menyakiti hati orang lain.

Tujuan Norma Agama

norma agama

Berbeda dengan norma kesopanan, tujuan norma agama adalah memberikan kehidupan yang harmonis dan damai di muka bumi baik antara manusia ataupun dengan alamnya. Selain itu, tujuan norma agama adalah agar manusia taat kepada Tuhannya. Sebagai makhluk ciptaannya sudah sewajarnya untuk mentaati Tuhannya sehingga sudah sewajarnya untuk menjunjung tinggi aturan agama. Hal ini akan menunjukkan ketaatan manusia dengan melakukan segala perintahnya dan menjauhi larangannya.

Sanksi norma agama berupa dosa dan hukumannya dapat di peroleh kelak. Sanksi norma agama dapat juga berupa sanksi sosial berupa bahan celaan atau cacian masyarakat. Dapat juga mendapatkan sanksi berupa di kucilkan dari pergaulan dengan masyarakat. Ada juga sanksi dari pelanggaran aturan agama berupa karma atau mengunduh akibat perbuatannya di masa mendatang seperti karma di agama Hindhu.

Fungsi Norma Agama

Fungsi norma agama adalah mengatur perilaku manusia baik dalam hubungannya dengan Tuhannya, manusia lain dan lingkungan alamnya dan juga memberikan batasan aturan yang harus di taati agar bermanfaat bagi kehidupan sekarang maupun yang akan datang.

Norma agama mendasarkan aturannya berdasarkan kaidah-kaidah yang berasal dari Tuhan. Biasanya di cantumkan dalam kitab suci masing-masing agama. Aturannya bersifat mutlak meskipun kadang masih ada perbedaan pendapat untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *