Letak Geografis Indonesia : Dampak, Pengaruh, dan Keuntungannya

  • 2 min read
  • Mei 27, 2019

Letak Geografis Indonesia – Sebagai negara yang berada di benua Asia yakni lebih tepatnya di Asia Tenggara, Indonesia menyimpan beberapa kekhasan yang tidak dimiliki negara lain. Salah satunya adalah dari segi letak geografis Indonesia. Berdasarkan letak geografis tersebut maka membawa dampak dan pengaruh tersendiri bagi Indonesia. Bahkan ada pula keuntungannya. Lalu apa saja dampak, pengaruh, serta keuntungan dari letak geografis negara ini?

Dampak Letak Geografis Indonesia

Jika dilihat dari letak Indonesia secara geografis, negara ini berada di antara dua benua serta dua samudera. Benua tersebut yakni Benua Australia dan Benua Asia. Untuk Benua Asia sendiri berada di sebelah barat laut dan utara Indonesia. Lalu Benua Australianya berada di sisi tenggara dan selatan Indonesia. Sementara samudera yang mengapit Indonesia adalah Samudera Pasifik serta Samudera Hindia. Samudera Pasifik berada di timur laut Indonesia, dan Samudera Hindia terletak di sisi barat daya dan selatan Indonesia.

Posisi tersebut membuat Indonesia menjadi negara yang strategis dan dapat dijangkau dari mana saja. Letak geografis Indonesia tersebut kerap disebut juga sebagai posisi silang. Jadi kedua benua dan kedua samudera tersebut menciptakan simbol silang tersendiri. Dengan adanya posisi tersebut maka muncullah dampak letak geografis Indonesia.

Pengaruh Letak Geografis Indonesia

Pengaruh letak geografis Indonesia dari segi apitan dari kedua benua itu membuat Indonesia memiliki aspek ekonomi, budaya, serta keanekaragaman flora dan fauna tersendiri. Sementara dari apitan dua samudera itu membuat Indonesia memiliki dua buah musim yakni musim penghujan dan musim kemarau. Berikut penjelasan pengaruh letak geografis Indonesia secara detailnya :

Musim

Seperti yang telah disinggung di atas. Karena dilihat dari letak Indonesia secara geografis maka Indonesia mengalami dua buah musim. Musim tersebut adalah kemarau dan penghujan. Pembagian musim tersebut disebabkan karena adanya angin muson yang bertiup karena letak negara ini yang diapit dua samudera.

Iklim

Dampak letak geografis Indonesia selanjutnya adalah dari kondisi iklimnya. Dua samudera yang mengapit Indonesia membuat negara ini mempunyai iklim laut. Selain itu karena wilayah negara Indonesia yang memiliki banyak pulau maka membuat negara tersebut dilanda hujan dengan intensitas yang cukup sering.

Sosial Budaya

Keuntungan letak geografis Indonesia juga dapat dilihat dari segi sosial budayanya. Dengan letak geografis Indonesia tersebut maka banyak tumbuh kebudayaan yang beranekaragam. Hal itu bisa dilihat dengan banyaknya bahasa, pakaian adat, tarian tradisional, alat musik, dan sejenisnya yang tersebar di seluruh Indonesia. Setiap sudut wilayah di Indonesia memiliki budaya yang berbeda-beda.

Ekonomi

Dampak positif dan negatif letak geografis Indonesia yang lain adalah berasal dari aspek ekonomi. letak Indonesia secara geografis terbilang strategis. Itu sebabnya Indonesia kerap menjadi jalur perdagangan dunia. dengan dilibatkannya Indonesia ke dalam jalur perdagangan internasional maka akan memberikan dampak positif tersendiri. Itulah salah satu keuntungan letak geografis Indonesia yang bisa dirasakan hingga saat ini.

Flora dan Fauna

Dampak positif dan negatif letak geografis Indonesia yang terakhir adalah dari aspek flora dan faunanya. letak geografis Indonesia itu menciptakan keanekaragaman flora dan fauna tersendiri. Flora dan fauna di Indonesia terbilang khas dan bervariasi. Banyak terdapat hewan unik yang hanya dapat ditemukan di negara ini. Tumbuhan langka seperti bunga raflesia arnlodi juga masih ada hingga saat ini.

Itulah tadi 5 poin mengenai dampak, pengaruh, serta keuntungan dari letak geografis Indonesia. Sebenarnya masih ada banyak lagi pengaruh yang terasa sampai sekarang. Seperti misalnya dari segi hubungan politik dimana membuat Indonesia tergabung ke dalam organisasi ASEAN. Ataupun dari segi kekayaan sumber daya alamnya yang tidak pernah habis. Semoga bisa menambah informasi untuk Anda.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *