Lambang dan Arti Pancasila

  • 2 min read
  • Mei 27, 2019
Lambang dan Arti Pancasila

Lambang Pancasila yang terdapat pada perisai di dada burung garuda pancasila mengandung arti yang mendalam di tiap-tiap bagiannya. Garuda pancasila sebagai lambang Negara Indonesia adalah falsafah kehidupan yang dijunjung tinggi dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini akan dijabarkan mengenai lambang pancasila dan artinya agar anda bisa mempelajari dan lebih mendalami.

Makna Lambang Pancasila

gambar lambang pancasila

Lambang garuda pancasila mencakup lima dasar sila yang dicetuskan oleh Ir Soekarno. Pancasila atau lima sila sebagai dasar Negara republik Indonesia mengandung 5 ajaran yang berfungsi sebagai pondasi terbentuknya Negara ini. Lambang sila pancasila digambarkan dalam perisai yang terdapat pada dada burung garuda.

Arti lambang garuda pancasila adalah bahwa Negara Indonesia ini memiliki tujuan dan keinginan bersama yang hendak dicapai dan digambarkan dalam sebuah lambang Negara agar seluruh rakyat Indonesia memiliki satu pemikiran yang sama.

Sila Pertama, Ketuhanan Yang Maha Esa

Gambar lambang pancasila yang pertama yaitu perisai hitam dengan sebuah bintang dengan lima sudut. Bintang disini bermakna terang yang seperti cahaya Tuhan bagi seluruh makhluk-Nya.

Indonesia adalah Negara yang mengakui adanya Tuhan yang maha esa. Setiap penduduk memiliki hak yang dijamin oleh pemerintah untuk beribadah sesuai dengan keyakinannya masing-masing. Ada beberapa agama yang diakui oleh Negara Indonesia yaitu Islam, Kristen Protestan dan Katholik, Hindu, Buddha dan Konghuchu. Lambang garuda pancasila menjadi manifestasi dari segala pemikiran dan amalan baik yang hendak dijadikan pedoman hidup.

Sila Kedua, Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab

Sila ini dilambangkan dengan rantai. Arti lambang garuda pancasila yang berupa rantai ini adalah bahwa manusia atau masyarakat Indonesia pada khususnya terhubung antara satu dengan yang lain.

Manusia sebagai makhluk sosial tidak bisa lepas dan melepaskan diri dalam hubungannya dengan manusia lainnya. Rantai sebagai lambang pancasila memiliki arti keterkaitan manusia yang satu dengan yang lain.

Sila Ketiga, Persatuan Indonesia

lambang pancasila

Gambar lambang pancasila untuk sila ketiga adalah pohon beringin. Pohon beringin ini digambarkan sebagai pohon yang berdaun rindang dengan akar yang kuat dan memiliki banyak akar yang bergelantung di dahannya.

Makna lambang pancasila yang satu ini adalah mencerminkan bahwa Indonesia tetap satu meskipun dengan beraneka ragam budaya, daerah, bahasa dan ras. Dengan kekayaan dan kemajemukan masyarakatnya, Indonesia adalah Negara kesatuan.

Sila Keempat, Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan

Lambang pancasila untuk sila keempat adalah kepala banteng hitam. Arti lambang pancasila sila ini adalah bahwa masyarakat Indonesia selalu mengedepankan musyawarah dan mufakat untuk mengambil segala macam keputusan. Tidak ada doktrin atau kekuatan rezim yang menguasai masyarakat Indonesia. Segala macam keputusan diambil dengan cara bermusyawarah.

Banteng adalah hewan yang suka hidup bergerombol. Lambang sila pancasila yang satu ini menunjukkan bahwa kita sebagai manusia tidak bisa hidup sendiri. Makna lambang pancasila disini adalah bahwa segala keputusan kelompok harus didasarkan pada kesepakatan bersama.

Sila Kelima, Keadilan Sosial bagi seluruh Rakyat Indonesia

Lambang garuda pancasila yang menunjukkan sila kelima adalah tanaman padi dan kapas. Makna lambang pancasila disini sangatlah luas. Kapas dan padi melambangkan sandang dan pangan sebagai kebutuhan pokok masyarakat Indonesia.

Lambang pancasila kapas dan padi merupakan perwujudan tujuan kesejahteraan rakyat Indonesia yang ingin dicapai. Arti lambang pancasila ini menunjukkan bahwa setiap manusia Indonesia berhak mendapatkan keadilan di semua bidang terutama kesejahteraan.

Lambang pancasila dan artinya memberikan kita pelajaran tentang makna dan tujuan hidup yang sebenarnya. Bagaimana menjadi warga Negara yang baik dan bertanggung jawab? Semua hal tersebut dapat anda pelajari dari lambang pancasila.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *