Kenakalan Remaja : Pengertian, Contoh, Penyebab, dan Dampaknya

  • 2 min read
  • Mei 26, 2019

Kenakalan Remaja – Dalam kehidupan bermasyarakat pasti ada beragam sifat dan tingkah laku dari tiap individu. Tingkah laku tersebut bisa berupa hal baik maupun buruk, salah satunya adalah kenakalan. Kenakalan kerap terjadi pada remaja, itulah mengapa muncul istilah kenakalan remaja di masyarakat. Lalu apa pengertian dari istilah tersebut?

Kenakalan remaja merupakan suatu aktivitas maupun perbuatan yang dilakukan oleh anak-anak dengan rentang usia 13 sampai 18 tahun dimana kegiatan tersebut melanggar norma dan hukum yang berlaku di masyarakat. Pengertian kenakalan remaja tersebut mencakup perbuatan di luar batas yang bisa merugikan diri sendiri, keluarga, lingkungan sekitar, maupun orang lain.

Faktor Penyebab Kenakalan Remaja

Biasanya para remaja melakukan tindak kenakalan itu karena adanya sejumlah faktor. Artikel kenakalan remaja ini akan mengulas sejumlah penyebabnya. Berikut adalah beberapa penyebab kenakalan remaja yang kerap terjadi :

Faktor Internal

  • Mencari Jati Diri

Salah satu penyebab dari kenakalan remaja adalah karena berasal dari diri sendiri. Banyak makalah kenakalan remaja yang menjelaskan jika kenakalan tersebut di karenakan anak-anak di masa pubertas biasanya cenderung akan mencari jatidiri sendiri. Anak kerap terkena krisis pembentukan karakter. Dan di saat itulah kenakalan rentan terjadi.

  • Kurang Dapat Mengendalikan Diri

Penyebab kenakalan remaja lainnya adalah biasanya remaja kurang bisa mengendalikan diri. Mereka kerap mudah tersulut amarah, dan emosi lain. Selain itu rasa penasaran yang tinggi juga dapat menjerumuskan mereka untuk melakukan berbagai kenakalan. Seorang remaja yang melakukan kesalahan harus di luruskan. Cara mengatasi kenakalan remajanya harus tepat, karena jika tidak maka mereka bisa semakin memberontak.

Faktor Eksternal

  • Keluarga

Selain dari dalam, faktor dari luar juga dapat membuat seseorang mengalami pemberontakan. Makalah tentang kenakalan remaja biasanya menyebutkan jika keluarga merupakan salah satu pemicunya. Keluarga adalah lingkungan pertama yang kita kenal dari sejak kecil. Ketika lingkungan keluarga tidak mendukung seseorang untuk tumbuh dengan baik maka seseorang bisa dengan mudah melakukan kenakalan. Karena itu tak heran jika banyak pidato kenakalan remaja yang membahas tentang keluarga sebagai salah satu penyebabnya.

  • Pergaulan Luar

Di makalah kenakalan remaja juga kerap di sebut jika pergaulan luar juga menjadi pemicu seorang remaja berbuat kenakalan. Lingkungan seorang anak bergaul berpengaruh besar terhadap kehidupan seorang remaja. Jika mereka salah memilih pergaulan maka bisa membawa dampak buruk bagi mereka. Maka dari itu, orang tua harus mengetahui cara mengatasi kenakalan remaja yang benar.

Ketika seorang anak sudah melakukan kenakalan yang berlebihan maka mereka bisa merugikan orang lain dan diri sendiri. Dampak kenakalan remaja tersebut berbeda-beda tergantung pada tingkat kenakalannya. Yang jelas dampak kenakalan remaja itu sangat merugikan individu yang bersangkutan.

Contoh Kenakalan Remaja

Adapun kenakalan remaja memiliki banyak jenis. Berikut adalah contoh kenakalan remaja yang banyak terjadi di Indonesia :

  • Mencuri

Mencuri tidak hanya di kaitkan dengan orang yang sedang membutuhkan uang saja, mencuri bisa juga di lakukan oleh remaja yang sebenarnya berasal dari kenakalan mereka. Contoh kenakalan remaja yang satu ini biasanya terjadi ketika remaja tersebut menginginkan sesuatu dari orang tuanya tapi belum bisa di dapat. Mereka bisa saja bertindak nekat dengan mengambil yang bukan haknya.

  • Narkoba

Di sejumlah pidato kenakalan remaja maupun makalah kenakalan remaja narkoba kerap di kaitkan dengan kenakalan anak muda. Faktanya memang narkoba sudah banyak dikonsumsi para remaja. Hal itu bisa berawal dari rasa ingin tahu dan sekedar ingin terlihat keren di mata teman-temannya.

  • Tawuran dan Balapan Liar

Tawuran dan balapan liar kerap di lakukan para remaja. Beberapa makalah tentang kenakalan remaja dan artikel kenakalan remaja menyebutkan jika dua jenis kenakalan itu kerap di lakukan oleh sejumlah kelompok. Kenakalan yang satu ini melibatkan lebih dari satu anak.

Itulah tadi penjelasan mengenai pengertian kenakalan remaja, contoh, dampak, dan penyebabnya. Apapun itu alasannya, keluarga sebisa mungkin mengontrol tumbuh kembang anaknya. Orang tua harus bisa membantu mengarahkan anaknya supaya kenakalan remaja bisa berkurang.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *