Macam Macam Teori Komunikasi dan Contohnya

  • 2 min read
  • Jul 15, 2019

Teori Komunikasi – Dalam kesehariannya manusia yang merupakan makhluk sosial tidak dapat dipisahkan dengan yang namanya komunikasi. Komunikasi merupakan kegiatan menyampaikan maupun menerima informasi menggunakan bentuk verbal, isyarat atau gerakan, dan juga bantuan alat komunikasi. Hal ini juga dapat dibuktikan oleh terjadinya komunikasi interpersonal dimana komunikasi dapat dilakukan oleh dua orang. Dalam pembagiannya komunikasi digolongkan menjadi beberapa teori yang dinamakan teori komunikasi, dan untuk lebih jelasnya akan dibahas dalam artikel berikut ini.

Macam-macam Teori Komunikasi

Komunikasi Efektif

Komunikasi efektif merupakan proses komunikasi yang dapat menimbulkan perubahan sikap terhadap orang yang terlibat di dalamnya. Tujuan komunikasi ini yaitu memberikan kemudahan bagi para penerima untuk memahami pesan yang telah disampaikan melalui bentuk informasi ataupun emosi.

Contoh komunikasi efektif misalnya seperti seorang ibu yang menasihati anaknya agar rajin belajar supaya mendapatkan nilai yang bagus saat ujian. Karena pesan yang disampaikan berniat baik dan yang menyampaikannya langsung adalah seorang ibu, maka anak tersebut menurut dan tergerak untuk belajar.

Komunikasi Bisnis

Sesuai dengan namanya tujuan teori komunikasi ini sebagai jembatan terjadinya komunikasi yang baik dalam berbisnis. Komunikasi bisnis sendiri dapat dilakukan dengan cara verbal dan non verbal selama itu mencapai tujuan untuk mendapatkan kesepakatan tertentu. Komunikasi ini memberikan informasi mengenai pekerjaan, komunikasi untuk menjalin kerja sama, serta diterapkan juga saat proses interview antara hrd dengan karyawan baru.

Sebagai contoh, Anda bekerja di sebuah perusahaan, dan perusahaan tersebut kekurangan tenaga sehingga meminta Anda untuk mencari karyawan baru. Pada saat mencari karyawan baru pastinya Anda akan menjelaskan informasi tentang pekerjaan yang harus dilakukan, gaji, aturan dan lain sebagainya, hal inilah yang dinamakan komunikasi bisnis.

Komunikasi Verbal

Teori komunikasi ini dilakukan secara lisan ataupun tertulis, hal inilah yang menjadikan komunikasi verbal sebagai bentuk komunikasi umum yang sering dilakukan sehari-hari. Komunikasi verbal dapat dilakukan dalam berbagai bentuk seperti perbincangan biasa, surat menyurat, karya tulis, menelpon dan lain masih banyak lagi.

Teori Komunikasi Interpersonal

Teori komunikasi interpersonal merupakan jenis komunikasi yang sering ditemui, komunikasi interpersonal biasanya berbentuk komunikasi empat mata atau dapat dikatakan sebagai percakapan pribadi yang dilakukan dua orang.

Secara tidak sadar teori komunikasi interpersonal seringkali diterapkan seperti saat sedang menelpon, mengobrol santai ataupun berkirim pesan, dimana pelaku komunikasi ini hanya dua orang saja dan tidak lebih. Salah satu tujuan teori komunikasi ini untuk bertukar informasi secara intens dengan lawan bicara sehingga dapat memahami apa  yang disampaikan dengan baik.

Teori Komunikasi Massa

Berbeda dengan komunikasi interpersonal yang digunakan untuk percakapan pribadi dengan dua orang, teori komunikasi massa digunakan untuk menyampaikan informasi secara besar-besaran ke ruang publik.

Teori komunikasi massa jaman sekarang banyak memanfaatkan media elektronik ataupun platform media sosial sebagai sarana pengirim dan penerima informasi. Contohnya seperti yang Anda sering saksikan yaitu berita di televisi. Dengan menyampaikan informasi melalui televisi semua orang dapat menerimanya dengan mudah tanpa persyaratan tertentu.

Teori Komunikasi Organisasi

Teori komunikasi organisasi bertujuan membangun komunikasi yang baik dalam bentuk kelompok dengan beberapa orang di dalamnya, untuk mencapai tujuan bersama. Contoh teori komunikasi organisasi seperti halnya kerja kelompok dalam mengerjakan PR. Dengan adanya koordinasi yang baik dari para siswa, PR akan selesai dengan cepat dan semua mendapat hasil yang bagus.

Seperti itulah pengertian mengenai komunikasi, serta beberapa teori komunikasi dan contoh-contohnya. Dengan adanya komunikasi yang baik diharapkan hubungan sosial dapat tetap terjaga sehingga menjadikan kehidupan bermasyarakat yang sehat.