HRD Adalah? Kepanjangan HRD, Tugas HRD dan Pengertiannya

  • 3 min read
  • Mei 26, 2019

Kepanjangan HRD – Seperti yang kita ketahui bersama, HRD selalu menjadi elemen yang sangat penting dan harus ada dalam sebuah perusahaan. HRD adalah singkatan dari Human Resources Development yang dalam bahasa Indonesianya adalah bagian yang akan mengelola dan mengatur perekrutan sumber daya manusia di sebuah perusahaan. Sedangkan pengertian lain dari Human Resources Development dalam pengembangan SDM adalah proses untuk mengatasi beragam masalah SDM di ruang lingkup pekerjaan. Entah itu manajer, karyawan, buruh, atau pegawai lainnya.

Tujuan dari penanganan masalah ini adalah untuk memastikan agar perusahaan tertentu dapat mencapai visi dan misi yang sudah ditetapkan sebelumnya. Lalu apa saja tugas tugas dan fungsi HRD dalam perusahaan? Sebelum kita kupas secara tuntas fungsi fungsi dan tugas / tanggung jawab HRD, baiknya kita ulas dahulu apa itu HRD menurut para ahli.

Pengertian HRD

HRD adalah rangkaian aktifitas yang terorganisir dan dilaksanakan dalam waktu tertentu yang tujuannya untuk meningkatkan mutu kerja karyawan dan mempertajam kemampuan yang diperlukan. Kepanjangan HRD adalah Human Resources Development yang intinya adalah tindakan untuk meningkatkan sumber daya manusia di lingkungan perusahaan.

Fungsi HRD

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pengertian HRD adalah pihak yang mengurusi berbagai hal yang berhubungan dengan sumber daya manusia di sebuah lembaga atau perusahaan. Untuk mengetahui lebih dalam mengenai apa itu HRD, berikut adalah penjelasannya:

Fungsi dari HRD terbagi ke dalam dua bagian yaitu fungsi internal dan fungsi eksternal. Dalam fungsi internal, Human Resources Development atau lebih dikenal dengan singkatan HRD ini bekerja sebagai trainer atau pelatih karyawan di sebuah perusahaan.

HRD Singkatan Dari?

Biasanya pihak dari Human Resources Development akan mengadakan pelatihan atau training untuk membekali karyawannya agar bisa bekerja sesuai dengan harapan perusahaan. Sedangkan fungsi eksternal dari Human Resources Development adalah menyediakan konseling diluar perusahaan  dan bisa dilihat dari tingkat kemampuan beserta kemauan dari pihak yang akan mengikuti konseling tersebut.

Tugas Tugas HRD

Tugas hrd adalah – HRD memiliki beberapa tugas yang sangat penting dan bisa mempengaruhi kesuksesan atau kemajuan sebuah perusahaan. Tugas-tugas penting yang harus dikerjakan HRD adalah sebagai berikut:

  • Tahap persiapan

Dalam tahap ini, Human Resources Development harus mempersiapkan beberapa hal yang harus diperhatikan. Untuk faktor internal yang harus disiapkan adalah kebutuhan untuk persiapan perekrutan pegawai baru, departemen terkait, struktur organisasi perusahaan, dan lain sebagainya. Sedangkan faktor eksternalnya adalah persiapan berupa penentuan hukum ketenagakerjaan, kondisi tenaga kerja, dan lain sebagainya.

  • Tahap rekrutmen tenaga kerja

Setelah melakukan tahap persiapan, tugas HRD berikutnya adalah melakukan proses perekrutan karyawan baru untuk dipekerjakan di sebuah perusahaan. Pihak HRD akan menyeleksi karyawan yang melamar dengan kriteria yang sudah ditentukan oleh pihak perusahaan. Dalam tahapan ini, Human Resources Development juga akan menjelaskan apa saja job description dan spesifikasi pekerjaan yang akan dilakukan oleh calon karyawan di perusahaan tersebut.

  • Penyeleksian tenaga kerja

Setelah menentukan tahap rekrutmen, tugas selanjutnya dari HRD adalah akan melakukan proses penyeleksian tenaga kerja untuk tahap awal seperti memeriksa CV dan resume, melakukan pemanggilan untuk proses wawancara, psikotest, dan menentukan apakah pelamar lolos untuk masuk ke tes berikutnya atau tidak.

  • Pengembangan dan evaluasi karyawan

Tugas atau peran lain dari HRD adalah melakukan pengembangan dan evaluasi karyawan. Tujuan dari pengembangan dan evaluasi karyawan ini adalah untuk memastikan bahwa setiap karyawan telah menguasai tugas yang diberikan di perusahaan tersebut. Jika setelah dievaluasi terdapat karyawan yang masih belum bisa menguasai tugas kerjanya, maka tugas HRD adalah memberikan pelatihan dan pembekalan agar kualitas tenaga kerja dapat menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Bagi Anda yang berminat untuk bekerja di sebuah perusahaan di bagian Human Resources Development, sangat penting untuk mengetahui terlebih dahulu apa saja tugas dan perannya dalam perusahaan.

Karena untuk bekerja menjadi staff HRD bukan hal yang mudah, diperlukan kesabaran dan mental kerja keras untuk selalu memberikan pelayanan terbaik kepada semua karyawan di lingkungan kerja. Demikian sajian informasi mengenai pengertian HRD dan juga kepanjangan HRD beserta tugas dan fungsinya. Semoga bermanfaat!

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *