Apa Itu CV? Berikut Kepanjangan CV dan Cara Mendirikan Sebuah CV

  • 2 min read
  • Sep 07, 2019

Apa itu CV ? Pasti banyak yang penasaran apa itu CV, apakah sama dengan Curriculum Vitae atau tidak. Sebenarnya CV adalah singkatan dari Commanditaire Vennootschap yang berarti badan usaha perseroan komanditer. Mungkin masih banyak yang menganggap arti CV hanya Curriculum Vitae atau daftar riwayat hidup saja. Dalam dunia usaha, pengertian CV merupakan sebuah badan usaha atau perusahaan yang masih berskala kecil. Untuk kamu yang masih bingung mengenai apa itu CV, dan kepanjangan CV yaitu Commandataire Veennootschap memiliki pengertian apa. Berikut ini akan kita jelaskan secara lengkap mengenai CV sebagai sebuah badan usaha.

Pengertian CV

Pasti diantara kita masih banyak yang belum tahu apa kepanjangan CV sebagai badan usaha dan pengertiannya secara jelas. CV adalah Commanditaire Vennootschap atau perseroan komanditer dalam bahasa Indonesia. Dari arti tersebut ktia tahu bahwa pengertian CV yaitu sebuah badan usaha yang terbentuk oleh satu atau beberapa orang, yang anggotanya memiliki tanggung jawab tak terbatas pada perusahaan sedangkan yang lainnya terbatas.

Pengertian badan usaha sendiri merupakan sebuah organisasi yang bersifat ekonomis, di bangun dengan tujuan memperoleh keuntungan dan memberikan layanan kepada masyarakat sebagai konsumen. Sehingga CV termasuk ke dalam pengertian badan usaha meskipun belum memiliki badan hukum.

Dalam penerapannya Commanditaire Vennootschap yang merupakan singkatan CV ini ternyata memiliki beberapa jenis atau model usaha yang disesuaikan dengan perkembangannya, antaranya adalah persekutuan komanditer murni, persekutuan komanditer campuran, dan persekutuan komanditer bersaham.

CV adalah sebuah badan usaha jika tidak memiliki izin secara resmi tidak bisa beroperasi. cara mendirikan CV harus dimengerti dan dipelajari dengan baik agar badan usaha yang kamu dirikan diakui oleh hukum dan dapat beroperasi dengan lancar.

Sebenarnya ada cara mendirikan CV dengan singkat dan kamu tidak harus bersusah-susah yaitu dengan menyewa jasa notaris. Notaris akan mengurus semua syarat mendirikan CV dari awal hingga selesai. Namun jika ingin berjuang membangun CVmu sendiri, kamu bisa juga mengurusnya.

Cara Mendirikan CV

Untuk kamu yang berniat membuat CV tanpa bantuan notaris ada beberapa cara dan syarat mendirikan CV yang harus kita ketahui sebelumnya. Yang pertama siapkan dulu persyaratan yang biasanya wajib jika ingin mendirikan CV, yaitu sebagai berikut :

  1. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) pendiri CV, minimal 2 orang dan tidak boleh suami istri.
  2. Fotokopi Kartu Keluarga (KK) direktur atau penanggung jawab utama.
  3. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dari anggota pengurus.
  4. Pasphoto direktur berukuran 4 x 6 sebanyak 5 lembar.
  5. Fotokopi Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) terakhir sesuai domisili.
  6. Fotokopi Surat Kontrak/Surat Sewa jika lokasi CV adalah
  7. Bukti kepemilikan tempat usaha jika lokasi bukan kontrak.
  8. Surat Keterangan Domisili dari kelurahan setempat.
  9. Surat Keterangan tidak keberatan dari RT/RW dan tetangga setempat.

Setelah mempersiapkan persyaratan pendirian, selanjutnya adalah mendaftarkan CV dengan cara sebagai berikut :

  1. Membuat akta.
  2. Mendaftarkan akta ke Kepaniteraan Pengadilan Negeri.
  3. Mengurus izin usaha di Kantor Pelayanan Terpadu atau Kantor Perwakilan Dinas.
  4. Mengurus TDP atau Tanda Daftar Perusahaan.
  5. Mengumumkan secara resmi pendirian CV

Itulah informasi mengenai arti CV, arti kepanjangan CV, dan cara pendiriannya. Curriculum Vitae tidak hanya singkatan dari CV yang kita kenal, namun Commanditaire Vennootschap juga singkatan CV yang perlu kamu ketahui. CV adalah solusi untuk kamu yang ingin belajar membangun usaha tapi modal yang kita punya masih terbatas.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *