Gambar Lambang Negara Indonesia dan Artinya

  • 2 min read
  • Mei 27, 2019

Lambang Negara Indonesia adalah garuda pancasila. Yaitu gambar seekor burung garuda yang menghadap ke kanan dengan perisai pancasila di dadanya dan mencengkeram pita putih bertuliskan Bhinneka Tunggal Ika. Gambar ini dirancang oleh Sultan Hamid II, lalu kemudian disempurnakan oleh Ir Soekarno. Lambang Negara Indonesia png ini diresmikan dalam sidang kabinet Republik Indonesia Serikat pada tanggal 11 Februari 1950.

Arti dan Makna Lambang Negara Indonesia

Pembekalan tentang lambang Negara Indonesia telah diberikan sejak pendidikan di sekolah dasar dan terus berlanjut hingga perguruan tinggi. Pemahaman tentang lambang Negara ini sudah ditanamkan sejak dini dengan harapan seluruh rakyat Indonesia dapat mendalami dan menerapkan dalam kehidupan sehari-hari seluruh makna atau arti lambang Negara Indonesia ini.

Gambar lambang Negara Indonesia terbagi menjadi beberapa bagian yang memiliki arti dan tujuan tersendiri. Berikut ini akan dijabarkan secara rinci tentang setiap bagiannya.

Burung Garuda

Burung Garuda adalah burung dalam mitologi kuno dalam sejarah Nusantara, Burung ini merupakan tunggangan Dewa Wishnu yang berbentuk seperti burung elang rajawali dan Burung Garuda mewakili seekor burung yang kuat dan besar karena memiliki sayap, paruh, cakar dan ekor yang kokoh. Arti lambang Negara Indonesia melalui burung garuda ini adalah bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar dan kuat.

Jumlah bulu pada Garuda Pancasila memiliki arti tersendiri. Pada sayapnya ada 17 bulu, pada ekornya ada 8 bulu, pada pangkal ekor ada 19 bulu dan pada lehernya ada 45 bulu. Jumlah bulu tersebut menunjukkan tanggal proklamasi kemerdekaan Negara Indonesia yaitu pada tanggal 17-08-1945.

Perisai Pancasila

Gambar lambang Negara Indonesia yang berupa perisai di dada burung garuda adalah perwujudan pancasila. Ada 5 sila dalam perisai ini yang melambangkan setiap sila yang berbeda.

  • Sila pertama digambarkan dengan Bintang Tunggal yang artinya pengakuan Negara atas Tuhan yang disembah
  • Sila kedua dilambangkan dengan rantai yang saling berkaitan satu dengan yang lain, yang artinya seperti manusia sebagai makhluk sosial yang tidak bisa hidup tanpa manusia lainnya.
  • Sila ketiga dilambangkan dengan pohon beringin sebagai pohon yang kuat dan rindang dengan banyak akar yang artinya menggambarkan kemajemukan Indonesia.
  • Sila keempat disimbolkan oleh kepala banteng hitam, banteng merupakan hewan yang suka berkumpul sebagai gambaran manusia Indonesia yang selalu bermusyawarah sebelum mengambil keputusan.
  • Sila lima dilambangkan dengan padi dan kapas sebagai bentuk kesejahteraan masyarakat Indonesia. Lambang Negara Indonesia yang satu ini memang menjadi ciri khas bangsa yang sebagian besar bermata pencaharian sebagai petani.

Pita Semboyan Bhinneka Tunggal Ika

Lambang Negara Indonesia adalah pengetahuan dasar yang harus dikuasai oleh setiap warga Negara Indonesia. Setiap gambarnya mengandung arti dan makna yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Gambar lambang Negara Indonesia juga termasuk perisai bertuliskan semboyan yang dicengkeram oleh kaki burung garuda. Semboyan Bhinneka Tunggal Ika berarti beraneka itu satu, yang artinya walaupun Indonesia terdiri dari beragam suku bangsa, budaya, ras, bahasa daerah, agama dan kepercayaan, akan tetapi tetap satu Indonesia.

Letak Dan Makna Warna

Kombinasi warna telah ditetapkan dalam lambang Negara Indonesia dan tidak boleh diubah-ubah dan setiap warna mengandung makna tersendiri.

Lambang Negara Indonesia adalah identitas bangsa yang harus selalu dijaga kemurniannya. Penanaman pemahaman yang mendalam akan memberikan atau membentuk karakter yang berjiwa nasionalis. Lambang Negara Indonesia yaitu burung garuda pancasila merupakan falsafah ilmu yang mendasari setiap warga Negara.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *