Logo Pramuka PNG : Gambar Lambang Pramuka dan Artinya

  • 2 min read
  • Mei 29, 2019

Logo Pramuka – Pramuka menjadi kegiatan ekstrakulikuler yang sangat populer di Indonesia terutama di kalangan pelajar. Pramuka memiliki logo pramuka yang sangat terkenal dan khas. Logo tersebut dibuat tidak sembarangan. Terdapat berbagai filsafat dalam logo tersebut yang dipegang sebagai prinsip kepramukaan. Arti lambang pramuka sangat penting untuk Anda ketahui agar nilai-nilai kepramukaan dapat semakin meresap.

Unsur dalam Logo Pramuka dan Artinya

Apakah Anda sudah tahu apa makna lambang gerakan pramuka? Memahami arti sebuah lambang akan membuat Anda memahami nilai-nilai yang berusaha disampaikan oleh penciptanya. Lambang kegiatan kepramukaan dibuat oleh Soenardjo Atmodipurwo, seorang tokoh pramuka dari Departemen Pertanian. Jika belum tahu, maka Anda dapat membaca penjelasan berikut mengenai makna logo pramuka keren.

Tunas kelapa

Logo pramuka sangat dikenal dengan gambar tunas kelapa. Rupanya pemilihan tunas kelapa tidak dilakukan sembarang. Logo pramuka tunas kelapa memiliki arti ‘cikal bakal’. Hal tersebut berarti sebagai generasi baru.

Tumbuhan kelapa ketika sudah tumbuh tinggi dikenal sebagai tumbuhan yang rindang. Lambang pramuka menggunakan tunas kelapa untuk menunjukkan bahwa nantinya generasi baru akan membuat masa depan menjadi lebih ‘rindang’ dan nyaman. Selain itu, logo pramuka tunas kelapa dianggap sebagai unsur utama dalam kehidupan manusia khususnya Indonesia.

Proses pertumbuhan kelapa dalam logo pramuka keren juga menjadi nilai yang dipegang oleh kepramukaan. Kelapa mampu tumbuh dengan lurus dan menjulang tinggi. Hal tersebut menyiratkan bahwa gambar lambang pramuka tersebut menunjukkan cita-cita anggotanya yang tinggi. Untuk mencapai cita-cita tersebut, setiap anggota akan meraihnya dengan jujur dan bersemangat.

Penggunaan tunas kelapa sebagai logo pramuka banyak makna yang sesuai nilai kehidupan. Kelapa diketahui dapat tumbuh di mana saja. Kelapa juga dapat beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya. Gambar lambang pramuka tersebut menunjukkan bahwa anggotanya dapat beradaptasi dengan beragam kondisi yang ditemui.

Akar kelapa

Tunas kelapa dalam logo pramuka juga menunjukkan bagian akarnya. Akar kelapa dalam lambang pramuka menyiratkan kekuatan dan keyakinan dan memiliki karakter yang kuat untuk tumbuh dan menembus tanah. Akar yang kuat dapat menopang berat batang sehingga pohon dapat tumbuh dengan baik.

Padi dan kapas

Simbol padi dan kapas sering digunakan di setiap logo organisasi di Indonesia, salah satunya adalah logo pramuka png. Simbol ini terinspirasi dari Pancasila sila ke-5 dan berarti sebagai bentuk kesejahteraan sosial. Padi merupakan simbol makanan sedangkan kapas merupakan simbol pakaian. Simbol ini terdapat pada lambang pramuka saat pelantikan.

10 roda dan titik lima

Dalam lingkaran yang ada pada logo pramuka png memiliki arti tersendiri. Jika dihitung, Anda akan menemukan 10 roda. Arti 10 roda tersebut adalah Dasa Darma. Dalam Dasa Darma terdapat 10 prinsip kepramukaan yang harus dijalankan. Selain itu, Anda akan melihat titik lima di bagian bawah lambang gerakan pramuka. Titik lima berarti sebagai Pancasila yang digunakan sebagai dasar.

Kitri

Kitri dalam logo gerakan pramuka berarti sebagai sebuah pergerakan dan juga bersifat mudah berputar. Pergerakan roda mengarah ke simbol bintang yang ada di atas logo pramuka. Hal tersebut berarti kepramukaan berdasarkan Ketuhanan.

Warna

Warna yang ada didalam dalam logo gerakan pramuka adalah kuning dan coklat. Kuning berarti sebagai kekuatan yang dapat menangkal kejahatan, sedangkan coklat berarti sebagai tanah yang menjadi sumber kehidupan pertumbuhan tunas kelapa.

Itulah unsur-unsur dalam logo pramuka. Sebagai anggota pramuka anda harus tahu arti dari logo lambang pramuka agar lebih memahami nilai yang ingin di sampaikan. Sekian dan semoga bisa memberikan manfaat untuk teman teman semuanya. Selamat belajar.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *