Morfologi Adalah ? Berikut Contoh Adaptasi Morfologi Hewan dan Tumbuhan

  • 2 min read
  • Mei 29, 2019

Morfologi Pada Hewan dan Tumbuhan – Biologi menjadi salah satu cabang ilmu yang dipelajari oleh para siswa semenjak di bangku sekolah dasar. Hal ini lantaran biologi adalah ilmu yang mempelajari tentang alam dan lain sebagainya sehingga bisa menjadi informasi dasar untuk para murid. Selain itu, pembahasan yang tak bisa ditinggalkan adalah tentang morfologi adalah menjadi cabang ilmu khusus di biologi yang membahas terkait struktur organisme tertentu.

Pengertian Morfologi :

Morfologi adalah cabang ilmu yang ada di ilmu biologi dimana secara khusus mempelajari terkait bentuk atau struktur luar di sebuah organisme, terutama di hewan dan juga tumbuhan. Jadi, pengertian morfologi secara umum yakni studi biologis yang membahas terkait bentuk dan juga struktur makhluk hidup baik dari segi eksternal dan juga internalnya. Cabang ilmu ini pun terbagi jadi dua yakni anatomi dan juga eidonomi.

Selain itu, ada juga adaptasi morfologi yakni cara makhluk hidup dalam menyesuaikan bentuk tubuh terhadap lingkungan. Tujuannya adalah untuk dapat bertahan hidup sesuai lingkungannya. Untuk adaptasi jenis ini cukup mudah sekali terlihat karena Anda bisa melihat langsung dari bentuk luarnya saja. Morfologi adalah cabang ilmu penting dan berikut ini beberapa contohnya.

Contoh Morfologi Hewan dan Tumbuhan :

1. Contoh morfologi pada hewan

Berbagai hewan yang ada di muka bumi ini memiliki cara adaptasinya masing-masing karena menyesuaikan dengan lingkungan habitatnya. Berikut ini beberapa contoh morfologi yang ada pada hewan

  • Morfologi belalang – belalang adalah sejenis serangga yang memakan tumbuhan. Jika dilihat secara jelas, maka belalang memiliki sepasang antena, dua mata majemuk dan warnanya kecoklatan. Belalang juga punya dua pasang sayap depan yang ukurannya lebih sempit dibandingkan dengan sayap belakangnya.
  • Morfologi ikan – morfologi dari ikan adalah dengan bentuk tubuhnya yang beragam disesuaikan dari tempat ikan itu hidup. Misal saja ikan air laut biasanya memiliki tubuh ramping dibanding ikan air tawar. Hal ini karena ikan air laut harus berjuang melawan arus dalam air laut yang cukup kuat sehingga tubuhnya menyesuaikan.
  • Morfologi bakteri – untuk morfologi dari bakteri terbagi menjadi makroskopik yang meneliti terkait karakteristik koloni dan pengamatannya dilakukan dari warna, ukuran hingga konsistensi. Ada juga mikroskopik yang pengamatannya dilakukan dengan memakai mikroskop flagella, kapsul dan lainnya.

2. Contoh pada tumbuhan

Tak hanya pada hewan saja, morfologi adalah cabang ilmu yang juga mengupas tuntas terkait bentuk dari tumbuhan juga. Tentunya hewan dan tumbuhan memiliki karakteristik yang berbeda. Berikut ini contohnya:

  • Morfologi tumbuhan – tempat hidup tumbuhan tentu berbeda-beda mulai dari tempat kering, berair hingga lembab. Tentunya tumbuhan pun akan beradaptasi sesuai dengan tempat dimana dirinya hidup. Contoh mudahnya adalah pada kaktus dimana bentuk daun dari kaktus adalah berduri. Hal ini karena tumbuhnya kaktus adalah di tempat kering. Selain itu akar dari kaktus juga panjang dimana difungsikan untuk bisa mencari air di tanah.
  • Morfologi daun bunga batang akar – contoh ini adalah yang lebih spesifik. Daun bentuknya beragam mulai dari tebal dan tipis, hingga berduri. Fungsinya adalah sebagai tempat fotosintesis, bernapas, hingga gutasi. Selain itu ada juga bunga yang merupakan struktur reproduksi seksual di tanaman yang berfungsi dalam menghasilkan biji. Batang adalah sebagai tempat proses alam di tanaman hingga akar yang tugasnya perkokoh tumbuhan dimana jenisnya juga banyak sekali sesuai lingkungannya.

Itulah pembahasan sekilas terkait materi morfologi. Cabang ilmu yang satu ini sangat penting sehingga Anda bisa mengetahui tentang struktur makhluk hidup dan organisme di bumi. Dan untuk menambah wawasan intelektual anda, jangan lupa untuk mengulas sajian informasi lengkap mengenai Mitokondria yang telah kami ulas sebelumnya. Sekian dan selamat belajar.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *